Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

Wow! Kue Khas Korea Ini Terbuat dari Kelopak Bunga Lho!

List Artikel
29 November 2017 | 0 Komentar
Pernah makan kelopak bunga? Gimana coba rasanya? Semua orang menganggap bahwa kelopak bunga merupakan tumbuhan yang tidak bisa dimakan. Namun, berbeda dengan orang-orang di Korea, kelopak bunga malah dijadikan kue yang sangat cantik disana. Kue ini bernama hwajeon atau flower cake yang sering dibuat pada saat musim panas dan biasa dimakan saat berpiknik atau bepergian. Kamu bisa dengan mudah menemukan penjual hwajeon di tempat-tempat wisata umum di Korea Selatan.

Sumber : kpopworldinme.blogspot.co.id

Hwajeon memiliki tekstur yang sangat lembut dan lumer di mulut dengan aroma bunga yang wangi. Eits, tidak sembarang bunga bisa dijadikan adonan hwajeon lho! Bunga yang digunakan haruslah bunga yang memiliki cita rasa manis, tidak beracun, dan tentunya bisa dimakan. Bunga apa sih yang bisa dimakan? Orang Korea biasanya menggunakan kelopak bunga azalea, seruni, dan juga krisan. Tapi, bunga yang paling sering digunakan dalam adonan kue hwajeon adalah bunga azalea. Bunga azalea yang bisa dimakan disebut jindallae. Dalam acara-acara tradisional, hwajeon biasanya disantap bersama dengan jindallae hwachae, minuman yang terbuat dari campuran air, madu, dan bunga azalea, serta gukhwaju atau anggur beras yang terbuat dari bunga azalea.

Kue hwajeon sudah ada sejak zaman Dinasti Goryeo (918-1392). Sajian ini dulunya sering dimakan saat momen Hwajeon Nori, yaitu sebuah perayaan tradisional pada musim semi. Di musim semi festival Samjinnal tersebut, para wanita berpiknik dan membawa tepung beras serta sebuah wajan tebal. Mereka memetik bunga azalea disana dan langsung membuat kue hwajeon disana. Hwajeon menjadi panganan yang wajib dibawa saat berpiknik.


Sumber : maangchi.com

Pembuatan kue ini memang sangat mudah dan cepat. Bahan yang diperlukan adalah tepung beras ketan, garam, air panas, minyak sayur, bunga azalea (bisa diganti dengan bunga krisan atau seruni), dan madu. Peletakan kelopak bunga di atas kue membuat kue ini memiliki tampilan visual yang khas. Orang Korea biasa mencocol hwajeon yang masih hangat dengan sirup atau madu supaya rasanya bertambah manis. Jika kamu ingin mencicip kue kelopak bunga ini tanpa perlu repot-repot memasak, kamu bisa mendapatkannya di supermarket-supermarket di Korea dalam bentuk kemasan. 

Nah! Itu dia informasi singkat mengenai kue khas Korea yang terbuat dari kelopak bunga. Buat kamu yang kepingin makan hwajeon rasanya harus bersabar dulu, karena saat ini di Korea sedang musim salju jadi kamu harus menunggu hingga musim panas di Korea telah tiba. Sambil menunggu, lebih baik kamu cobain aja yuk beberapa dessert khas Korea di Jakarta berikut ini!

The Young Dong

Foto The Young Dong
Foto The Young Dong
Foto The Young Dong

Nokcha Cafe

Foto Nokcha Cafe
Foto Nokcha Cafe
Foto Nokcha Cafe

Patbingsoo

Foto Patbingsoo
Foto Patbingsoo
Foto Patbingsoo

Holy Snow

Foto Holy Snow
Foto Holy Snow

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?