21 tempat makan yang direkomendasikan.

Otto Iskandardinata

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Lontong Kari Kebon Karet

Saatnya berburu tempat makan legendaris di Bandung. Konon tempat ini sudah ada sejak tahun 1966. Tempatnya masuk gang, cuman nggak terlalu jauh dari gapura gang. Tempatnya kecil tapi selalu ramai. Pengunjungnya pun dari luar kota.

Aku pesen lontong kari spesial. Isiannya ada irisan daging sapi, telur ayam. Rasa kuahnya gurih, lontognya juga empuk. Cuman memang harganya agak mahal ya untuk ukuran makanan sarapan. Mungkin karena enak dan legend yang membuat harganya lumayan.

4.0

Cicendo

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Kupat Tahu & Lontong Kari Cicendo

Kupat tahu dan lontong kari cicendo sejak 1967. Tempatnya masuk ke dalam gang gitu. Tepatnya di seberang RS mata Cicendo. Kalau ngurutin gmaps emang g tepat. Soalnya aku sempet nyasar2 gitu. Ternyata masuk gang yang ada pos rinda gitu. Tempatnya kecil. Aku pesen lontong kari. Rasanya enak. Tersedia porsi besar dan kecil juga. yang kupesen porsi kecil ya.Aku belum nyobain sih rasa kupat tahunya. Pas ke sini lumayan ramai. Terlihat juga mobil luar bandung yang berkunjung.

3.8

Pasar Simpang Dago

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Batagor H. Darto (Simpang Dago)

Salah satu batagor legend di Bandung nih yang sudah ada sedjak tahun 1980. Letaknya ada di pinggiran Jalan Dago. Tepatnya di Pasar Simpang Dago. Per bijinya dibandrol dengan harga 6000 rupiah. Per bijinya gede-gede lhoh. Bisa jadi 4-5 potong.

Berhubung aku pesen buat dibawa pulang ke Magelang, aku pesen yang setengah mateng. Kebetulan masaknya H+2 setelah aku beli dan kusimpan dalam freezer begitu sampai rumah. Untuk kuah batagornya lembut dan kental. Tapi aku nggak paham kenapa di lidah aku rasanya asin.

4.0

Kopo

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Batagor Yunus

Salah satu batagor lengend di Bandung yang udah ada sedjak tahun 1972. Kedai batagor ini ada di sebelah barat daya kota bandung, tepatnya di Jalan Kopo, tapi masih sebelum terminal Leuwi Panjang ya. Ngidam ke sini awalnya krena pengen batagor kuah. Tapi pas kesini tang dibeli baragor kuah baso yamien, karena saking banyaknya menu. Tapi yang jelas menunya tetep ada batagor, hanya saja di variasi aja dicampur sama apa. Orang Bandung emang nggak monoton buat nyampur nama makanan sehingga kelihatan macem-macem.



Begitu datang, bentukannya kelihatan menggooda. Namanya juga ngidam banget ye kan. Rasanya enak. Batagornya meskipun dicelupin ke dalam kuah tetep enak. Yamiennya enak. Yamiennya manis, batagor kuahnya asin, jadi perpaduan yang pas.

4.0

Gor Pajajaran

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Baso Goreng Anugerah

Tempat baso goreng legend yang ada di Kota Bandung nih sejak tahun 1976. Lokasinya ada di area GOR Pajajaran. Tempat ini sudh buka sedari pagi. Yang menggiurkan, tempatnya open kitchen. Negbulet-buletin basonya dan ngegorengnya bisa kita lihat langsung. Jadi begitu dibulet-buletin langsung dimasukan ke minyak panas. Wajan penggorengnnya ada 3. Dan itu estafet sih ngegorengnya. Hingga proses terakhir pengemasan.

Saking ramenya tempat ini, sampai kebingungan awalnya gimana mau pesen. Karena semua pegawai pada sibuk semua. Nah ternyata pesennya ke kasir, nggak ada tulisannya sih. Tpi masih nyatu sama tempat penggorengan. Di tempat itu pesen sama nnti dipanggilin nama kalau udh selesai pesenannya. Aku pesen ke situ. Aku pesen 2 pcs aja karena cuman buat aku sendiri dan aku masih pengen jajan lainnya. 1 pcs basonya gede banget. Bisa dibelah menjadi 4 bagian. Aku pesen dan dicatat sama nama sama Cicinya dan disuruh nunggu karena saking banyaknya pesanan. Pesanan dilayani berdasarkan urutan pesan ya. Karena cicinya yang di tempat pemesanan juga mondar mandir sibuk jadi sempet bingungnya disitu pesannya dimana. Setelah nunggu sekitar 5 menitan pesanannku selesai. Aku dipanggil nama. Kalau beli di sini mending sediain uang pas atau udah nyiapin uang langsung pas pesanan selesai langsung bayar, jangan nunggu ngeluarin dompet. Karena mereka kerjanya gercep juga, jadi kalau nunggu pelanggan ngeluarin duit dulu dari dompet asa gregeten gitu liatnya. Ini mah saran dari aku pribadi sih. Satu pcsnya dibadrol seharga 11ribu rupiah.

Kalau mau dimakan di tempat juga bisa sambil pesen yang lainnya, karena menu yang disediakan ada berbagai macam mie. Tapi tempat untuk dine in mah kecil cuman ada semeja dua meja. Tapi nggak tau ya kalau ada tempat lain juga. Karena di area jajanan GOR ini lumayan banyak yang jual makanan, nggak begitu lihat juga disediain tempat khusus gitu g buat makan. Kaya konsep foodcourt gitu. Tapi aku nggak begitu merhatiin sekeliling.

Packaging take away aku sederhana sih karena cuman 2 pcs. Cuman kertas bentukan kotak tanpa penutup lalu dibungkus kresek. Kalau yang lebih dari 2 pcs pakai box gitu. Tapi kalau yang pesen banyak nih kdang suka g muat atau g pas kalau ditutup lalu ujung2nya dikaretin lalu dimasukan ke kresek.

Krena aku take away dan nggak langsung dimakan, alhasil aku g mendapatkan rasa renyah dan kriuk. Tapi meskipun begitu rasanya tetep enak. Saosnya juga enak. Saosnya tu kaya saos2 cakue gitu.

4.4

Trunojoyo

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Roti Gempol

Roti yang sangat terkenal di Bandung. Sebenarnya roti gempol ada juga yang di kopi anjis, tapi aku ingin datang lgsg ke tempatnya yang original. Tempat roti ini sangat sederhana. Tapi terlihat juga tata letak dan bangunan yg kuno melegenda. Di sini hanya tersedia kursi memanjang dengan meja2 kecil. Paling enggak cm muat buat 10an orang. Pas aku ke sini rame bgt, tpi beruntung aku dpt tempat duduk. Aku pesen gandum telur kecu. tekstur gandumnya g kasar. Selain pesen gandum, aku juga pesen putih yg rasa coklat, susu, keju. Enak rasanya. Antara gandum dan putih aku lebih suka yg putih.

4.4

Trunojoyo

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Kupat Tahu Gempol

Mencicipi kuliner kupat tahu khas Bandung. Aku nggak tau ya di Jawa Barat sebenarnya kupat tahu itu kas dari Padalarang Kab Bandung Barat atau Singaparna Kab Tasikmalaya. Tapi yang jelas beda dengan kupat tahu khas Magelang, daerah asalku. Kalau di Magelang Kupat tahunya itu kuah kacangnya encer, kalau di Bandung kental. Nah kali ini aku nyobain kupat tahu legend yang ada di Bandung. Sebenarnya aku tak terlalu menyukai kupat tahu, tapi kuingin mencoba.

Kupat tahu gempol ini letaknya di daerah gempol. Masih dekat dengan Lapangan Gasibu atau Gedung Sate. Di sini ada dua macem menu. Kupat tahu sama lontong kari. Tempanya sederhana tapi ramai sekali. Untuk gerobaknya sama tempat makannya dibelah oleh jalan gempol. Banyak wisatawan luar Bandung yang ikut sarapan di sini.

Di sini bisa pesen 1/2 porsi. Tapi terlalu dikit, bahkan aku yang seporsi saja mash belum kenyang. Sebenarnya kupat tahunya aku tak begitu menyukai karena manis. Seperti yang kubilang di awal, aku sebenarnya tidak terlalu menyukai kupat tahu. Aku lebih cocok sama lontong karinya.,

3.8

Dago Atas

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Wale (Warung Lela)

 Tempat makan yamin di Bandung dengan nuansa perbukitan yang adem adalah Warung Lela. Tempat ini sudah dibuka belasan tahun lalu. Berada di kawasa Cigadung. Tempatnya pun masuk ke perkomplekan rumah yang ada di daerah Cigadung. Konon yang punya tempat ini namanya bu lela.

Tempatnya juga bernuansa Jawa gitu dan banyak interior kayu. Tempatnya terdiri dari dua tempat. Di kanan dan kiri jalan.

Variasi yaminnya macam-macam. Aku memesan mie ayam rica Spesial dan yain manis. Mie ayam rica spesialnya disajikan dengan baso dan siomay. Siomaynya enak banget dan lembut. Mie dann yaminnya juga enak. Porsinya mengenyangkan. Konon emang legendaris tempat ini. Mungkin jika sedang tidak ramai karena buka puasa, akan nyaman betah berlama-laa di sini karena tempatnya sejuk di atas bukit.

4.2

Ujung Berung

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Mie Ayam Jamaras

Aku ke sini atas rekomendasi teman. Katanya mie ayam di sini enak. Setelah aku cari-cari info, ternyata mie ayam ini tergolong sudah lama. Mie ayam ini sudah ada sejka tahun 1990. Kalau aku lihat di google, memang banyak sih review tentang mie ayam ini. Tempatnya memang biasa dan berada di pinggir jalan raya persis. Kurang lebih seberang Hermina Arcamanik. Di teras sebuah rumah dan tidak terlalu luas. Aku memesan mie ayam biasa tanpa ceker. Ayamnya banyak sekali lhoh. Untuk kuahnya kental dan berwarna agak kecoklatan. Nah porsinya lumayan gede banget buatku karena ayamnya memang banyak. Menurutku untuk rasa, ternyata aku nggak begitu cocok. Jadi untuk rasanya itu manis, terus aroma daun salamnya itu kecium banget. Jadi nggak begitu suka. Kalau kalian pernah ke Jogja dan mampir ke mie ayam legend di Jogja - Mie Ayam Tumini, nah kurang lebih hampir mirip seperti mie ayam tumini.

3.8

Balonggede

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di RM Linggarjati

Mencoba salah satu mie legendaris di Kota Bandung. Konon tenpat ini selalu ramai. Bnar saja ketika kau datang ke tempat ini memang ramai. Hampir semua mejanya penuh. Tempatnya sederhana, banguna kuno. Mungkin bangunanya juga masih dipertahankan. Aku pesen mie ayam dan mie baso. Seporsi banyak banget. Untuk mienya sedeng. Sebenarnya nggak terlau kecil-kecil juga. Tapi menurut aku rasanya biasa aja. Aku nggak begitu suka kuahnya. Sambelnya pun kurang pedes. Daftat menu di tempat ini memang tidak mencantunkan harga, jadi jangan kaget pas bayar ke kasir

3.4

Burangrang

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Mie Baso Akung

Tempatnya luas dan ramai. Ordernya langsung di depan. Cuman menunya agak membingunkan karena disingkat singkat untuk Baso, Pangsit, Sioma, Tahu, Ceker. Kalau yang lola mikirnya kaya aku jadi butuh mikir beberapa detik buat tahu apa itu. Tapi di atasnya ada kok keterangan singkatannya. 
Aku pesen yamin setengah porsi dengan bakso. Sebenarnya kau kuat satu pirsi, hanya saja habis makan jadi cukup setengah saja biar tidak mubadzir. Isi basonya ada 4 biji. Yaminnya ini enak banget. Bisa request asin atau manis. Tapi aku pilih manis. Untuk sambelnya walaupun udah banyak tapi nggak kepedesan. Rasa kuahnya enak setelah dicapur ke yamin, Karena bumbu yaminnya bener2 merasuk. Ternyata setengah porsi masih kurang bagiku. Aku minta seperempat porsi punya adek aku. Dia pesen mie biasa. Untuk tekstur mie biasa dan yamin emang berbeda. Baj=hkan kuahnya tetap enak yamin. 

4.0

Gor Pajajaran

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Cakwe Lie Tjay Tat

Cakwe legend di Bandung nih. Berdiri sejak 1934. Awalnya sih dulunya ada di kawasan Pasar Baru, sekrang ada di area GOR Pajajaran. Posisi tempatnya tepat di samping trek lari. Atau di depan sanggar olahraga. Kalau kita ngikutin alur perkulineran GOR, letaknya ada di paling ujung belakang agak muter. Kalau kita ngikutin dari arah palang pintu masuk motor/mobil kita tinggal lurus aja, masuk ke arena tribun terus setelah tribun.

Oh ya di sini ada non halalnya juga ya. Karena nggak cuman cakwe aja yang dijual. Ada bapiah, kompiah, yamien, bihun, pangsit, bubur ayam, bubur kacang dll. Jadi kalau nggak hafal mah lebih baik nnya dulu mana yang halal mana yang enggak. Kalau cakwenya insyaallah Halal. Lihat juga proses pembuatan cakwenya langsung karena terlihat, adonan dibikin langsung lalu digoreng. Seporsi cakwe hanya seharag 7000 rupiah saja. Penyajiannya dipotong kecil-kecil. Disediakan juga tempat buat makan. Tapi aku mah makannya dibekel ke tribun sambil liat orang lari. Cakwenya enak banget, nggak bantet. Saus nanasnya juga enak. Sayang aku nggak pesen bubur kacang. Bubur kacangnya tu kacang tanah. Aku blm pernah nyoba makan ginian.

Untuk pelayanannya cepet lhoh. Jadi aku kan mau dibekel ke tribun, tapi pesenanku kalau ke tribun nggak diantar. Jadi aku nunggu pesenan disiapkan. Terus kokonya bilang ke pelayannya biar ngeduluin aku kalau ditunggu. Jadi g didiemin pesanan aku.

4.2

Riau

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Kupat Tahu Cihapit

Kupat tahu yang berlokasi di Pasar Cihapit ini termasuk salah satu kupat tahu legend di Kota Bandung. Katanya sudah ada sejak tahun 1970an. Lokasinya ada di seberang House Of Cihapit. Jualannya di pinggir jalan pisan dan pakai gerobak. Tapi nggal ada tendanya dan hanya ada beberapa kursi saja.

Seporsinya dibandrol harga Rp 13.000, 00. Kupat tahunya lembut banget lhoh. Bumbunya juga halus. Dan mengenyangkan.

4.0

Pasar Cihapit

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Warung Nasi Bu Eha

Cobain deh makan ke sini. Warung makan yang terletak di dalam Pasar Cihapit ini beda lhoh. Warung ini sudah ada di sini sedjak 1947. Kalau pengen ceper, masuknya lewat gang nikmat yang ada masjidnya itu. Nah kalau lwt sini mah begitu nemu pintu masuk pasar langsung aja lurus paling ujung. Meskipun di dalam pasar, tetap bersih lhoh. Pasar cihapit emang bersih sih dalemnya. Aku pesen nasi urap sama pepes usus. Sumpah urapnya enak banget sampai kebayang bayang terus rasanya. Pepes ususnya juga enak. Sambel pendampingnya jg pedes. Pokoknya mah makn di sini mah ngeunah, nimat, murah dan legend. Pas bayar pun aku ciman habis 12ribu doank. Kupikir aku bakal kurang kenyang gt pas pelayannya ngambilin nasi dan nunjukin mau seberapa. Sebenarnya pngn bilang tambah tpi ya udahlah. Eh ternyata kenyang jg orsi segitu.   

4.4

Peta

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Es Cendol Elizabeth

Nyari nyari es cendol elizabeth yang ORI Itu dimana, setelah sekian waktu, nanya2 ke temen juga kagak tau, taunya mang cendol elizabeth yang pakai gerobak tea, akhirnya nemulah di sini. Aku baca2 juga asal muasal es cendol elizabeth ini berdiri hingga menjadi legendaris. Aku ke sini sekitar jam 9 pagi. Pagi -pagi sudah minum es? Sekalian satu jalan karena mau ke Ciwidey. Dari rumah aku ke daerah sini itu lumayanlah jaraknya. Aku pesen es cendol saja. BIsa pakai nangka sama alpukat. Pas nguyah cendolnya-aku merasa Beda. Emang beda rasanya dari cendol cendol lain. Ini enak dan khas. Jadi wajar kalau jadi legend. Harganya pun suer murah meriah. Dengan 5000 saja. 

4.2

Banceuy

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Lotek dan Es Cendol Alkateri

Biasanya kalau makan lotek itu di piring. Nah berbeda dengan cara makan lotek di lotek alkateri ini. Penyajian loteknya di masukan ke dalam kertas minyak yang dilapisi daun pisang lalu dibentuk seperti cone icecream.
Tempat ini sudah ada sejak tahun 1984. Tapi meskipun sudah puluhan tahun, konsep tempat ini masih mengusung kaki lima. Tidak ada tempat luas untuk makn, hanya beberapa kursi yang dipasang di trotoar.
Kalau makan lotek di sini, pasti ditawarin mau pahit atau enggak. Maksudnya adalah sayuran yang digunakan mau yg ada rasa pahit seperti daun pepaya atau enggak. Jadi kita bisa milih rasa.
Kalau aku memilih yang nggak pahit.
Seporsinya menurutku kurang mengenyangkan.
Selain lotek, disini ada pula es cendol. Es cendolnya jg terkenal. Dan namanya emg lotek & es cendol alkateri. Hanya saja menurutku es cendolnya biasa aja sih. Mungkin krena dimasukan ke dalam kuali gede yang tanah liat. Biasanya kan udh jarang orang jualan pakai kuali yang pakai tanah gitu.
Tapi selain es cendol, masih ada jg soto bandung dan batagor jg.
Dan tempat ini selalu ramai. Di hari yang sama aku sampai dua kali ke sini, pertama aku emg beli sendiri, selang berapa jam aku nganterin temen ke sini, dan tetap ramai.
Cuman ya emg g terlalu nyaman sih kalau mau di makan lgsg disitu.

4.0

Riau

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Warung Lotek Cihapit Ibu Siti

 Lotek Tjihapit adalah salah satu lotek legendaris di Kota Bandung. Letaknya ada di Pasar Cihapit. Patokannya gang kecil seberang Bank BRI Cihapt. Nanti masuk terus, posisinya sebelum masjid. Selain lotek, ada juga nasi dan lauk lainnya. Aku pesan lotek, minta yang pedas. Seporsinya ternyata banyak banget. Kupikir nggak akan habis tapi hanya tersisa krupuknya saja. Loteknya bumbunya lembut rasanya enak. Maklum warung lotek Bu Siti Cihapit ini sudah ada sejak tahun 1970. Karena saking lapernya aku sapai lupa foto maknan sebelum kumakan. Hehehe

4.4

Buah Batu

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Warung Lotek Macan

Siapa yang tau lotek macan? Sekilas namanya terdengar aneh. Kenapa nama lotek pakai nama macan. Tapi ternyata dinamain lotek macan karena tempatnya berada di Jalan Macan Nomer 1, Burangrang Bandung. Lotek ini dirintis sejak tahun 1956. Termasuk salah satu lotek legend di Kota Bandung. Ketika aku ke sini, pas banget sebelum jam makan siang, jadi cuman ada beberapa pengunjung. Meskipun setengah jam kemudian murudul pengunjung karena jam makn siang telah tiba.

Menunya macem-macem ya selain lotek sampai ada menu rawon khas Jawa Timuran. Tapi aku pesen lotek karena ini salah satu menu legendnya. Selain pesen lotek aku juga pesen rujak bebeg. Di sini ada berbagai macam bubur sum sum mutiara yang katanya enak. Tapi aku nggak nyobain, karena makan lotek aja udh buat kenyang.

Pesannya mah di meja aja kalau mau dimakan di tempat, nanti ada pelayanan yang akan nulis pesanan kita. Untuk bayar di kasir kalau udh beres makan. Seporsi loteknya full sepiring. Kenyang meskipun aku nggak pesen pakai lontong. Bumbu kacangnya lembut banget. Untuk rujaknya cukup menyegarkan di cuaca Bandung yang sedang terik.

4.0

Riau

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Baso Cuankie Serayu

Katanya sih tempat ini rame dan enak, sampai antri pula. Akhirnya aku mencoba membuktikan. Aku ke sini pas mau magrib, jadi aku tak mengantri wlpn kursi dan meja penuh dengan pengunjung. Kita langsunh pesen di depan di gerobaknya itu lalu cuanki dibawa ke meja oleh kita sendiri. Aku oesen yang komplit. Kuahnya emg enak tapi untuk isinya aku tak paham itu apa saja. Seinget aku ada bakso, batagor, tahu putih dan apalagi ya aku tak tahu karena jajanan sunda itu terlalu ribet untuk diingat. Bahan2nya sih kebanyakan sama kaya aci, tpi aku g tau apa itu namanya.

3.6

Riau

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Surabi Cihapit Tradisional

Tempat jajan surabi yang sudah ada sejak tahun 1991. Termasuk salah satu jajanan legendari di Kota Bandung. Tempatnya ada di area pasar Cihapit, yakni di perempatan pasar cihapit. Di sini surabinya gede-gede lhoh. Ada menu surabi tradisional seperti oncom, kinca, polos, ada juga yang udh bervariasi rasanya.

Kalau pesen di sini harus sabar yah, karena emang antri. Dan dinomeran sih. Harus inget aja dapat nomer antrian berapa. Surabinya enak sih. Aku pesen kinca, oncom sama kismis. Enak dan kenyang.

4.0

Ahmad Yani

Di bawah Rp. 50.000 /orang

foto makanan di Awug Cibeunying

Kalau di korea ada toppoki, kalau di Bandung ada awug. Bedanya toppoki itu asin, kalau awug manis. Sebenarnya lebih tepatnya awug berasal dari Cimahi. Bahannya adalah dari tepung beras,kelapa, aroma daun pandan dan gula merah yang dikukus menggunakan kukusan sehingga bentuknya seperti kerucut.

Nah salah satu tempat jualan awug yang enak di Bandung adalah Awug Cibeunying yang sudah berdiri sejak tahun 1980. Harganya juga murah. Kalau yg dus kecil hanya 10ribu. Sedangkan yang pakai besek ada yang 25rb, ada yang 30rb. Rasa awugnya enak, manis dan gurih.

4.0