Foto Profil Ika Nurhayati

Ika Nurhayati

681 Review | 439 Makasih
Alfa 2019 Level 15
Steak Kopi Bakmi Pizza Pasta Dessert
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 4.2  
    Nakamabun [ Depok Timur, Toko Roti ]

    Roti Lembut dan Dijamin Halal

    Roti lembut bermacam rasa, halal! Penting banget soal halal ini buat saya, karena merasa aman pas comot dan kunyah roti Nakamabun. Plus dijamin higienis, setiap potong rotinya terlindungi dengan kemasan plastik.

    Pagi itu sarapan dengan teman-teman, yang pertama saya makan adalah tuna nori roll. Ini roti roll atau gulung dengan abon tuna melimpah, mengisi bagian dalam hingga luber ke sisi samping. Abonnya lembut, rotinya juga, lumer di mulut.

    Makan sepotong roti saja sebetulnya sudah cukup buat saya sarapan. Namun tergoda salah satu roti manis. Seingat saya itu roti apel ya, tapi kok tidak ada di menu, apakah saya mengarang maapken.

    Buat yang suka cream cheese, segala yang creamy, mesti coba roti blueberry cream cheese dan nakama cheesetart. Kebetulan bulan lalu sempat dikasih teman sepotong cheesetart, enak bangeeet, mungkin ini cheesetart paling enak yang pernah saya kudap. Sayang lupa difoto dan lupa pula pesan lagi pas mampir ke gerai Nakamabun ini.

    Oiya kalau kepepet kelaparan atau tak sabar mau ngemil, ada bangku dan meja yang bisa memfasilitasi kita makan sebentar.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Semoet Coffee & Eatery [ Cimanggis, Kafe ]

    Roti Bakar Biscoff Custard Favoritkuuu

    Kafe tersembunyi yang luas, di perbatasan Depok-Jaktim. Jalan ke lokasi sedikit berliku tapi jangan khawatir, Semoet sudah membekali kita dengan penunjuk jalan. Kalau tidak salah di dua titik, termasuk di pinggir jalan raya. Parkir aman untuk mobil maupun kendaraan lain.

    Karena luasnya, Semoet ideal juga buat menampung acara privat dengan lebih dari 100 orang terlibat. Siang itu sambil maksi, tak sengaja mendengar ucapan seorang ibu yang menanyakan soal reservasi tempat.

    Tidak cuma mengandalkan tempat. Rasa dan presentasi hidangan boleh diadu. Jadi ada salah satu makanan pesanan teman, yang saya kira berjudul mi goreng ayam atau mi goreng apalah. Penampilannya mirip mi goreng jawa yang agak nyemek, hanya saja yang satu ini hadir dengan topping ayam yang berdaging tebal. Eh ternyata judulnya indomie ayam sambal korek. Maksud saya, ah keren Semoet berhasil menata hidangan berbasis indomie ini dengan cantik! Sesuai dijanjikan judulnya, cita rasanya pedas (banget) karena ada si sambal korek.

    Yang tidak makan pedas jangan takut, ada nasi goreng semoet hitam. Ini nasgor dengan tinta cumi plus topping cumi dan telur-selada-acar. Enak dan porsinya buat saya lumayan besar. Untungnya bisa sharing dengan teman, sehingga jadi bisa icip dessert ala Semoet.

    Dari penampilan saya lebih tertarik dengan t'siramisu, tiramisu reconstructed dengan saus--saus vanila bukan sih ya, dasar aku pelupa. Ini dessert manis dan unik tapi sedikit terlalu manis buat saya. Tapi roti bakar biscoff custard, yang awalnya malas saya lirik karena saya bukan penggemar biscoff, justru rasanya mengesankan saya. Ini surprisingly tidak kelewatan manis, malah menyembul sedikit rasa gurih di sela manis. Plus ada tekstur garing pada roti bakarnya, mantap!

    Minuman yang unik adalah milk tea, terhidang dengan pitcher dan dua gelas berisi milk tea ice cube. Tapi karena sukanya kopi, ya saya pesan kopi susu gula aren. Ini tipe kopsus yang disukai banyak orang, creamy dengan kopi yang masih cukup terasa---tapi tidak pekat.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Fundemi Coffee & Eatery [ Kelapa Dua, Kafe ]

    Kopi Latte dan Kopi Susu Fundemi Enaaak

    Tempat ngopi dengan nama yang catchy ini mengajak kita having fun pada periode pandemi ini. Meski mungil, Fundemi ditata apik dengan warna terang. Bikin orang yang melaluinya pasti melirik.

    Saya mampir dengan teman-teman buat ngopi dan ngemil. Eh tapi beberapa teman tidak pesan kopi melainkan minuman lain, ya tidak apa-apa toh Fundemi menyediakan minuman buat semua selera.

    Saya sendiri pesan caramel latte. Sudah jarang banget minum latte dengan pemanis, tapi ini enak! Padahal 30 persen minuman kopi Fundemi, seingat saya, berkomposisi robusta. Saya kurang cocok dengan rasa robusta, untung 70 persennya arabika.

    Nah tapi setidaknya pada caramel latte dan juga kopi susu gula aren pesanan teman, rasa robusta tidak terasa di lidah. Plus tambahan pemanis tidak membuat latte maupun kopi susu manisnya kebangetan, takarannya pas. Yang suka minum latte atau kopi susu dengan tambahan rasa, boleh coba ngopi di Fundemi.

    Daripada french fries yang teman-teman saya kudap, saya lebih pilih risol mayo sebagai camilan. Bukan french fries tidak enak, saya bahkan tidak ikutan mengudapnya karena... duh gimana ya, kalau ada camilan lain, french fries pasti tersisih dari nominasi 😌. Risol mayo ala Fundemi lumayan, potongannya besar, isinya padat, cuma kurang sedikit mayo saja, menurut saya.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Ping Cafe and Roastery [ Kelapa Dua, Kafe ]

    Variasi Makanan Unik, Kopi Enak

    Tempat ngopi yang kelihatan kecil dari luar, tapi memuat ruang duduk yang nyaman di lantai kedua dan ketiga. Di lantai pertama, menyertai teras, ada beberapa bangku dekat bar kopi. Di sini pengunjung bisa menikmati kopi serta menyaksikan aktivitas meracik minuman serta menyangrai biji kopi dengan mesin.

    Karena datang berlima, kami memilih duduk di lantai kedua yang ber-AC. Sebenarnya asyik juga bersantai di bean bag yang digelar di rooftop, cuma siang itu cuaca masih lumayan panas.

    Berhubung namanya ada roastery-nya, tentu saya wajib seruput japanese iced coffee, dari biji kopi yang disangrai sendiri. Lupa pakai biji kopi apa, tapi enak, kopi japanese pesanan saya bercita rasa fruity yang segar. Yang tidak minum kopi, tenang, menu memuat minuman bermacam rasa, termasuk dengan matcha dan stroberi.

    Akan tetapi yang bikin saya terkesan banget, variasi makanannya yang sebagiannya unik. Salah satu favorit saya adalah salt chili tofu. Ini bukan tahu cabai garam biasa. Bahkan saya kira awalnya ini adalah okonomiyaki; ternyata bukan. Ini tumis tahu yang digoreng terbalut kulit lumpia dan kemudian ditaburi irisan cabai.

    Makanan unik lainnya adalah brazilian toast, toast dengan kombinasi bahan manis dan gurih. Pernah icip roti bakar beroles selai kacang dengan isi ayam, telur, dan bawang bombai? Nah inilah brazilian toast. Jangan terkecoh dengan saus yang melumurinya yang selintas mirip saus cokelat; itu adalah saus blackpepper. Selai kacang plus saus blackpepper, ternyata cocok!

    Ping cheese lover juga favoritku. Ini mi dengan kuah susu yang kental, semakin gurih dengan telur setengah matang dan keju. Satu lagi makanan dengan saus blackpepper, winged ping. Ini nasi berbumbu bulgogi dengan lauk sayap ayam bersalut saus blackpepper.

    X ping toast atau toast manis menjadi dessert. Ini roti bakar isi red velvet dan cream cheese, berlumur saus cokelat dan charcoal.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    3 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Tatap Moeka [ Beji, Kafe ]

    Jangan Ngopi Saja, Mesti Coba Makanannya Juga!

    Tempat ngopi santai sekaligus makan enak di Margonda. Tempat yang tenang juga--versi saya--buat mengobrol bahkan mengerjakan tugas, karena tidak ada musik yang bising, tidak diperbolehkan juga merokok.

    Nah kalau melipir di sini, jangan pesan minuman saja--ada jus dst. selain kopi. Tapi harus coba makanannya. Makanan berat atau ringan, apa saja. Terfavorit saya di sini adalah nasi goreng hongkong. Untuk harga 27 ribu, porsinya besar jadi kalau tidak lapar banget, bisa untuk berbagi.

    Sejujurnya saya tidak paham nasi goreng hongkong itu orisinalnya seperti apa, tapi saya suka nasgor ini karena bumbunya enak, sedikit pedas, dan ada wangi asap yang bikin tiap suapan makin nikmat. Satu lagi, pugasannya bukan telur melainkan kalamari. BTW sebetulnya sudah pernah colek sedikit nasgor hongkong ini, pesanan teman beberapa bulan lalu mampir di sini. Tapi rasanya IMO tambah enaaak.

    Lalu chef salad (25 ribu), ini tipe salad yang cocok buat yang tidak makan sayur sekalipun lantaran isinya bukan sayur dan saus saja. Tadinya saya kira ini nachos pesanan teman karena bagian atas mangkuknya penuh keripik tortilla dan keju parut. Eh ternyata di baliknya tersembunyi salad dan mayo dong, sudah kayak hidden gem.

    Yang tidak mau berurusan dengan sayur, untuk hidangan pembuka atau bisa juga untuk hidangan pengganjal, ada cream mushroom soup yang harganya 20 ribu saja. Bukan hidden gem karena dari penampakannya sudah jelas itu sup krim. Teksturnya tidak encer dan rasanya gurih, tidak bikin enek.

    Makanan daging-dagingan berupa sop buntut kuah, sop buntut bakar, dan iga penyet bukan idolaku si bukan penggemar daging. Tapi mesti saya akui daging pada ketiga hidangan ini empuk dan juicy. Paling suka sop buntut bakar (55 ribu) karena ada sensasi caramelized pada dagingnya. Untuk iga penyet harga lebih murah, 37 ribu, porsi sama besar cuma ya minus kuah sop.

    Entah kenapa ayam penyet pedasnya lebih sadis daripada iga. Oh mungkin karena sambalnya dibalur hingga meresap ke daging ayam. Sementara pada hidangan iga, sambal ditempatkan di dasar piring, tidak dioleskan pada daging iga. Yang suka pedas nampol pesanlah ayam penyet (25 ribu), yang saya icip setelah membersihkan sebagian potongan daging ayam dari sambal.

    Saya melakukan kesalahan saat ikut mengudap tahu goreng (11 ribu) dan pisang goreng (22 ribu) yang dipesankan teman. Dihidangkan bersamaan dengan saus kacang mirip saus batagor, saya kira itu sausnya tahu. Eh salah dong, ternyata itu sausnya pisgor! Wajar sih karena pisgornya bukan tipe yang manis, tapi yang agak hambar jadi tidak aneh rasanya dicocol dengan saus kacang. Boleh dicoba!

    Tidak ada kopi manual brew dan es kopi Tatap Moeka tipe yang manis--bukan selera saya tapi mewakili selera banyak orang kok--jadi minuman favorit saya di sini adalah jus, khususnya morning glory (23 ribu) yang mengombinasikan buah sirsak dan buah naga.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    4 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Hifive Coffee [ Sawangan, Kafe ]

    Ada Kopi Pakai Es Krim Magnum

    Baru tahu di kompleks-kompleks perumahan Sawangan Depok sekarang pasti ada kedai kopi yang nyaman. Nah Hifive Coffee ini tidak jauh dari gerbang Villa Rizki Ilhami 2, berlantai dua dan menawarkan makanan selain minuman.

    Yang membedakan Hifive dengan kedai lainnya adalah minuman kopi spesial hifive coffee. Ini adalah iced americano dengan es krim Magnum direndam di dalamnya. Perlu sedikit waktu agar es krim larut dalam lautan americano. Rasanya unik, mirip mocha tapi plus rasa kacang samar.

    Hifive sudah pasti punya kopi susu, yang di sini pakai nama latte. Yang kami coba adalah organic palm latte dan hazelnut latte. Mau yang mana pun buat saya oke, karena kopinya masih terasa--bukan terasa kencang tapi cita rasanya tidak memudar berbaur dengan gula/sirup.

    Berhubung waktu itu hujan deras, makanan paling menggiurkan di meja adalah tom yum noodle. Saya bukan penggemar tom yum tapi tom yum noodle dilahap di tengah cuaca hujan, nikmatnya! Dengan harga 22 ribu ber-topping bakso ikan, crabstick, dan potongan telur rebus, wajarlah ya. Kuahnya asam manis segar.

    Beef black burger dan hot dog sausage hadir dengan porsi yang lumayan mengenyangkan buat makan berat sekalipun. Secara rasa enak, menggunakan beef patty dan beef sausage yang juicy dan tasty. Saya sedikit lebih suka hot dog karena banjir mayones dan saus.

    Tidak ikut icip karena kekenyangan, chicken teriyaki dan nasi goreng ayam kata teman-teman juga enak.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Obrol Kopi [ Cilandak, Kafe ]

    Tempatnya Nyaman Banget!

    Ini sebenarnya kunjungan kedua ke Obrol Kopi. Kalau lagi mau ngopi di seputar Haji Nawi ini kedai kopi pilihan saya. Nyaman ngopi sembari ngoceh dengan teman-teman di sini karena bersih dan AC-nya kencang (pengabdi AC)--tenang ada juga area duduk luar ruangan. Plus satu lagi, makanan dan minumannya enak! Jadi kutak mengerti kenapa tempat sebagus ini, setidaknya saat kami datang jam makan siang itu, agak sepi.

    Lalu pilihan makanan di Obrol Kopi variatif, termasuk makanan berat. Yang jadi favorit saya banget adalah spaghetti dori butter lemon, dengan potongan dori yang berlimpah--masih banyak yang tersembunyi dalam spageti. Dikucuri perasan lemon, spageti dengan saus mentega ini tambah sedap dan wangi.

    Nasi ayam kecombrang, kelihatannya biasa tapi ayam gorengnya enak! Eh ntar dulu, nasinya saja gurih banget, dikunyah bareng potongan ayam dan sambal kecombrang, uwuuu. Ayam goreng yang sama juga jadi lauk bersama telur, pada hidangan nasi goreng kampung. Kalau lapar tapi bukan yang banget banget, tiap hidangan, di kisaran harga 30-50 ribuan, bisa buat sharing berdua.
    Tu
    Kopi japanese selalu jadi pilihan saya dan selalu cocok, segar dan tidak terlalu bold, mau pakai biji kopi apa pun. Teman saya juga suka dengan obrol manis atau kopi susu dengan taburan kayu manis pesanannya.

    Obrol Kopi juga sedia minuman dalam kemasan botol, termasuk kopi susu gula aren dan cokelat.

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Beans & Cream [ Blok M, Kafe ]

    Pastri Tak Boleh Dilewatkan

    Beans & Cream di dalam kawasan Blok M ini mengunggulkan pastri selain minuman, jadi excited mau coba pastrinya. Yang bikin tambah excited, semua minuman kopi, kata baristanya, pakai biji kopi full arabika, yay. Maklum sekarang kebanyakan kedai kopi pakai biji kopi blend arabika-robusta dan kebetulan saya kurang cocok dengan robusta, kitu. Jadi berhubung jarang menemukan full arabika, saya pesan americano, nice!

    Saya bukan penggemar pastri dengan cream cheese tapi di sini cheese cake danish enak banget! Pesanan teman saya tapi jadi ikut cemilin karena enaknya itu. Danish ini tidak bikin eneg, rasa isinya kayak cheese cake, lebih ke arah NY cheese cake yang lembut dan tidak terlalu manis. Wajib coba!

    Saya sendiri pesan roules ala pistaches, bentuknya kayak cinnamon roll dengan variasi olesan caramelized (kayaknya) dan taburan kacang pistachio. Ini juga enak, kalau ingin sesuatu yang beda dengan cinnamon roll.

    Pastri gurih yakni smoked and beef quiche atau quiche versi pastri, begitu dibelah, penampakan lapisan pastrinya luar biasa: tipis dan tampak renyah. Rasanya sesuai ekspektasi, masih ada sensasi lumer di mulut dari adonan yang berbahan baku utama mentega ini.

    Oiya karena posisinya di halaman parkir dekat Blok M Square-Blok M Mall, toilet tidak disediakan khusus oleh Beans & Cream--bisa mengarah ke mal terdekat.





    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Kira Cafe Resto [ Pondok Aren, Kafe ]

    Singkong Thailand Terbaik! Kopi Susu Enak!

    Reaksi pertama waktu masuk ke Kira jelang jam maksi adalah: wow penuh orang ya. Tapiii tidak heran orang senang maksi di sini. Harga makanan lumayan tapi rasanya memang enak!

    Tidak ada makanan yang tidak enak, dari beberapa macam yang kami icip. Favorit saya adalah singkong thailand, ini bahkan singkong thailand paling enak yang pernah saya icip. Rasanya tentu manis gurih, dengan, ini bagian yang saya suka, wangi pandan yang santer. Teman-teman kekenyangan? Saya yang habiskan singkong thailand ini hi hi hi.....

    Pisang bakar kelapa juga enak banget, selera saya banget, dengan pugasan unti kelapa gula merah. Makanan berat sama enaknya. Maap mengulang kata enak, karena benar adanya. 

    Kira memang tempat yang ideal untuk makan bersama rombongan. Tidak hanya sedia makanan berat per porsi kayak paket bebek bakar dan ifumie kira (yang juga enak, eyyaaak diulang lagi) tapi juga gurame sambal dabu-dabu yang cukup buat makan bareng 3 orang bahkan lebih. Bahkan satu lagi ya, makanan porsian nasi bakar ayam rempah, bisa banget buat disantap berdua.

    Buat menyegarkan tenggorok seusai makan, Kira punya sederet minuman segar seperti alpukat karamel, hutan kota jombang (stroberi, lemon, mint, lime, soda), dan yang satu ini plus menyehatkan: jombang pagi hari (nanas, mangga, bang spinach). Kalau suka ngopi, serius mesti coba kopi. Minuman kopi lengkap, dari kopi susu sampai manual brew.

    Menyandang nama cafe, sejujurnya awalnya meragukan rasa kopi Kira. Pesan es kopi susu gula aren, ternyata mantap! Inj jenis kopi susu kesukaan saya, dengan rasa kopi yang masih menonjol tapi tidak pahit. Eh gimanalah, begitulah. Teman saya yang jarang minum kopi pun suka. Eh iya katanya bakal ada spot khusus kopi sendiri dekat gerbang masuk Kira.

    Kira berfasilitaskan toilet bersih dan musala yang, tak disangka, lumayan besar dan wangi.

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Cornelis Koffie [ Pancoran Mas, Kafe ]

    Surprisingly, Iced Tea Jadi Hidangan Paling Menarik...

    Bukan hidangan lain tidak enak. Bukan. Tapi iced tea Cornelis Koffie ini beda, bahkan unik. Di luar ekspektasi siapa pun, iced tea alias es teh terhidang dengan warna hijau! Rasanya, ya sama dengan teh biasa tapi bukan jenis yang pahit, sehingga tanpa perlu tambahan gula, segar banget.

    Jadi kali ini di sebuah tempat ngopi, saya minum teh. Kebetulan waktu itu habis naik kendaraan yang lajunya kurang mulus, jadi agak mual dan butuh minuman segar. Tapi kata teman-teman saya, kopi andalan Cornelis, es cornelis koffie dan kopi susu gula aren, enak. Memang harganya di kisaran 25-30 ribu, tapi okelah karena disajikan di gelas yang besar.

    Untuk makanan, menurut saya harga yang dipatok Cornelis termasuk murah. Pisang goreng dan singkong goreng yang lembut dan nikmat, seporsi isi 5 potong, masing-masing porsi harganya 20 ribu saja. Sementara makanan berat harganya berkisar 30-40 ribu rupiah, dengan andalan rice bowl (ada wagyu beef lo!) dan nasi goreng.

    Cornelis ini terbilang kafe yang luas juga nyaman di Depok, tidak jauh dari Margonda. Bakal lebih nyaman dan menarik lagi kalau banyak tanaman hias (kata saya), yang warnanya serasi dengan perabot kayu di seantero sudut kafe. Apalagi lokasinya di kawasan asri yang masih dihuni banyak rumah peninggalan Belanda Depok, beberapa dijadikan kafe seperti Cornelis. Nama Cornelis diambil dari Cornelis Chastelein, seorang tuan tanah yang pada abad ke-18 memerdekakan warga pribumi yang kemudian dikenal sebagai Belanda Depok.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.