Foto Profil Ika Nurhayati

Ika Nurhayati

592 Review | 303 Makasih
Alfa 2019 Level 15
Kopi Bakmi Pasta Dessert
Filter Catatan
Urutkan berdasarkan: Tanggal
  • 4.0  
    BEAU Bakery [ Panglima Polim, Kafe ]

    Strawberry Cheesecake Pancake

    Mampir sama teman jam 9.30 pagi hari biasa ternyata pengunjung sudah padat merayap, kayak Beau yang di Cikajang. Kami akhirnya duduk di luar alias area smoking, untung lagi enggak ada yang merokok.

    Kami pesan hot long black (32 ribu), matcha latte (40 ribu), strawberry cheesecake pancake (79 ribu), plus saya bungkus bittersweet dark chocolate brownie (37 ribu). Ingin ketawa pas dihidangkan, long black ditaruh di hadapan teman saya (laki), matcha di hadapan saya. Kebalik woi.

    Long blacknya oke, teman saya juga suka matcha-nya--yang lebih kelihatan mirip avocado latte dibanding matcha. Strawberry cheesecake pancake penampakannya tidak secakep di foto menu, tapi enak dan besar banget porsinya. Pancake dan silky cream cheese-nya tidak terlalu manis, lumer deh rasanya begitu disuap ke mulut.

    Lalu brownie, yang saya makan di rumah, enaknya kebangetan. Di dalamnya banyak banget irisan dark chocolate. Alhasil harga sebegitu wajar, soalnya selain rasa sesuai harga IMO, potongan brownie ini dua-tiga kali lebih besar daripada brownie yang biasa beredar di pasaran juga di kafe lain.



    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.4  
    Gulden's Mice [ Kuningan ]

    Jambu Bangkok Manis

    Penasaran karena sampai ada beberapa merek gerai semacam ini di Ambassador. Pilih Gulden's Mice karena harganya lagi promo, seporsi 15 ribu (rata-rata jual 20 ribu).

    Jambu bangkok Gulden's Mice potongannya besar dan rasanya dijamin manis, mungkin ini yang bikin orang suka beli. Seporsi dilengkapi dua bumbu, bumbu rujak dan bumbu cabai bubuk. Saya makan cuma dengan bumbu rujak, bumbu ini rasanya biasa dan encer.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.0  
    Denny's [ Tebet, Barat ]

    Pancake Enak, Es Kopi Murah

    Yang lagi hit di Kokas dan kayaknya sering terbentuk antrean di depannya. Saya dan teman sendiri, datang habis magrib, berada di antrean ke-7. Beruntung kami hanya menunggu 15 menit untuk masuk ke dalam Denny’s, karena 4 orang di depan kami pas dipanggil tidak menyahut. Saran saja kalau memang ingin makan di Denny’s saat ini, sebaiknya dalam keadaan tidak kelaparan banget.

    Kami pesan chicken tenders (68 ribu) dengan saus barbeku, salted caramel & banana cream pancake breakfast (115 ribu), iced kopi gula aren (16 ribu), dan iced kopi pandan (16 ribu). Chicken tenders terdiri dari 6 potong filet ayam. Potongannya cukup besar, daging ayamnya empuk dan luarnya renyah. Saus barbekunya agak aneh sih, ada rasa asamnya.

    Salted caramel & banana cream pancake breakfast ini porsinya terdiri dari 2 piring. Jadi yang pertama itu isinya 2 pancake tebal (dan besar) dengan vanilla cream, potongan pisang, kepingan shortbread, dan saus salted caramal dalam wadah terpisah yang bisa dituang sesuai selera. Piring satunya lagi, sesuai judul hidangan, berisi makanan ala breakfast yakni dua telur ceplok (bisa pesan setengah matang), hash brown, serta sosis dan beef bacon.

    Pancake-nya kami suka. Cukup tebal tapi tidak terlalu padat, tapi tetap saja tidak sanggup kami tandaskan saking besarnya porsi. Vanilla cream-nya enak dan tidak terlalu manis, kadar manis pancake ini ditentukan siraman saus salted caramel.

    Hidangan di piring satunya, yang kami santap duluan, juga enak. Biasanya hash brown dibentuk padat, tapi hash brown ala Denny’s ini selintas terlihat kayak sawut singkong, dengan hasil parutan kentang masih terlihat jelas. Hash brown ini enak banget dan digoreng renyah, kalau saja kuat makan banyak ingin rasanya tambah lagi seporsi. Sosisnya agak asin tapi beef baconnya oke.

    Iced kopi di sini terbilang murah nih, bahkan lebih murah daripada air putih. Iced kopi gula aren kemanisan menurut selera kami—untung teman saya minta gula arennya dipisah. Iced kopi pandan, dalam bayangan akan tampil seperti iced kopi gula aren, dengan susu. Ternyata yang dimaksud iced kopi pandan ini adalah es kopi hitam dengan sirup pandan di dasarnya.

    Nah untung kan yang pesan ini saya yang memang lebih suka kopi hitam. Soalnya di kafe mana pun, yang namanya iced kopi pandan itu, apalagi kalau dalam menu ditulis sederet dengan iced kopi gula aren (atau es kopi susu), pasti tersaji dengan kandungan susu. Jadi menurut saya PR untuk Denny’s untuk mengoreksi nama iced kopi pandan ini atau mencantumkan keterangannya.

    Sekali lagi ya untungnya saya suka kopi hitam, jadinya saya menikmati iced kopi pandan ini. Rasa pandannya cukup pekat tapi tidak lantas menjadikan kopi ini manis banget. 

    Harga per orang: Rp. 100.000 - Rp. 200.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 4.2  
    The Coffee and Quotes [ Fatmawati, Kafe ]

    Americano Murah dekat Stasiun MRT Cipete

    Ini salah satu kafe terdekat Stasiun MRT Cipete--stasiun yang lagi sering disebut-sebut. Tidak besar tapi nyaman, sesuai namanya quote tentang kopi bertebaran, di dinding maupun meja. Berfasilitaskan WiFi yang lancar, jadi saya bisa menumpang laptopan di sini.

    Sayang pas saya datang camilan kayak risoles dan spring roll kosong, demikian juga donat--kalau pastry dan banana cake ada. Lihat menu, kafe ini juga menawarkan makanan berat tapi saya tidak tanya soal ketersediaannya. Akhirnya saya cuma pesan iced americano.

    Iced americano ini harganya lebih murah daripada di kafe-kafe di Cipete Raya, 22 ribu saja. Dan buat saya rasanya enak. Cukup bold dan yang bikin enak itu ada hint rasa kelapa yang memberi sedikit sensasi manis, padahal americano ini saya pesan tanpa gula.

    Tentunya The Coffee & Quotes juga punya es kopi susu, yang ingin saya coba di kunjungan berikut.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.2  
    Koffie Nation [ Kuningan, Kafe ]

    A Gem Inside Epiwalk

    A gem inside Epiwalk! Enggak menyangka sekarang di bagian belakang Epiwalk ada beberapa kafe menarik. Sebetulnya Koffie Nation ini bukan tujuan saya, eh kaki malah melangkah masuk kemari. Dari luar kafe ini memang terlihat menarik, dengan logo putih cerah dan cetakan logo kecil-kecil menghias jendela.

    Ternyata Koffie Nation ini termasuk penghuni baru Epiwalk. Jadi pas saya mampir ada promo BOGO untuk minuman kopi kecuali manual brew, tapi manual brew-nya memang belum siap. Karena masih pagi dan sendirian pula, akhirnya pesan minuman kopi yang porsinya termungil: piccolo dan espresso.

    Saya cocok dengan kopi pesanan, karena sama-sama bold. Karena berencana makan di tempat lain, jadi saya belum icip makanan di sini. Pastry yang dipajang sih tampak menggiurkan, lalu teman saya yang juga sudah kemari bilang, makanan beratnya enak tapi porsinya tidak besar banget.

    Koffie Nation ini tempat yang cocok buat kumpul-kumpul juga. Bagian dalamnya nyaman dan bangkunya rata-rata empuk, bagian luarnya lebih luas lagi.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.2  
    Kisaku [ Senopati, Kafe ]

    Kopi Enak, tapi Ogah Balik Sih

    Kafe dengan desain minimalis ala Jepang, sepertinya begitu. Waktu saya datang belum sepenuhnya tertata, tapi area duduknya sudah nyaman buat pengunjung mengobrol bahkan mengerjakan tugas.

    Kopi dingin tersedia dalam kemasan dan tinggal ambil, kopi panas dibuatkan terlebih dulu oleh barista sebelum dihidangkan. Selain kopi ada pilihan minuman lain dalam kemasan kayak jus, lalu ada pula kukis dan nasi bogana.

    Saya dan teman pesan iced black, hot cappuccino, dan kukis makadamia. Dua minuman kopi pesanan kami sesuai selera saya karena bold. Untuk yang suka kopi lebih ringan, ada es kopi susu kok. Kukisnya juga enak, tipe kukis yang lembut.

    Saat itu selain kami hanya ada sepasang pengunjung lain. Iya sih kami sudah ibu-ibu, jadi oleh salah satu entah pemilik atau staf--bukan barista--enggak penting ditoleh dan ditanyai dengan ramah dan bagaimana rasa kopi pesanan, seperti kepada sepasang pengunjung (agak) muda itu. Don't worry, review saya enggak penting dan berpengaruh kok. Lagi pula saya yakin produk Kisaku bakal laris manis dan kafenya ramai.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 3.8  
    Holland Bakery [ Mampang, Toko Roti dan Kue ]

    Lemper dan Bolu Gulung Favoritku

    Mampir buat beli bolu gulung buat hantaran, biasanya kalau ke Holland Bakery pasti sekalian beli lemper. Lemper ayamnya (satunya 8 ribu) termasuk lumayan besar ukurannya buat camilan, isinya padat lagi. Lemper ini bahkan kadang jadi pengganti maksi saya, minimal 2 potong ya.

    Nah bolu gulung Holland Bakery cocok dengan selera saya, mau yang rasa apa pun. Kali ini beli bolu gulung strawberry (75 ribu), kata stafnya tahan hingga 3 hari.

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.0  
    ET Bakery [ Mampang, Toko Roti dan Kue ]

    Kue Pandan yang Terlalu Enak

    Ratusan kali lewat Mampang (atau ribuan?) baru terekspos dengan bakery ini, ya boleh banget bilang ke mana saja Bu? Ini juga ngeh gara-gara habis belanja di bakery sebelahnya dan penasaran lihat ojol silih berganti masuk menjemput pesanan.

    Oke akhirnya beli 3 potong kue pandan yang legendaris (satunya 14 ribu) dan 3 potong tahu isi (satunya 7 ribu). Dan ya ampun kue pandannya seenak itu. Teksturnya cukup ringan dan pugasannya, mirip puding cuma lebih lembut, saya suka banget karena rasanya mirip es teler.

    Tahu isi ET Bakery adalah tahu isi termurah, sepanjang sejarah saya belanja di bakery! Tahunya ukurannya jumbo, luarnya renyah. Saya makan nasi hanya dengan lauk sepotong tahu ini dan sukses kekenyangan. Direkomendasikan konsumsi tahu isi ini hanya kalau lagi kelaparan berat.

    Kesimpulan, jelas mau banget balik lagi ke sini!

    Harga per orang: < Rp. 50.000
    Makasih Infonya!




  • 4.6  
    Canabeans [ Bintaro, Kafe ]

    Pan-Seared Fillet Mignon, Must-Try

    Dari Alam Sutera, Canabeans membuka kafe kedua di kawasan Bintaro. Letaknya di lobi apartemen tapi cukup luas, menampung sekitar 40 pengunjung. Tiap sudutnya ditata cantik dan nyaman dengan perabot plus bahkan pernak-pernik berbeda, termasuk salah satunya berhias neon sign bertuliskan "can-I-be your date".

    Bagian yang saya suka itu bar kopinya. Mengambil posisi di tengah, berbentuk kotak dengan aksen jendela kaca kotak-kotak di depan serta samping kanan dan kiri, bar kopi menyerupai kedai kopi di dalam kedai kopi. Cool!

    Akan tetapi yang juga saya suka, makanan di Canabeans enggak kalah enak dengan kopinya. Makanan di sini lengkap, enggak cuma ada camilan dan cake, tapi juga ada makanan berat ala Indonesia, sampai Barat.

    Saya langsung jatuh cinta sama tuna rye salad (45 ribu). Tunanya cukup banyak dan enggak amis, seladanya segar dan tambah segar rasanya dengan saus lime mayonnaise. Sausnya pakai campuran sedikit nanas dan mangga, paslah sensasi manis segar dari selada dan sausnya beradu dengan tuna yang gurih.

    Deep fried ube stick (35 ribu) jadi appetizer yang unik. Porsinya buat sharing, potongan ubi ungu lembut terbalut adonan tepung renyah ini terhidang berlumur saus buah naga. Tidak hanya warnanya cantik, rasa saus yang manis tapi tidak berlebihan itu meningkatkan cita rasa stik ubi yang manis gurih.

    Tercantum dalam menu sebagai hidangan brunch, pulled roast beef sandwich (58 ribu) porsinya ternyata besar. Saya makannya bareng teman-teman jadi bisa berbagi dan setelahnya masih bisa icip hidangan lain. Potongan daging yang ditangkup roti lapis banyak, agak manis mungkin efek roast dan juga karena campuran caramelized onion. Untungnya saya memang suka daging yang cita rasanya manis gurih, plus juicy pula.

    Soal daging, yang wajib dicoba di Canabeans adalah pan-seared fillet mignon (135 ribu). Kami pesan dengan tingkat kematangan medium, hasilnya lembut dan juicy banget! Tak usah mencocol daging dengan saus wild mushroom saja sudah nikmat banget. Mashed potato sebagai hidangan pendamping juga lembut dan rasanya enak, harga sebegitu menurut saya enggak mahal untuk sepiring steak ini.

    Di luar dugaan beef blackpepper udon (55 ribu) juga seenak itu, bahkan lebih mantap rasanya, IMHO, dibanding di resto makanan Jepang. Bisa jadi karena rasanya disesuaikan dengan lidah lokal, kayaknya ya. Udonnya lembut demikian juga daging sukiyakinya. Bintangnya adalah kuahnya yang gurih manis, hasil campuran daging sukiyaki, caramelized onion, dan saus lada hitam.

    Ada beberapa macam pasta di Canabeans termasuk yang klasik kayak carbonara dan aglio e olio, tapi kali ini kami coba fettuccine ala valentini (48 ribu). Fettuccine ini tampil rapi dan cantik dengan saus yang mirip saus marinara, sehingga sensasi pedas dan asam mengiringi tiap suapan fettuccine. Beda dengan pasta marinara yang biasanya pakai protein berupa seafood, ala valentini ini pakai ayam yang dipotong kecil-kecil.

    Karena saya lagi suka kopi manual brew, sebagai pendamping maksi saya pesan ini dengan biji kopi dari Rwanda—yang jarang saya dapati di kafe lain dan ini juga baru kali pertama mencobanya. Rasanya duh mantapnya. Tidak asam dengan hint rasa buah dan aftertaste yang sedikit manis, suka deh. Pas banget nih minum ini sembari mengudap salted caramel fudge cake yang cita rasanya manis asin.

    Piccolo (30 ribu) saya juga suka, rasanya bold. Kalau ingin minuman kopi yang ringan tapi unik, Canabeans punya yang namanya canachiatto (35 ribu). Ini adalah semacam cheese latte, tapi meski krim cheese-nya terlihat cukup banyak mengumpul di bagian atas gelas, ternyata secara keseluruhan tidak lantas membuat minuman ini terlalu manis atau bikin enek. Malah tidak terlalu manis, dengan rasa kopi yang masih tercecap sedikit.

    Ube latte (38 ribu) salah satu minuman nonkopi andalan Canabeans. Warna ungu mudanya cakep, minuman ini sedikit terlalu milky buat saya tapi mungkin pas buat penyuka minuman selain kopi.

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!
    1 pembaca berterima kasih.




  • 2.8  
    Kinda Coffee & Resto [ Bintaro, Kafe ]

    Pelayanan Perlu Perbaikan

    Berlokasi di sebuah ruko, Kinda Coffee & Resto menyulap area yang tidak terlalu luas dengan efisien. Setiap sudutnya bisa dibilang nyaman dan cantik. Tidak hanya itu, kafe-resto ini juga bahkan dilengkapi musala dan area bermain untuk anak di salah satu bagian di lantai 2.

    Saya dan teman pesan manual brew dengan biji kopi Toraja (30 ribu belum tax), hot mocha latte (30 ribu), dan cilantro lime wings (55 ribu). Manual brew dan cilantro lime wings rasanya oke, tapi mocha latte ini bermasalah dari rasa sampai penyajian.

    Soal rasa, lebih mirip latte yang ditambahkan gula. Rasa mocha sama sekali tidak ada. Nah lebih bermasalah lagi pas disajikan. Jadi staf kurang hati-hati menaruh mug mocha di meja, sehingga menumpahkan sedikit mocha ke piring kecil yang jadi alas mug—untung latte art-nya tetap kece. Yang disayangkan begitu sadar sudah menumpahkan mocha, dia cuma bilang “oh” dan berlalu meninggalkan kami. Tidak ada permintaan maaf dan usaha untuk membersihkan mug dan alasnya.

    Memang ini sepele, kami juga jago kok kalau membereskan kekacauan seperti ini doang mah. Tapi kalau yang sepele saja staf itu tidak bisa atau enggan menangani, bagaimana yang tidak sepele ya? Soal rasa buat saya masih bisa diperbaiki, tapi kalau attitude, sayang tidak semua orang punya itu.

    Untungnya, masih untung nih, staf yang lain helpful. Terutama yang menyambut pengunjung masuk, top deh.

    Harga per orang: Rp. 50.000 - Rp. 100.000
    Makasih Infonya!