Foto Profil Ika Nurhayati

Ika Nurhayati

668 Review | 407 Makasih
Alfa 2019 Level 15
Steak Kopi Bakmi Pizza Pasta Dessert
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 4.6  
    Karena Rasa [ Bekasi Barat, Kafe ]

    Karena Rasa Tidak Pernah Bohong

    Karena rasa tidak pernah bohong. Karena Rasa bukan sekadar ikut-ikutan meluncurkan minuman kopi dalam kemasan 1 liter. Tapi rasa minuman yang ditawarkan, baik kopi maupun cokelat, memang premium. Enggak rugi deh saya pesan jauh-jauh dari lokasi kedai kopinya di Bekasi, apalagi suka ada promo.

    Oke saya mau cerita soal rasa kopi susu bercerita keluarga dan cokelat bercerita keluarga, yang memang enak dinikmati bersama keluarga. Kopi susu bercerita keluarga ini termasuk kopi susu favorit saya. Kopi yang isinya perpaduan espresso, susu, dan gula aren ini rasa kopinya medium dengan rasa gula aren yang buat saya enak banget—jaranglah saya sampai memuji faktor gula—tapi tidak kelewat manis. Semua komponennya terasa tapi tidak beradu, menjadikan kopi susu ini ideal untuk menjembatani berbagai selera.

    Lalu cokelat bercerita keluarga, ya maaf juga bukan bermaksud berlebihan kalau saya bilang ini juga enak banget. Cokelatnya terasa premium, tebal dan dominan dalam minuman ini. Saya suka karena rasa cokelatnya sangat menonjol, jadinya cokelat bercerita keluarga ini tidak bikin enek.

    Ah sayang letak Karena Rasa lumayan jauh dari rumah saya. Untungnya zaman sekarang, kirim apa saja ke mana saja gampang. Minuman 1 liter/500 ml ala Kedai Kopi Karena Rasa bisa dipesan via beberapa aplikasi. Minuman tiba di rumah saya, yang jaraknya puluhan km dari kedai, dalam keadaan segar dan dengan kemasan aman plus rapi. Oh yaa Karena Rasa juga jual camilan kayak pastri, tapi belum saya coba.

     


    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Warkop Doa Ibu [ Depok II Tengah, Indonesia ]

    Mixberry Latte Terlalu Enak!

    Belum pernah mampir ke warkop ini karena jam bukanya malam. Meski judulnya warkop, jangan salah, ini tempat banyak barista belajar bikin kopi. Saya juga tahu soal warkop ini dari para barista, termasuk yang bekerja di kafe Jakarta. Teruuus logo warkop ini menggemaskan! Coba lihat gambar seorang laki-laki yang tengah meracik kopi di logo, itu mukanya mirip pemilik warkop lo.

    Minuman kopi Warkop Doa Ibu ini jadi pelipur lara selama di rumah saja. Ulasan ini menandai pemesanan saya yang kedua. Sama dengan kali pertama, saya pesan mixberry latte dalam kemasan botol 500 ml dan kopi japanese iced coffee. Beda dengan pemesanan pertama, japanese coffee kali ini dikemas dalam botol kaca gelap—sebelumnya dengan botol plastik. Harganya sama saja lagi, 15 ribu rupiah untuk japanese coffee, sementara mixberry latte 40 ribu.

    Mixberry latte yang berwarna pink—karena pengaruh sirop mixberry yang ditambahkan ke dalam minuman latte—merupakan salah satu minuman kopi 500 ml/1 liter yang ditawarkan Warkop Doa Ibu. Saya memang suka latte dengan campuran rasa berry dan menurut saya, mixberry latte ini sejauh ini yang terbaik. Di tengah rasa mixberry yang segar, rasa kopi pada minuman ini cukup tebal.

    Japanese coffee juga saya suka! Rasanya kompleks, eh gimana, maksud saya ada rasa manis, asam, dan juga sedikit rasa getir khas kopi. Enggak tahu sih pakai biji kopi apa, berhubung pesan lewat WA dan enggak mau merepotkan—soalnya manual brew tidak tercantum dalam menu di akun Instagram maupun aplikasi ojek—jadi soal biji kopi terserah pemilik warkop saja.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Twin House [ Fatmawati, Kafe ]

    Kopi Kurma

    Penasaran sama kopi dengan rasa kurma, jadi pesan kopi kurma dalam kemasan 500 ml. Satu lagi alasan memilih minuman kopi Twin House buat ngopi #dirumahaja, karena logonya yang sederhana tapi menarik buat saya.

    Kurma buah yang identik dengan bulan puasa, jadi paslah ya pesan kopi kurma. Dari penampilannya, kelihatan kopi kurma ini pekat rasa kopinya. Rasa kurmanya ada tapi tidak terlalu menonjol. Bukan karena ditenggelamkan rasa kopinya melainkan karena faktor rasa terlalu manis, sepertinya (maaf kalau salah) dari gula yang merupakan tambahan dalam minuman kopi ini atau gula dalam sirup kurma. Kabar baiknya, setelah dituang ke dalam gelas dan ditambahkan es, minuman ini manisnya pas dan kopinya tetap terasa.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.6  
    Oma Elly Kitchen [ Setiabudi, Indonesia ]

    Akhirnya Icip Lasagna ala Oma Elly

    Sudah lama penasaran sama Oma Elly, yang katanya menawarkan masakan Italia autentik, Berhubung sebuah aplikasi toko buah dan sayuran turut menjual lasagna Oma Elly, sekalian deh pesan satu buat diantar ke rumah.

    Namanya diantar oleh kurir bermotor jadi bisa saya maklumi, lasagna tiba dalam kondisi sedikit berantakan. Lasagna (60 ribu) ini royal keju dan daging. Tapi buat rasa, kayak ada yang kurang. Saus tomatnya terlalu asam, kurang rasa manis, entah apa akibat lasagna ini sudah melalui perjalanan berjam-jam dari dapur Oma Elly di Setiabudi, Jaksel, menuju rumah saya di Depok. Anyway saya tetap penasaran dengan hidangan Oma Elly lainnya.  


    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!




  • 4.0  
    RARAI [ Beji, Kafe ]

    Minuman Kopi Murah dan Enak

    Sering melewati tapi baru mampir. Enggak menyangka meski minuman Rarai harganya di kisaran 18 ribu-22 ribu saja, untuk rasa mantap! IMO semantap yang harganya di atas 30 ribu. Black rarai (18 ribu)—semacam americano—teksturnya cukup berani untuk harga sebegini, dengan sensasi rasa fruity di ujung sesapan. Pesanan saya satu lagi, minuman teh susu earl grey, hadir dengan rasa dan wangi earl grey yang juga cukup berani.

    Untuk gerai yang terbilang mungil, Rarai tampak manis dari depan dengan cat biru muda dan bagian dalamnya nyaman, dengan beberapa jenis bangku termasuk sofa dan bangku ayunan. Juga berfasilitaskan stopkontak di hampir tiap meja dan toilet.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.0  
    Milenial Coffee & Roastery [ Jagakarsa, Kafe ]

    Kopi Manual Enak di Lenteng Agung

    Untuk kawasan seputar Lenteng Agung, kafe ini nyaman dan mudah dijangkau. Dekat dengan SMA 38, sore pas saya datang lagi tidak ramai. Kapasitas ruangan non-smoking lebih besar, tapi sepertinya saat malam digelar bangku lebih banyak di teras.
    Kalau suka kopi manual brew, banyak macamnya di sini, karena Milenial Coffee ini kan merangkap roastery. Saya pesan japanese iced coffee dengan biji kopi Semendo (24 ribu), yang jarang saya jumpai di kedai lain. Ini sepertinya jadi kopi japanese dengan biji kopi Semendo pertama yang saya minum dengan aftertaste asam dan manis--biasanya ada sedikit pahit. Suka banget!
    Untuk makanan, hanya ada camilan dan sayangnya roti serta pastri sedang tidak ada stok. Ada camilan lain kayak risol dan curry puff pastry (16 ribu isi 2), saya pilih yang terakhir. Digoreng sedikit kelamaan tapi saya malah suka sih puff pastry yang agak gosong begini he he he. Rasanya enak, buat ngemil sendirian pas.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    Philocoffee [ Fatmawati, Kafe ]

    Tidak Seserius Kesannya. Worth a Visit (and More)!

    Ingin mampir dari dulu banget tapi enggak berani sendirian, karena kedai kopi-roastery ini kesannya serius banget. Baru pas ada teman yang mau ikut bareng, meluncurlah saya ke Philocoffee.
    Dari luar sih kelihatan kayak rumah, dengan beberapa sepeda motor terparkir di depannya. Masuk ke dalam, sesuai dugaan kemasan biji kopi dan alat-alat kopi terpajang di sana-sini. Tapi meski tidak luas, Philocoffee punya area duduk pengunjung yang nyaman, satu ruangan dengan bar kopi dan di teras belakang.
    Lebih kondang sebagai roastery, Philocoffee ternyata juga menjual minuman selain kopi plus camilan enak. Saya dan teman pesan japanese iced coffee dengan biji kopi limited Ijen Karamela (25 ribu), latte (20 ribu--teman saya sebetulnya pesan cappuccino tapi dibuatkan latte, ya sudahlah), bitterballen daging (isi 3, 25 ribu), dan lumpia mini vietnam (isi 5, 25 ribu).
    Kopi japanese Ijen Karamela agak enteng, karena kelamaan kami foto sehingga esnya sudah mencair. Tapi note cenderung fruity masih terasa, jadi masih bisa dinikmati. Latte enak banget! Sensasinya lembut namun kopinya cukup terasa hingga sesapan terakhir. Lalu camilan, semuanya pun enak. Saus mustard khas mengangkat cita rasa bitterballen yang renyah luarnya dan lembut dalamnya. Lumpia mini isinya padat, termasuk ayam suwir dan wortel iris. Sayang terhidang dengan saus sambal biasa, bukan saus seperti saus bangkok.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Ketoprak Cobek Pak Yono [ Lebak Bulus, Indonesia ]

    Ketoprak dengan Bumbu Kacang Haluuus

    Ada beberapa warung ketoprak kondang di Jakarta dan ini salah satunya. Kebetulan lagi beredar di sekitar sini dan belum maksi, mampir sebentar dengan teman. Sebagai warung tenda, Ketoprak Cobek Pak Yono ini terbilang bersih. Untuk makan di tempat tersedia bangku dan meja yang bisa menampung belasan pengunjung sekaligus—lupa berapa banyak persisnya.

    Sepiring ketoprak dihargai 18 ribu. Not bad sih menurut saya, karena ada dua faktor yang membedakan Ketoprak Cobek Pak Yono dengan ketoprak lain pada umumnya. Pertama, bumbu kacangnya pakai campuran kacang mete dan diulek hingga sangat halus. Kedua, ada pilihan 4 macam telur untuk lauk ketoprak: telur ceplok, telur dadar, telur pindang, atau telur asin. Saya pilih ketoprak dengan telur pindang, teman saya dengan telur dadar. Seporsi cukup mengenyangkan buat kami, tapi kalau buat cowok kayaknya kurang banyak sedikit.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.0  
    Black Campaign Coffee [ Kota Tangerang, Kafe ]

    Kafe Menarik dekat Stasiun Tangerang

    Kafe menarik dekat Stasiun Tangerang. Dari rumah saya jauh, tapi pada akhirnya saya datangi karena teman saya enggak pegal-pegal mempromosikan, ini lo ada kafe keren yang jaraknya masih dalam radius jalan kaki, Black Campaign.
    Entah kenapa nama kafe ini Black Campaign, mungkinkah karena beberapa bagian tembok dan langit-langit bercat gelap? Dari depan terlihat menarik dengan atap ala rumah joglo, lebih jelas apabila kita berdiri di depan Sungai Cisadane yang mengalir di seberangnya. Namun karena letaknya ada di pertemuan dua jalan—salah satunya jalan satu arah—kalau tidak cermat mengamati, bisa jadi Black Campaign terlewat dari pandangan.
    Berlantai 2—area smoking di atas—saat saya mampir siang, area duduk di lantai bawah padat pengunjung yang kesemuanya menghadap laptop. Saya pesan japanese cold drip dengan satu-satunya biji kopi yang terpajang di bar kopi, kalau tidak salah asal Guatemala, yang body-nya agak tebal dengan sensasi rasa manis dan asam.
    Untuk makanan, pilihan tidak terlalu banyak tapi mencakup selera orang. Ada nasi dengan lauk, spageti, makaroni, sandwich, sampai camilan gurih dan manis. Saya beli macaroni schotel, salah satu yang bertanda jempol alias direkomendasikan, Tidak hanya gurih enak, porsinya besar sehingga separuhnya saya bawa pulang.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Coffeine [ Karawaci, Kafe ]

    Kedai Kopi Kece di Tangerang

    Tahun lalu ada perlu di Tangerang, tak tahu mau ngopi di mana. Padahal Coffeine ini sudah berdiri waktu itu, dan bagus! Tidak hanya bagus tempatnya, kopi manual yang saya icip di sini pun enaaak.
    Jangan tanya patokan, saya kemari mengandalkan jasa ojol. Coffeine ini bergaya kekinian, dengan elemen Zen. Area smoking lebih luas daripada non-smoking--ini seruangan dengan bar kopi dan hanya berfasilitaskan 5 bangku. Enaknya sore hang out di sini agar tidak kepanasan.
    Pilihan makanan tidak banyak tapi untung waktu saya datang lagi tersedia. Saya pesan japanese iced coffee dengan biji kopi Gayo Ceding Ayu dan chicken sandwich, total 42 ribu rupiah. Kopinya saya suka banget, karena rasa manis dan asam sesuai yang dijanjikan menggelitik indra perasa. Chicken sandwich juga oke nih. Terhidang dengan lapisan mirip pao tapi lebih tipis--bukan roti sebagaimana umumnya--isi ayam suwir pedas dan bawang bombainya rata.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.