Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Makanan Khas Indonesia yang Paling Terkenal di Dunia

List Artikel
8 Juni 2021 | 0 Komentar

Menurut Teman Kuliner, apa makanan khas Indonesia yang paling populer dan di dunia?. Dari tahun ke tahun, makanan khas Indonesia semakin dikenal oleh masyarakat luar negeri. Ada banyak faktor yang menjadikan makanan khas Indonesia menjadi lebih terkenal. Alasan pertama adalah karena faktor industri pariwisata yang membuat banyak turis asing mencicip aneka makanan khas Indonesia dan alasan yang kedua adalah sudah pasti karena cita rasanya yang berbeda dengan makanan dari negara-negara lainnya. Ibaratnya, makanan khas Indonesia ini punya ciri khas tersendiri yang tak dimiliki oleh makanan negara lain. Penggunaan bumbu rempah pada makanan khas Indonesia bisa membuat aromanya lebih wangi dan rasanya jadi khas. 


Dari sekian banyak makanan khas Indonesia, PergiKuliner sudah merangkum tujuh makanan khas Indonesia yang paling dikenal di seluruh dunia. Apa saja ya kira-kira?, kita langsung aja cek di bawah ini yuk!


1. Nasi Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan khas Indonesia yang paling terkenal di dunia adalah nasi goreng. Kuliner ini sudah sangat dikenal oleh turis asing dan menjadi salah satu makanan yang wajib dipesan saat datang ke Indonesia. Sebenarnya negara-negara di dunia punya nasi goreng khasnya masing-masing, tapi yang membuat nasi goreng Indonesia berbeda adalah karena bumbu yang digunakan. Nasi goreng Indonesia yang populer adalah nasi goreng kampung yang dibuat dengan bumbu bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, kemiri, terasi, dan garam. Selain bumbu yang membuat makanan khas Indonesia ini enak, ada tambahan pendampingnya seperti acar mentimun dan wortel, taburan bawang goreng, hingga kerupuk.   


2. Mie Goreng



Sumber: Pergikuliner.com


Ada nasi goreng, pasti ada mie goreng yang juga menjadi salah satu makanan khas Indonesia. Mie goreng Indonesia ini sangat khas juga karena dibumbui dengan bumbu rempah yang lengkap sehingga menghasilkan aroma yang wangi dan pastinya rasa yang enak. Mie goreng Indonesia dimasak dengan campuran telur, sawi hijau, hingga cabai rawit di dalamnya untuk menambah cita rasa pedas. Tak lupa juga ada taburan bawang merah goreng dan kerupuk yang tak boleh ketinggalan.


3. Rendang



Sumber: Pergikuliner.com


Kalau makanan khas Indonesia yang satu ini sudah dijamin kepopulerannya karena pernah masuk sebagai salah makanan terlezat di dunia versi CNN di tahun 2018. Rendang sangat digemari karena rasanya yang legit, gurih, asin, dan ada sedikit rasa pedasnya. Tentu saja cita rasa ini bisa didapat dari banyaknya rempah yang digunakan saat memasak rendang. Ada sekitar lebih dari sepuluh bumbu rempah yang dimasukkan dalam rendang sehingga dari aromanya saja sudah sangat menggoda untuk disantap dengan nasi hangat. Saking populernya, kini rendang sudah banyak yang dijual dalam bentuk kemasan siap santap dan sudah dijual di luar negeri.


4. Sate Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Tidak kalah dengan rendang, sate ayam juga termasuk makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia. Sate ayam ini kegemaran para turis asing ketika berkunjung ke Indonesia. Pasalnya sate ayam memiliki rasa yang legit dari bumbu kacang yang disiram di atasnya. Ditambah lagi, daging ayam yang dibakar di atas arang akan memiliki aroma dan rasa yang khas. Sate ayam bisa disantap dengan nasi, tapi kebanyakan orang menyantapnya dengan lontong daun. Untuk melengkapi sajian sate ayam, akan ada tambahan acar timun dan cabai rawit hijau serta taburan bawang merah goreng dan pastinya sambal untuk menambah rasa pedasnya.


5. Bakso



Sumber: Pergikuliner.com


Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang terkenal di dunia. Bakso terbuat dari bahan dasar daging sapi giling yang dibumbui dengan aneka rempah dan ditambahkan tepung lalu dibentuk bulat dan direbus hingga matang. Selain daging sapi, bakso juga bisa dibuat dari bahan utama daging ayam hingga ikan yang digiling. Nantinya bakso akan disajikan bersama bahan pendamping lainnya seperti bihun, mie kuning, sawi hijau, tauge, irisan daun bawang seledri, hingga kerupuk pangsit. Untuk menambah rasa pedasnya, ada saus sambal yang bisa ditambahkan. Meski bakso di Indonesia termasuk makanan kaki lima yang murah meriah harganya, di luar negeri harga bakso bisa dua hingga tiga kali lipat harganya.


6. Gudeg



Sumber: Pergikuliner.com


Gudeg menjadi makanan khas Indonesia berikutnya yang juga terkenal di dunia. Kita bisa menjumpai aneka gudeg kemasan yang dijual di luar negeri. Inilah yang membuktikan kalau gudeg ternyata juga banyak peminatnya di luar negeri. Gudeg merupakan kuliner khas Yogyakarta yang terbuat dari bahan dasar nangka muda yang dimasak dengan aneka rempah dan santan dalam jangka waktu yang lama. Kuliner ini punya rasa yang manis dan legit. Selain nangka muda, gudeg juga bisa dibuat dari telur, tempe, tahu, dan ayam.  


7. Soto Ayam



Sumber: Pergikuliner.com


Soto ayam juga sangat terkenal di luar negeri, terutama di negara-negara Eropa seperti Inggris, Jerman, dan lain sebagainya. Soto ayam digemari karena rasanya yang gurih mirip dengan sup sehingga cocok disantap saat musim dingin. Hanya saja soto ayam memiliki rasa yang jauh lebih kuat karena dibuat dari campuran bumbu rempah Indonesia seperti kunyit, kemiri, ketumbar, lada, daun jeruk, sereh, daun salam, dan masih banyak lagi. Soto ayam bisa disantap begitu saja atau dimakan bersama dengan nasi putih hangat.


8. Tempe



Sumber: Pergikuliner.com


Kalau makanan khas Indonesia yang satu ini sebenarnya termasuk dalam bahan makanan karena bisa diolah menjadi kuliner apa saja. Kepopuleran tempe di luar negeri tidak bisa kita ragukan lagi. Alasan utamanya adalah karena tempe ini termasuk superfood yang punya nilai gizi tinggi dan cocok disantap oleh orang yang sedang diet. Tempe dijual dengan harga yang terbilang sangat mahal sekali di luar negeri. Harganya bahkan bisa menyamai harga satu ekor ayam. 


9. Gado-gado



Sumber: Pergikuliner.com


Meski tidak sepopuler makanan khas Indonesia di atas, tapi gado-gado juga banyak penggemarnya loh di luar negeri. Gado-gado merupakan kuliner khas Betawi yang dibuat dari beragam jenis sayuran dan bahan tambahan lainnya. Ada kangkung, kacang panjang, kubis, kentang, jagung, labu, bayam, tempe, tahu, dan masih banyak lagi. Semua bahan yang sudah direbus atau dikukus ini kemudian disiram dengan saus kacang khusus. Di luar negeri, gado-gado dikenal sebagai saladnya Indonesia.


10. Nasi Padang



Sumber: Pergikuliner.com


Makanan khas Indonesia yang terakhir adalah nasi Padang. Nasi Padang ini juga sangat populer. Kita bahkan bisa menjumpai nasi Padang di beberapa negara di Eropa dan yang datang menikmatinya tak hanya orang Indonesia saja, melainkan juga orang-orang setempat. Nasi Padang memiliki ciri khas pilihan lauk pauk yang sangat beragam sekali sehingga kita sendiri bisa bingung memilih mana yang ingin disantap. Ada rendang, opor, gulai, dan lain sebagainya. Dalam sajian nasi Padang juga akan diberi daun singkong rebus dan pastinya sambal cabai hijau yang menjadi ciri khasnya.  

 

Itulah beberapa makanan khas Indonesia yang sangat populer di dunia. Tentunya salah satu di antara makanan khas Indonesia tersebut ada yang paling Teman Kuliner suka atau paling sering dikonsumsi bukan? Jika ingin menyantap salah satu makanan khas Indonesia di atas, Teman Kuliner bisa mampir ke salah satu tempat makan yang ada di bawah ini ya!

Bakso Solo Samrat

Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat
Foto Bakso Solo Samrat

Nasi Goreng Militer

Foto Nasi Goreng Militer
Foto Nasi Goreng Militer
Foto Nasi Goreng Militer

Sepiring Padang

Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang
Foto Sepiring Padang

Sate Ayam & Kambing Megaria

Foto Sate Ayam & Kambing Megaria
Foto Sate Ayam & Kambing Megaria
Foto Sate Ayam & Kambing Megaria

Gado - Gado Cemara

Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara
Foto Gado - Gado Cemara

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?