Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Sayur Asem Betawi vs Sayur Asem Sunda, Bisakah Kamu Membedakan Keduanya?

List Artikel
16 Juli 2018 | 0 Komentar

Bagi pecinta kuliner tradisional Indonesia, menyantap sayur asem bersama dengan nasi putih, ikan asin, dan sambal terasi pastinya menjadi hal yang bisa membuat kamu bahagia tinggal di Indonesia. Sayur asem merupakan kuliner khas Indonesia yang memiliki cita rasa asam gurih yang menyegarkan. Asal usul sayur asem ini sebenarnya masih belum diketahui dengan pasti karena ada sayur asem Betawi dari Jakarta dan sayur asem Sunda dari Jawa Barat. Meski terlihat berbeda, sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda ini ternyata berbeda lho. Lantas apa saja perbedaannya? Yuk, simak!




Sumber : selerasa.com

1. Dari Segi Isi

Sayur asem Betawi dan sayur asem Sunda jika dilihat dari segi isinya memang tidak memiliki perbedaan yang banyak karena sama-sama menggunakan labu, pepaya muda, kacang panjang, jagung manis, melinjo dan daunnya. Hanya saja untuk sayur asem Betawi sering menggunakan tambahan kacang tanah yang dimasak beserta kulitnya sementara untuk sayur asem Sunda, kacang tanah tidak disertai dengan kulit.


2. Dari Segi Kuah

Kalau dilihat dari segi kuah, sayur asem Betawi memiliki warna yang lebih pucat dibanding sayur asem Sunda. Kuah sayur asem Betawi cenderung bening kecoklatan. Sedangkan sayur asem Sunda lebih kemerahan. Ini karena adanya tambahan bumbu terasi, kemiri, dan cabai rawit di dalamnya sehingga tekstur kuahnya juga terasa sedikit lebih kental dibanding sayur asem Betawi.


3. Dari Segi Rasa

Terakhir dari segi cita rasanya. Sayur asem Betawi menggunakan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai, cabai merah, daun salam, lengkuas, gula merah, garam, cabau merah keriting, dan asam jawa. Sedangkan untuk sayur asem Sunda, seperti yang sudah dijelaskan di atas menggunakan  tambahan bumbu kemiri, terasi, dan cabai rawit serta cabai keriting dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan sayur asem Betawi sehingga jika dibandingkan, sayur asem Sunda akan terasa lebih pedas.


Nah, sudah tau kan perbedaannya? Sekarang kamu bisa menikmati kelezatan sayur asem di tempat-tempat rekomendasi PergiKuliner di bawah ini lho!

de' Leuit

Foto de' Leuit

Warung Mak Dower

Foto Warung Mak Dower

Warung Leko

Foto Warung Leko

Waroeng Sunda

Foto Waroeng Sunda

Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Foto Ayam Tulang Lunak Hayam Wuruk

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?