Foto Profil Ika Nurhayati

Ika Nurhayati

641 Review | 370 Makasih
Alfa 2019 Level 15
Steak Kopi Bakmi Pizza Pasta Dessert
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 3.8  
    Boba Bae & Eatery [ Tebet, Kafe ]

    Kedai Boba Ini Juga Jual Makanan Berat Lo!

    Mungkin karena saya kurang gaul dengan boba, jadi rasanya baru kali ini dengar ada kedai boba yang juga menyajikan makanan—bahkan makanan berat. Jadi akhirnya, kita bisa minum boba sambil ngemil di tempat yang nyaman. Ruang duduk Boba Bae & Eatery ini ber-AC, dengan kapasitas sekitar 20 orang dan berfasilitaskan toilet bersih.
    Pertama tentunya ingin tahu kan rasa boba di sini, ya kan ya kan. Oke jadi saya dan 2 teman icip bae original (15 ribu), oreo love (18 ribu), dan ovaltine (18 ribu). Surprised saya sukanya yang oreo love, padahal buat saya yang sukanya minum kopi hitam, ini kelihatannya paling pekat lo. Ini adalah minuman cookies and cream plus boba di dasarnya. Campuran cookies and cream untuk minuman ini pas manisnya, terlihat pekat tapi tidak bikin enek. Bobanya juga rasanya, IMO yang awam soal boba, tidak manis, jadi keseluruhan rasa minuman ini pas mantapnya.
    Bae original adalah minuman boba klasik dengan susu, brown sugar, dan boba. Cuma sayang banget boba pada minuman ini menggumpal. Kalau yang ovaltine, kebetulan bukan kesukaan saya. Tapi bukan berarti enggak enak ya, kalau yang suka minuman cokelat sih pasti cocok dengan ovaltine boba ini.
    Nah makanan yang ditawarkan Boba Bae lumayan variasinya, dari camilan sampai makanan berat dengan nasi. Harga oke kok, di kisaran 12-30 ribu. Sekalian maksi dengan teman-teman, yang saya coba adalah: fried gyoza (24 ribu), grill sausage bratwurst (12 ribu), roti mariam susu (15 ribu), spicy chicken katsu rice bowl (25 ribu), beef patty steak with fries (27 ribu), dan chicken cordon blue (30 ribu).
    Paling suka fried gyoza, dengan isi udang dan ayam yang rasanya enak. Beef patty steak juga surprisingly enak karena bumbu BBQ-nya meresap, padahal penampakannya biasa saja. Yang rasanya unik dan boleh banget dicoba kalau lapar berat adalah spicy chicken katsu rice bowl. Beda dengan chicken katsu umumnya yang pakai saus teriyaki, chicken katsu ini pakai saus bolognese.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.0  
    Kopi Tampan [ Tebet, Kafe ]

    Sambil Ngopi, Wajib Pesan Sekalian Pisgor Srikaya

    Sering beredar di Tebet, sungguh menyesal melewatkan kedai kopi ini sedemikian lama. Saya kira ini kedai kopi kecil dengan hanya beberapa kursi bar, eh ternyataaa Kopi Tampan ini bahkan tempat yang nyaman untuk mengerjakan tugas. Kopi Tampan Tebet, cabang ketiga setelah Kelapa Gading dan Serpong kalau tidak salah, ini berkapasitas hampir 30 pengunjung dan banyak menyediakan belasan macam camilan. Oh ya selain minuman-makanan, uniknya juga dijual action figure daaan jangan tanyakan kepada saya apa saja figure yang tersedia, karena saya bukan penggemar superhero-superheroan.

    Pengabdi boba, ada minuman boba juga nih di sini. Tapi saya dan teman-teman sih pesan es kopi susu tampan (20 ribu), iced americano (25 ribu), dan markisa yakult (22 ribu). Pesanan saya, iced americano, berkomposisi kopi arabika 90 persen dan robusta 10 persen. Karena itu rasanya tidak berat, malah menyegarkan, cocok bangetlah saya minum siang yang panas itu. Es kopi susu tampan adalah tipe es kopsus kesukaan saya dan seorang teman, karena cukup creamy tapi susu tidak menenggelamkan rasa kopi. Kalau ingin lebih pekat lagi rasa kopinya, ada es kopi susu extra tampan. Markisa yakult juga rasanya pas antara asam dan manis.

    Yang bikin saya terkesan banget terus terang adalah selai srikaya, yang jadi cocolan pisang goreng atau olesan roti. Padahal kami tuh baru makan dan memuji pisang goreng srikaya di kedai lain, lalu langsung melupakannya begitu pisang goreng srikaya Kopi Tampan masuk mulut. Selai srikayanya cukup kental, wangi karena ada campuran pandan, setiap potong pisgor beserta selainya rasanya sungguh lumer di mulut. Dengan senang hati saya habiskan sisa pisgor, karena teman-teman saya kekenyangan ha ha ha (tertawa bahagia).

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Kopi Kedai Kozu [ Tebet ]

    Kopi Salted Caramel Beda dan Enak!

    Kedai kopi ini boleh mungil, tapi rasa kopinya mantap. Saya sebetulnya peminum kopi hitam, tapi di Kedai Kozu malah terkesan dengan kozu salted caramel (25 ribu). Rasanya beda dengan kopi salted caramel umumnya. Dominan rasa manis dengan sepercik rasa asin menyertai, namun manisnya lembut dan tidak nyelekit, sehingga kopi pun masih sedikit terasa. Ini recommended banget buat yang suka minuman kopi enteng.

    Tetap dong saya wajib pesan americano (18 ribu). Americano ala Kozu ini IMO pas takarannya, agak enteng untuk kopi hitam karena begitulah esensi americano—kalau yang pekat itu namanya long black atau kopi tubruk (SOK TAU). Americano ini pakai biji kopi arabika Preanger dan fine robusta Flores Bajawa. Biasanya kopi hitam pakai robusta di mulut saya rasanya agak kasar, tapi karena ini fine robusta atau—pokoknya lebih fine-lah daripada yang biasa ha ha ha ngawur—jadinya americano ini rasanya halus dan itu tadi, enteng.

    Kozu signature (18 ribu) atau es kopi susu ala Kozu cocok buat selera saya, yang suka es kopi susu yang setiap komponennya rasanya seimbang. Baik kopi, susu, maupun gula aren, semuanya terasa tapi tidak saling mendominasi. Racikan yang pas!

    Satu lagi yang kami icip adalah double choco signature (28 ribu). Sayang meski judulnya double choco, rasa cokelatnya kurang pekat. Ternyata menurut pemilik kedai, ini adalah formula double choco yang kedua, karena formula yang pertama, yang pekat, ternyata kurang disukai pelanggan. Aah kembalikan formula pertama untukku pliiis. Nah minuman Kedai Kozu sendiri banyak variasinya, termasuk artisan tea yang akan segera dirilis. Kami berkesempatan mencicipi teh earl grey, yang wangi dan pekat rasa earl grey-nya.

    Kedai Kozu sendiri adalah kedai mungil di teras sebuah kantor di Tebet Timur, di mana pemiliknya juga berkantor di situ. Meski mungil dan biasanya hanya berfasilitaskan 2 meja—kecuali weekend ketika ditambahkan area duduk di sebagian lahan parkir—tapi niat lo, mejanya sampai dirias dengan bunga kering dalam vas. Oh ya pemiliknya menjamin kopi Kedai Kozu aman buat lambung.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    3 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Wiken Koffie [ Tebet, Kafe ]

    Datang Pas Banget Weekend

    Menandai kunjungan kedua. Waktu pertama datang pertengahan Desember, karena baru banget buka, perabot belum lengkap dan camilan gratis hi hi hi. Nah kali ini datang lagi, sudah lebih banyak perabot bercokol di dalam maupun luar ruangan. Suasana weekend jelang siang itu sepi, jadi enak buat foto-foto. Kalau sore ke malam entahlah ya.

    Satu halaman dengan Kantor Pos Tebet Barat, Wiken Koffie ini berkapasitas sekitar 30 pengunjung. Bar kopi berada di tengah ruangan, dengan kursi-meja mengelilingi. Saya pesan hot long black, sama dengan kunjungan pertama, dan pastel, total 28 ribu. Penasaran soalnya waktu itu long black-nya terhidang terlalu panas sehingga rasa kopinya kurang mantap. Teman saya yang datang belakangan pesan es kopi susu khas Wiken Koffie yang namanya nad’s coffee (23 ribu) dan nutella pastry.

    Long black, ini menurut saya sih ya, terhidang terlalu panas lagi. Tapi saat saya seruput setelah didiamkan agak lama, rasanya lebih sesuai selera saya yang ini daripada yang dulu. Masih terasa aftertaste khas kopi, dengan sedikit rasa asam. Pastel lumayan enak untuk harga 5 ribu, harga tanpa tax-service lagi lo. Kata teman saya, nutella pastry-nya enak banget, sementara nad’s coffee rasanya enteng, cocok buat selera banyak orang (bukan saya tapi kan saya bisa pilih kopi yang lain).

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Kopilojik [ Tebet, Kafe ]

    Kafe Luas di Tebet

    Kafe baru di Tebet, yang untuk ukuran Tebet luas banget. Hitungan kasar saya sih, bisa menampung lebih dari 100 pengunjung. Parkir tersedia meski terbatas, kalau penuh mungkin bisa berkoordinasi dengan petugas parkir yang stand by. Area duduk smoking lebih banyak, ada di teras depan, belakang, termasuk dua ruangan tertutup di dalam. Mungkin juga karena selain kopi dan burger, Kopilojik mengandalkan shisha sebagai jualan utama.

    Saya dan teman duduk di area non-smoking, yang salah satunya ada di balik bar kopi—selain di dekat pintu masuk. Penerangan agak temaram, tapi tempat duduk nyaman karena semuanya bersandaran, dengan beberapa di antaranya berupa sofa. Jaringan WiFi lancar, meski saat itu sekitar sepertiga kapasitas kafe terisi dan pastinya yang pakai WiFi bukan kami saja kan.

    Kafe ini menyandang nama lengkap Kopilojik: Kopi-Burger-Shisha. Nah karena saya enggak merokok, penasaran dengan burgernya ya kan. Saya dan teman pesan kopi manual brew (japanese) dengan biji kopi Toraja, beef bobber burger, kopi lojik atau es kopi susu gula aren, chicken wings, dan pisang goreng.

    Kopi lojik kata teman saya rasanya ringan, harga standar 18 ribu. Manual brew saya pesan dingin dalam bentuk japanese iced coffee. Cuma terhidang hampir tidak dingin dan agak kurang terasa aftertaste-nya. Atau mungkin saya yang kurang canggih merasakannya ya. Tapi burger enak dan harga bersahabat, 30 ribu, tanpa embel-embel tax & service. Memang bukan tipe burger yang ukurannya jumbo, tapi pas buat saya maksi. Homemade beef patty-nya tebal dan juicy, ada wangi bakar juga yang menambah selera makan—dan kemudian setelah makan burger benaran tambah pisang goreng. Kembali ke burger, sausnya juga enak dan tasty, sehingga saya tidak perlu menambahkan saus lagi.

    Pisang goreng hadir renyah dan berlumur saus srikaya yang royal. Saus srikaya ini kayaknya homemade, karena rasanya lembut, manisnya tidak setajam saus dalam kemasan. So far cukup puas dengan hidangan dan tempat, apalagi Kopilojik dilengkapi musala yang lebih luas daripada musala dalam kafe pada umumnya.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Isshin [ Tebet, Jepang ]

    Sukiyaki Murah di Kokas

    Makan bareng teman-teman di resto sukiyaki Isshin. Ada pilihan macam-macam daging sapi, juga ayam dan salmon. Yang disarankan untuk dipesan adalah combo beef set, wagyu shin-rousu set, dan salmon set. Satu set berisi protein yang dipesan, nasi, telur setengah matang, kimchi, plus sayuran dalam hot pot.

    Saya pesan combo beef set, yang lain pesan salmon dan wagyu set. Kami menambahkan sweet potato nanban tempura, tori corn flakes karaage, fried salmon skin, dan mocha ice cream ke dalam pesanan. Harga bersahabat lo, untuk set menu dari 59.900-134.900 rupiah, tergantung jenis daging dan beratnya. Untuk camilan, kecuali mochi ice cream yang dibanderol harga 29.900, yang lainnya 15.000 rupiah saja.

    Daging sapi dimasak sendiri dalam hot pot, bersama sayuran dan kuah suki, sampai kecokelatan. Suka banget! Jangankan wagyu, daging sapi ini saja empuk dan juicy, rasanya meleleh beradu dengan kuah suki yang manis. Salmonnya juga lembut. Tapi secara keseluruhan kurang cocok dengan selera saya, selera saya ya bukan selera orang lain, karena bikin kuah suki agak asin dan amis.

    Camilan yang saya suka adalah sweet potato nanban tempura. Renyah di luar dan lembut di dalam, sesuai dipadukan dengan saus nanban yang gurih manis. Tori corn flakes karaage renyah luarnya dan IMO rasanya autentik, dengan rasa dan wangi jahe yang meresap hingga ke daging ayam. Fried salmon skin, meski bukan selera saya juga, saya akui enak. Justru ini tidak amis dan gurihnya pas, tidak berlebihan kayak salmon skin kemasan. Mochi ice cream jadi hidangan penutup yang menyegarkan. Kulitnya enak, lembut dan kenyal. Tapi rasa es krim kurang spesial, cuma potongan mochi cukup besar jadi okelah. 

    Harga per orang: Rp. 100.000 - Rp. 200.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Mr. O Coffee [ Rawamangun, Kafe ]

    Ada Kopi Temanggung Wine

    Kedai kopi yang letaknya satu area dengan tempat cuci mobil ini bakal bikin senang semua orang. Soalnya pilihan es kopi susunya banyak, biji kopi untuk kopi manual brew yang saya suka banyak (kedai kopi ini punya roastery sendiri), bahkan minuman selain kopi juga bervariasi.

    Senang banget di sini mendapati biji kopi yang belum pernah saya, yang kurang berpengalaman minum manual brew ini, lihat, yakni Temanggung Wine. Yang umum dijumpai, untuk kopi wine—halal kok, karena proses pengolahan biji kopinya tidak melibatkan alkohol sama sekali—adalah Gayo Wine.

    Saya sih memang suka kopi wine kayak begini, karena ketika diracik menjadi minuman japanese iced coffee atau manual brew versi dingin, rasa fruity-nya kentara. Nah waktu saya berada di dalam kedai kopi, pengunjung lain sih pesan es kopi susu, enak kali ya.

    Sembari seruput japanese iced coffee (25 ribu), saya mengudap satu-satunya makanan yang dipajang di etalase makanan, croissant cokelat keju (15 ribu). Porsinya pas banget buat pengganjal menuju maksi dan rasanya, IMO, enak banget! Lapisan croissantnya buttery, isi cokelat dan keju proporsional. Tadinya berencana mau bungkus sepotong lagi, tapi lupa dan menyesaaal.

     

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Pigeon Hole Coffee [ Bintaro, Kafe ]

    Tempatnya Minum Manual Brew Enak

    Ini kunjungan kedua, yang pertama bahkan belum saya review dan sudah lama juga, sudahlah yaa. Diajak kemari oleh teman yang ingin beli biji kopi, saya oke saja karena ada satu biji kopi Motherpigeons—roastery-nya Pigeonhole—yang saya suka.

    Biji kopi itu namanya Blueberry Brownies, atau biji kopi Sulawesi Enrekang Semi Washed. Pertama icip japanese iced coffee menggunakan biji kopi ini sebenarnya di kafe lain, di Bintaro juga, dan menghasillkan jejak rasa blueberry yang pekat banget. Suka dengan cita rasa seperti ini, makanya kali ini saya juga pesan japanese iced coffee Blueberry Brownies di Pigeonhole.

    Wah rasanya ada bedanya. Lebih menonjolkan rasa brownies, dengan semburat rasa blueberry. Saya lebih suka lagi dengan jejak rasa seperti ini, memang afdalnya coba di kafenya langsung yah. Oh ya teman saya juga happy dengan minuman pesanannya, happy black, campuran activated charcoal, sweetened espresso, dan susu.
     
    Untuk kafenya sendiri, sebenarnya bangku rotan yang saya duduki terasa sedikit lapuk, duh apa ya istilah bagusnya, apalagi kebetulan tidak beralas bantal duduk. Tapi secara keseluruhan, untuk kafe yang sudah berumur beberapa tahun, Pigeon Hole Bintaro ini terjaga kebersihan dan kenyamanannya.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Dixie Coffee [ Gandaria, Kafe ]

    Mungil tapi Cukup Nyaman

    Satu area dengan unit usaha lain, Dixie yang menempati lantai atas cukup nyaman. Barista ramah, ruang duduk luar ruangan—lebih luas daripada dalam ruangan dengan hanya 4 bangku bar—tidak panas. Saya datang di bawah jam 11 siang, kedai kopi kecil ini sudah siap menyajikan makanan berat berbasis nasi.

    Karena berencana maksi di tempat lain, saya jadinya pesan chocolate chip cookie dan japanese iced coffee dengan biji kopi... lupa. (Kalau bisa dimaklumi, akibat kebanyakan minum kopi tidak telaten mencatat.) Saya pun lupa harga persisnya minuman kopi ini, tapi masih di kisaran 20 ribuan kok, dan kopinya enak, ada rasa fruity cuma ya itu, lupa asal biji kopinya.

    Kalau suka manis, chocolate chip cookie, untuk harga 15 ribu, ukurannya cukup besar dan teksturnya saya suka, karena tidak terlalu kering dan tidak pula terlalu lembek. Bertabur kepingan cokelat cukup banyak, yang suka rasa manis pasti senang. Cuma kalau buat saya jadinya kemanisan, eh tapi ini khusus buat saya ya.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Selawaktu Coffee [ Tebet, Kafe ]

    Kafe Bernuansa Merah

    Kafe baru yang jaraknya cuma 100 meter dari rumah ortu saya, dekat Pasar dan Stadion PSPT. Bernuansa dominan merah sampai mesin espresso juga merah mengilap, ini kafe merangkap coworking space, kata baristanya. Cuma coworking space di lantai ke-2 dan ke-3 belum diaktifkan.

    Area smoking tidak hanya ada di luar, tapi juga tersedia ruang tertutup di dalam.  Datang hari pertama beroperasi—ya iyalah, dekat banget—salut, sudah sedia makanan berat meski jenisnya masih terbatas. Saya pesan chicken singaporean salted egg rice bowl (32 ribu) dan kopi manual brew dingin (30 ribu) dengan biji kopi Guatemala.

    Kopinya oke, cita rasanya agak manis. Makanannya menurut saya enak dan porsinya ideal untuk harga sebegitu, cukup mengenyangkan. Yang saya suka, semua elemen makanan—chicken salted egg, telur (bisa matang atau setengah matang), dan nasi—ditaburi bubuk cabai.

     

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.