Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Makanan Khas Asia Tenggara yang Tenar di Dunia

List Artikel
30 November 2016 | 0 Komentar

Setiap negara pasti punya makanan yang menjadi ciri khas negara tersebut. Di kawasan Asia, tak hanya Asia Timur yang makanan khasnya terkenal di dunia seperti sushi dari Jepang, kimchi dari Korea Selatan, atau dimsum dari China. Asia Tenggara juga punya aneka makanan khas yang pastinya punya rasa yang tak kalah enak. Makanan khas Asia Tenggara sebagian besar memiliki rasa yang agak pedas dengan bumbu rempah yang sangat autentik. Untuk kamu yang penasaran dengan makanan khas Asia Tenggara, simak ulasannya di bawah ini:



1. Rendang - Indonesia



Sumber: pergikuliner.com


Sudah bukan rahasia lagi kalau rendang menjadi makanan khas Indonesia yang sangat terkenal di dunia. Rendang bahkan pernah masuk dalam daftar sepuluh makanan terlezat di dunia versi CNN. Rendang terbuat dari daging sapi atau kerbau yang dimasak dengan santan dan bumbu rempah selama berjam-jam sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang sangat khas. Selain rendang, nasi goreng juga menjadi makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia.



2. Nasi Lemak - Malaysia



Sumber: pergikuliner.com


Nasi lemak asal Malaysia ini sangat terkenal di kalangan para wisatawan asing. Nasik lemak memiliki rasa yang gurih karena dimasak dengan santan kelapa. Nasi lemak dihidangkan bersama dengan telur, irisan mentimun, ikan teri dan kacang goreng, serta sambal yang tak boleh ketinggalan.



3. Tom Yum Goong- Thailand



Sumber: pergikuliner.com


Jika bertanya makanan khas Thailand, pasti jawaban pertamanya adalah tom yum goong. Tom yum goong adalah sup seafood yang terdiri dari udang, ikan, dan cumi. Tampilan warnanya yang orange kemerahan membuat banyak orang tergoda mencicipnya. Tom yum memiliki rasa asam pedas yang membuat siapa saja ketagihan.



4. Nam - Vietnam



Sumber: lonelyplanet.com


Nam merupakan hidangan pembuka yang paling disukai di Vietnam. Nam terbuat dari aneka daging cincang seperti daging kepiting atau udang yang dicampur dengan jamur cincang, bawang bombay, telur bebek, dan bumbu rempah lainnya yang diaduk rata lalu dimasukkan dalam kulit pangsit yang terbuat dari beras lalu digoreng hingga matang dan garing.



5. Adobo - Filipina



Sumber: manilaspoon.com


Adobo khas Filipina terbuat dari daging babi atau daging ayam yang dimasak dengan cara yang cukup mudah yakni merebus daging dengan bumbu kecap, cuka, paprika, daun salam dan air hingga matang dan lunak. Aromanya sangat wangi dan berempah. Adobo biasa disantap dengan nasi putih.



6. Laksa - Singapura



Sumber: pergikuliner.com


Laksa menjadi makanan khas Singapura yang bisa dengan mudah kamu jumpai di setiap sudut kota Singapura. Laksa terdiri dari mie yang disajikan dengan kuah kari, potongan telur, tauge, daging ayam, tahu, serta ebi. Meski bisa kamu jumpai di Indonesia, makanan ini sangat langka di Indonesia.    



7. Kaeng Som Gai - Laos



Sumber: youtube.com


Makanan khas Laos ini terbilang cukup sederhana dengan citarasa yang ringan dan segar. Kaeng som gai yang merupakan sup ayam ini terbuat dari daging ayam yang direbus bersama aneka rempah seperti, serai, kemangi, bawang putih, bawang bombay. Makanan ini tergolong sangat sehat dan cocok disantap untuk orang yang sedang diet.



8. Lahpet - Myanmar



Sumber: papasemar.com


Lahpet merupakan sejenis salad yang disajikan dalam wadah yang dinamakan 'lahpet ohk'. Dalam satu lahpet ohk ada beberapa bagian yang diisi dengan bawang putih goreng, kacang-kacangan, wijen panggang, udang kering, parutan jahe, dan kelapa yang digoreng. Sementara pada bagian tengahnya berisi acar teh dengan minyak wijen. Rasanya sangat unik karena perpaduan bahan yang tidak biasa. 



9. Ambuyat - Brunei Darussalam



Sumber: travellermeds.com


Ambuyat merupakan makanan khas Brunei Darussalam mirip dengan papeda asal Papua karena sama-sama terbuat dari sagu. Cara menyantap ambuyat ini adalah ditarik menggunakan sumpit lalu dicocol dalam cacah yakni saus kental yang terbuat dari udang kecil yang difermentasikan. Ambuyat paling enak disantap saat masih panas.



10. Amok - Kamboja



Sumber: thecitykitchensf.com


Tahukah kamu kalau amok yang menjadi makanan khas Kamboja ini merupakan salah satu kuliner tertua di dunia. Amok terbuat dari ikan yang dimasak dengan cara dikukus dengan kuah kari dan santan di atas sebuah mangkuk yang terbuat dari daun pisang. Aromanya wangi dan rasanya sangat gurih.


Tjap Toean

Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean
Foto Tjap Toean

Mie Udang Singapore Mimi

Foto Mie Udang Singapore Mimi
Foto Mie Udang Singapore Mimi
Foto Mie Udang Singapore Mimi

Thai Alley

Foto Thai Alley
Foto Thai Alley
Foto Thai Alley

Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?