Foto Profil Ika Nurhayati

Ika Nurhayati

616 Review | 331 Makasih
Alfa 2019 Level 15
Kopi Bakmi Pasta Dessert
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 4.0  
    Sepertiga Kopi [ Cibubur, Kafe ]

    Makanannya Lebih Menggoda

    Direkomendasikan teman yang mampir duluan. Justru saya bukan tertarik sama kopinya, melainkan makanannya. Kata teman saya, burgernya enak. Tapi saya malah order makanan lain hi hi hi.

    Untuk kedai kopi yang mengandalkan es kopi susu bermacam-macam rasa, makanan yang ditawarkan Sepertiga Kopi lumayan ragamnya. Ada burger, siomay, pastri, sampai nasi kuning/nasi pandan. Saya pesan siomay (20 ribu) dan americano (13 ribu) buat dikonsumsi di tempat, lalu bungkus nasi pandan ikan teri yang sayangnya enggak kefoto.

    Siomaynya enak. Rasanya gurih sedikit manis, teksturnya lembut dan udangnya berasa banget. Americano sih biasa ya, ada campuran robustanya, tapi harga 13 ribu mah okelah. Sepertinya yang lebih recommended es kopi susu aneka rasa. Lalu nasi pandan, cocok banget buat yang kelaparan. Wangi pandannya berasa, lauknya banyak: dari filet ayam, tempe orek, dadar iris, sampai kentang balado plus sambal.

    Sepertiga Kopi Cibubur ini berlantai 2, tapi lantai atasnya masih direnovasi. Tempat nyaman dengan nuansa dominan kuning-hijau, menjadikan kedai kopi ini menonjol di deretan ruko. Para staf sangat ramah, sampai membantu mencarikan background foto makanan/minuman.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Lonsay X Kopi Burhan [ Darmawangsa, Kafe ]

    Sesuai Nama, Sedia Lontong dan Kopi

    Lagi di dekat Prapanca dan butuh maksi (bonus kopi kalau bisa), teringat Lonsay X Kopi Burhan yang kata teman kopinya enak. Kedai ini tidak terlalu besar tapi cukup nyaman, didukung jaringan WiFi yang mantap.

    Lonsay X Kopi Burhan punya interpretasi sendiri tentang hidangan lontong sayur. Jadi lonsay versi mereka tidak pakai sayur, melainkan mi sebagai gantinya. Saya sendiri pesan lonsay talua (20 ribu) tanpa mi, dengan isi lontong dan kuahnya, kerupuk, serta telur dadar (bisa diceplok matang atau setengah matang). Secara rasa bolehlah, kuah lonsay pun kental. Tetap disayangkan sih tak ada sayurnya, ada yang kurang rasanya.

    Di sisi lain senang ada, kalau tidak salah, 6 biji kopi untuk pilihan minuman kopi manual brew. Saya pilih Semendo Honey, yang jarang saya jumpai, untuk dibuatkan japanese iced coffee. Sebagaimana banyak kopi Sumatra, kopi Semendo ini bold, dengan rasa manis di ujung yang berasal dari pengolahan honey process. Oh ya pastinya sesuai minat dan kebutuhan banyak orang, Lonsay X Kopi Burhan sedia beberapa jenis es kopi susu kok.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Acaraki [ Kemang, Kafe ]

    Kafe Jamu dengan Menu Jamu Modern

    Bukan penggemar jamu tapi pada akhirnya penasaran karena Acaraki meracik minuman jamu dengan peralatan kopi. Bahkan sebuah mesin espresso Rancilio bertengger di bar jamu. Apalagi Acaraki Kemang ini nyaman, dengan permainan warna kafe kekinian: warna putih, kelabu, dan warna kayu.

    Saya dan teman pesan kunyit asam saring yang rasanya ringan (30 ribu, untuk rasa lebih mantap ada versi tubruk dan versi pekat), saranti (35 ribu) yang merupakan campuran beras kencur-susu-krimer, dan pisang goreng (20 ribu). Proses pengolahan minuman boleh kita saksikan di bar jamu.

    Saat mengolah, baristanya (eh iya kan orang yang kerja di balik bar disebut barista) sekaligus menjelaskan bahan-bahan yang digunakan. Pengolahan kunyit asam saring, yang memakai bahan kunyit Sidoarjo dan asam Solo, persis pengolahan kopi filter V60. Sementara sebelum diaduk dengan susu dan krimer, kencur Kulonprogo dan beras Lampung untuk saranti digiling terlebih dulu dengan alat penggiling kopi. Duh duh keren banget.

    Kunyit asam saring terhidang dengan gula, tapi saya minum tanpa tambahan agar terasa kesegarannya dan khasiatnya juga ya kan. Teman saya suka banget saranti, anggaplah kayak minum kopi susu. Cuma bukan selera saya karena saya tidak suka kencur, bukannya tidak enak ya, hanya masalah selera.

    Sayang klepon lagi tidak tersedia jadi kami beralih ke pisgor untuk camilan sore. Buat harga 20 ribu oke banget, isinya 5 potong dan tiap potongnya lumayan besar.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    _Oeang [ Blok M, Kafe ]

    Kopi Manual Brew Enak Banget!

    Baru kali ini kayaknya habis ngopi melapor sama kasir, kopi pesanan saya enak banget! Jadi saya pesan kopi manual brew dingin alias japanese drip atau japanese iced coffee. Nah si japanese ini seingat saya belum ada dalam menu, adanya manual brew hangat. Tapi baristanya, yang ditanyai pramusaji, menyanggupi bikin dengan satu-satunya biji kopi single origin yang tersedia saat itu, dari Bali.

    Suka banget karena japanese iced coffee ini, sebagaimana kopi Bali yang saya pernah minum, rasa fruity-nya menonjol. Tapi rasa asam dan manis buah (entah buah apa secara spesifik, indra pengecap saya masih kurang canggih untuk manual brew) pada kopi ini tidak ringan, melainkan cukup bold dan meninggalkan aftertaste yang juga cukup lama di mulut. Harga 40 ribu, sangat layak buat kopi seenak ini. Sayang belum sempat icip makanan, karena sebelum kemari makan dulu di gerai lain di M Bloc.

    _Oeang sendiri nyaman dan keren. Menyesuaikan dengan gaya bangunan eks Peruri yang vintage, area duduk pengunjung berfasilitaskan perabot rotan dan kayu lalu hampir semua bangkunya bersandaran. Beberapa bagian dinding dibiarkan mengelupas--atau memang disengaja agar kesan vintage makin tajam, enggak tahu sih yang mana yang benar :D.

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.6  
    Loko Cafe [ Manggarai, Kafe ]

    Kafenya PT KAI

    Tahu kafe di Stasiun Manggarai ini dari teman-teman yang pernah lewat. Loko Cafe, usaha kafe PT KAI, berlokasi di antara lobi stasiun dan area parkir motor.

    Untuk kafe di stasiun kereta lokal, area duduk lumayan, menampung 20-an pengunjung kalau tak salah ingat. Isi menu juga oke, dari camilan, makanan berat, sampai aneka minuman termasuk kopi. Harga IMHO masih bersahabat.

    Saya pesan mushroom omelette dan manual brew (japanese iced coffee) dengan biji kopi Wonosobo, total 50 ribuan. Omelette terhidang dengan sedikit coleslaw dan kentang goreng. Buat brunch sih porsi dan rasa oke, cuma sampai makanan tandas enggak ada penampakan jamur .

    Kopi manual brew ternyata lumayan juga, padahal justru saya tidak berharap banyak. Keluar aftertaste sedikit manis dari kopi Wonosobo ini. Ah jadi penasaran sama kafe Loko di stasiun-stasiun lain.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.4  
    Kopi Kemara [ Kemang, Kafe ]

    Kopinya Agak Mahal...

    Kopi Kemara, akronim Kemang Utara, mudah menarik atensi. Menuruni Jalan Kemang Utara 33 yang dihuni beberapa unit usaha termasuk beberapa kafe, Kopi Kemara tampak menonjol karena letaknya yang persis di ujung turunan atau tikungan dan desainnya yang bergaya kekinian. Tidak sekadar keren, Kopi Kemara dibangun tanpa mengabaikan lingkungan, mempertahankan sebagian tanaman dan pohon yang sudah tumbuh lebih dulu di sekeliling.

    Terletak di pekarangan Cafe Thirty Three by Mirasari—yang meski menyandang nama kafe namun beda segmen—Kopi Kemara tampil serasi dengan si tetangga. Materialnya didominasi kaca yang dibingkai kosen hitam baja ringan, menjadikan bangunan kafe dari pagi sampai sore terang tanpa tambahan cahaya lampu. Atapnya datar, dengan sepertiga bagian dirancang lebih tinggi daripada selebihnya. Mengikuti lekuk tikungan, logo kafe menempel pada tiga sisi atap yang lebih tinggi. Sehingga mengambil gambar Kopi Kemara dari jalan maupun dari pekarangan Mirasari, logo kafe tidak akan tertinggal.

    Area duduk di luar lebih luas dibanding di dalam, yang kapasitasnya hanya 7 orang. Selama tidak hujan, hang out maupun mengerjakan tugas di luar oke saja, mengingat pepohonan rindang menaungi. Kegiatan apa pun yang dilakukan di Kopi Kemara, ditunjang pilihan minuman dan makanan yang beragam untuk ukuran kafe yang tidak terlalu besar.

    Minuman khas Kopi Kemara adalah es kopi susu dengan berbagai rasa, termasuk es kopi susu pandan dan es kopi susu keju. Cuma sempat terkejut melirik harga es kopi susu, di atas 30 ribu. Karena tidak ada kopi filter, saya pilih black coffee (28 ribu). Rasa kopi pesanan saya terbilang bold, tanpa rasa asam sehingga sepertinya aman untuk lambung banyak orang.

    Sebagai teman ngopi kali ini, pilihan saya jatuh kepada sosis solo (20 ribu) yang jarang saya temukan dalam menu kafe. Seporsinya terdiri dari 2 potong, dengan isi daging cincang. Rasanya sendiri tidak spesial, terhibur sama potongannya yang lumayan padat.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Kedai Kopi Kani [ Cawang, Kafe ]

    Gerai Ketiga Kedai Kopi Kani

    Gerai ketiga Kedai Kopi Kani ini, yang persisnya berlokasi di belakang Indomobil M.T. Haryono, keren! Bangunannya memanjang ke atas—tapi lupalah juga tanya apakah lantai atas akan berfungsi sebagai bagian dari kafe—dan juga ke belakang. Gaya interiornya lebih modern dan sederhana daripada gerai di Bintaro Sektor 1 yang pernah saya kunjungi, dengan permainan warna putih, cokelat kayu, dan abu-abu semen. Area duduk tidak besar tapi nyaman.

    Saat saya bertandang yang kebetulan bertepatan dengan hari pertama beroperasi—saya kira sudah hari kedua atau ketiga—Kedai Kopi Kani sudah sangat siap terima pengunjung. Semua pesanan minuman sudah bisa dipenuhi termasuk kopi filter, camilan teman kopi sudah tersedia, jaringan WiFi lancar, toilet bersih sudah bisa digunakan.

    Meski kafe ini bukan bercokol di kawasan ramai kuliner, potensinya menggaet pengunjung besar. Selain karena mudah dijangkau karyawan dan penghuni apartemen di seputar lokasi, Kedai Kopi Kani itu... eh tunggu ini OOT sih karena bawa-bawa kedai lain. Jadi Kedai Kopi Kani itu bertetangga dengan sebuah rumah makan yang saat jam makan siang ramai dipadati karyawan. Kan asyik tuh, habis makan lalu ngopi atau ngemil. Apalagi harga minuman dan camilan Kedai Kopi Kani tidak lebih dari 30 ribu rupiah. Bahkan es kopi susu andalan, yang terdiri dari beberapa macam racikan, harganya di kisaran 18-26 ribu rupiah.

    Karena sedang mengurangi konsumsi susu, saya pesan kopi filter dingin alias japanese iced coffee, sayang lupa nama biji kopi yang dipakai. Mantap banget deh minum kopi ini sambil mengudap peanut butter brownies. Harapan saya sih ada choco chip brownies yang enak dan pernah saya icip di Bintaro, tapi belum beruntung.


    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Kupikirin Kopi [ Jagakarsa, Kafe ]

    Kupikirin Kopi, Kupikir Menggemaskan!

    Kafe yang menggemaskan di Ciganjur! Kebanggaan Ciganjur, kata teman saya . Dibanding bangunan-bangunan lain di seputarnya, Kupikirin Kopi tampil beda dengan desain modern dan clean. Neon sign bertulis nama kafe dan berwarna bright pink, yang menghias salah satu dinding bagian dalam kafe, terlihat mencolok dari luar dan seolah memanggil-manggil untuk segera memasuki kafe.

    Di dalam, bar kopi putih yang apik dikelilingi area duduk non-smoking dengan bangku dan meja berbagai bentuk dan warna. Kalau ingin bersantai, paling enak menempati area duduk lesehan dengan sederet bean bag yang disandarkan pada dinding semen. Palet warna merah dan hijau dari beberapa bangku dan tanaman hias memeriahkan permainan warna di dalam ruangan, tanpa menimbulkan kesan berlebihan.

    Berlokasi di lahan yang terbilang luas, tentu saja Kupikirin Kopi dibangun meliputi area duduk smoking di bagian belakang. Di area yang beralas rumput sintetis, ada juga sudut dengan bean bag. Area duduk ini terlindung atap dan dilengkapi kipas angin, jadi mau menikmati kopi siang hari di sini juga tak kepanasan, meski memang lebih adem sore dan malam.

    Saat saya berada di sini, pengunjung umumnya pesan kupikirin kopi atau es kopi susu. Tapi karena selera ya, saya pesan iced long black (25 ribu)yang rasa kopinya lumayan pekat dan tidak asam, tapi tidak pahit banget kok.

    Chicken mentai bowl (39 ribu) jadi pilihan saya untuk santap siang. Terhidang dengan telur ceplok, saus mentai melumuri potongan filet ayam dengan porsi yang pas. Duh sebetulnya juga naksir cireng dan pisang cokelat keju, tapi apa daya sendirian, walhasil nanti mubazir.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.4  
    Ruma Eatery [ Senopati, Indonesia ]

    Icip Masakan Rumahan di Tempat Nyaman

    Ruma Eatery menawarkan masakan rumahan, dengan lauk yang bisa dipilih sendiri di etalase makanan. Ada paketnya juga, dengan variasi harga paket 35 ribu-60 ribu rupiah. 

    Saya dan teman-teman mampir pas jam maksi, jadi suasana lumayan ramai. Untungnya Ruma Eatery ini terdiri dari 2 lantai, juga ada area smoking di bagian belakang resto. Jadi jangan khawatir, masih ada tempat duduk buat kami yang datang bergerombol ini. Kami duduk di lantai 2 yang nyaman, yang sedia bangku sofa yang empuk. Biar dikata ini makan berat bukan ngopi, tetap butuh sofa :D.

    Yang menarik di sini bukan hanya ada nasi putih sebagai basis hidangan, tapi juga nasi merah dan nasi daun jeruk. Tentu saja saya pilih nasi daun jeruk, karena kan jarang menemukan nasi ini di tempat lain. Untuk lauknya saya pilih cumi asin rempah ruma, suir ikan ala ruma, dan tumis daun pepaya rebon.

    Pesanan saya hadir dengan lauk yang porsinya pas dan nasi daun jeruk yang masih sedikit terlalu banyak untuk kapasitas perut saya. Suka cumi asin rempah ruma, tidak alot dan tidak asin kok malah enak, terasa rempahnya. Sayang, mungkin kebetulan saja, suir ikan yang tidak pakai judul asin dan tumis daun pepaya rebon keasinan. 

    Saya juga icip beberapa lauk teman. Daging cabe ijo empuk, tapi kebanyakan potongan dendeng pada lauk kentang dendeng kering agak keras. Mungkin karena dendeng dipotong tidak sama tebal, kalau yang potongannya tipis sih enak dan gampang dikunyah. 

    Setelah makan kami ngemil bareng oreo cheese cake dan red velvet cake. Secara keseluruhan saya kurang terkesan, tapi oreo cheese cake masih lumayanlah. Untuk red velvet cake, kurang terasa aroma khas cake ini plus cream cheese-nya kurang nendang, IMHO. Untuk minuman, jus melon recommended. Teman-teman juga icip minuman manis kayak creamy oreo, tapi saya enggak ikutan soalnya bukan selera saya.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 3.8  
    Arumdalu [ Gading Serpong, Kafe ]

    Tidak Sebagus di Foto, tapi Makanannya Enak

    Arumdalu Farm tidak kalah menarik dengan area Scientia Square Park lainnya. Di sini kita tidak hanya bisa ngopi dan berfoto di taman bunga matahari yang hit, tapi juga menikmati hasil panen tumbuhan yang mengelilingi dua bangunan beratap segi tiga yang menyerupai rumah kaca.

    Dua rumah kaca yang bersisian ini menaungi ruang duduk pengunjung, kassa, dan tempat mengolah makanan serta minuman. Truth is, dibanding foto-foto yang beredar di dunia maya—mungkin termasuk foto-foto yang saya ambil sekalipun—Arumdalu, meliputi dua bangunan itu, terlihat lebih besar daripada aslinya. Termasuk taman bunga matahari yang juga tidak seluas dan secantik itu. Tapi kekecewaan terbayar dengan rasa hidangan dan, khusus buat saya, ketersediaan tanaman sayuran yang bisa dipetik sendiri dan dibawa pulang dengan harga murah.

    Saat saya dan teman-teman hadir, yang siap dipanen adalah selada keriting, bayam, dan pakcoi. Dibantu salah satu stafnya memetik sayur, saya membawa pulang sekantong selada keriting dengan cukup membayar 10 ribu rupiah saja. Baiknya stafnya, memetikkan selada yang kondisinya paling baik.

    Oh ya kalau berencana singgah dan juga berfoto di taman bunga matahari Arumdalu, lebih baik sekalian menikmati wahana Scientia lainnya. Sebab pertama harus menebus tiket masuk ke Scientia senilai 25 ribu rupiah (hari biasa) atau 50 ribu rupiah (akhir pekan), kecuali kalau sudah punya kartu anggota Scientia. Kedua, beli hidangan burger apa saja, baru boleh melesat ke bagian belakang Arumdalu untuk berpose di tengah taman bunga matahari. Kata teman saya yang sudah bolak-balik ke Scientia, pasnya main-main di sini sore, saat cuaca sudah adem.

    Pastinya kami pesan burger dan Arumdalu punya burger unik yang namanya crunchy tempe burger—selain itu ada crunchy chicken burger. Burger tempe ini berisi patty yang terbuat dari tempe plus saus khas Arumdalu dan keripik tempe plus terhidang diiringi keripik ubi. Seperti dijanjikan papan menu, patty tempe ini memang rasanya tidak seperti tempe. Kalau tidak tahu itu patty tempe, rasanya hampir kayak makan burger biasa.

    Selain itu dalam menu ada hidangan all you can eat salad dan colourful chips alias keripik ubi. Nah all you can eat salad menggoda banget nih buat yang suka makan salad, apalagi sayuran untuk salad ini bisa petik sepuasnya di kebun. Tapi berhubung cuaca lagi panas-panasnya, malas dong turun ke kebun dan untungnya kata stafnya, bisa pakai sayuran yang sudah mereka petikkan saja. Dengan aneka dedaunan bahkan termasuk bunga telang, salad berlumur saus wijen ini kelihatan menarik. Karena pakai bahan-bahan segar, jelas rasanya enak banget.

    Arumdalu coffee atau es kopi susu kekinian ala Arumdalu tidak terlewatkan. Kopinya tetap terasa, namun untuk selera saya agak terlalu manis. Untuk banyak orang saya rasa cocok, karena memang banyak yang suka es kopi susu manis kan. Harga bersahabat banget lagi, 15 ribu rupiah. Agar kunjungan ke Arumdalu tambah seru, pesan juga blue pea tea. Teh berwarna asli biru ini terbuat dari bunga telang yang berkembang di dekat bunga matahari nih. Dikucuri sari lemon, warna blue pea tea perlahan berubah jadi ungu. Dengan campuran lemon, rasa minuman ini menyegarkan.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    2 pembaca berterima kasih.