Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Makanan Terunik di Dunia yang Nyeleneh Tapi Banyak Disukai

List Artikel
17 November 2021 | 0 Komentar

Mencicipi makanan lezat tentu sudah biasa, tapi kalau mencicipi makanan unik bahkan terbilang ekstim apakah kamu sudah pernah mencobanya? Tidak hanya dari tampilannya bahkan bahan-bahan yang digunakan dan cara penyajiannya pun sangat unik. Sehingga membuat banyak orang berpikir ribuan kali untuk mencobanya. Makanan terunik di dunia ada tersebar di berbagai negara. Biasanya makanan unik ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat setempat karena kepercayaan yang dianut atau bisa juga karena khasiat dari makanan tersebut. Penasaran ada makanan terunik di dunia apa saja pilihan dari PergiKuliner? Awas, geleng-geleng kepala saat membacanya ya!


1. Balut – Filipina



Sumber: Wartahot.com


Balut merupakan makanan unik ini yang terbuat dari telur bebek yang sudah dibuahi atau berembrio. Telur-telur ini memang sengaja dibiarkan hingga embrio di dalamnya terbentuk. Kemudian telur tersebut akan dimasak dengan cara merebusnya. Cara memakannya adalah kupas perlahan kulit telur agar tidak merusak isinya, lalu santap embrio dalam kondisi utuh dan diberi sedikit garam. Meski terbilang unik dan ekstim, balut kerap dijadikan santapan pada upacara keagamaan oleh masyarakat Filipina.


2. Sannakji – Korea Selatan



Sumber: Knowinsiders.com


Sannakji merupakan makanan unik namun banyak disukai oleh masyarakat Korea Selatan. Disebut unik karena makanan ini berasal dari gurita hidup yang dipotong-potong, lalu dimakan mentah bersama kecap asin dan minyak wijen. Tekstur gurita ini begitu kenyal, lembut dan segar, karena tanpa pengolahan sedikit pun. Meski banyak disukai, namun bagi yang ingin mencoba makanan unik ini tetap perlu waspada, karena gurita ini masih hidup sehingga bisa saja menempel di tenggorokan saat memakannya.


3. Surströmming – Swedia



Sumber: Tribunnews.com


Surstomming adalah makanan yang terbuat dari ikan haring yang difermentasi dengan garam agar tidak mudah basi. Makanan ini dikemas dalam kaleng dengan waktu yang cukup lama. Sehingga ketika hendak memakannya akan mengeluarkan aroma kurang sedap yang menyengat. Namun bagi masyarakat Swedia aroma kurang sedap ini justru bisa membangkitkan selera makan. Bagi kamu yang penasaran ingin mencoba makanan ini sebaiknya harus mengonsumsinya di ruangan terbuka agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan saat memakannya.


4. Telur Pitan – Tiongkok



Sumber: Thoughtco.com


Telur pitan adalah telur yang diawetkan dalam campuran kapur, garam dan abu yang kemudian dilapisi dengan sekam nasi selama berbulan-bulan. Proses pengawetan ini membuat warna kuning telur berubah menjadi hitam pekat, sedang putih telur berubah warna menjadi kuning kecokelatan transparan. Selain warnanya yang unik, telur pitan juga memiliki bau yang menyengat separti belerang. Masyarakat Tiongkok biasa menikmati telur ini bersama minyak wijen, cuka beras atau kecap asin. Selain itu, telur pitan juga bisa diolah kembali dengan campuran bahan lainnya seperti tahu sutra dan sayuran.


5. Blood Sausage – Eropa



Sumber: Meatsandsausages.com


Blood sausage atau lebih dikenal dengan sosis berdarah adalah makanan yang terbuat dari darah segar. Biasanya sosis darah ini menggunakan darah sapi, babi atau domba yang dibekukan dengan cara direbus kemudian dibumbui minimalis dan dimasukkan ke dalam kulit sosis berukuran besar. Kulit sosis yang digunakan pun biasanya berasal dari usus hewan yang berisi lemak. Nantinya sosis berdarah yang sudah jadi dapat diolah kembali dengan beragam cara, seperti digoreng, direbus, atau dipanggang.


6. Casu Marzu – Italia



Sumber: Kompas.com


Casu marzu merupakan salah satu jenis keju yang terbilang cukup unik dan ekstrim untuk dimakan. Keju ini berasal dari susu domba yang sudah difermentasi dan berisi larva serangga yang masih hidup. Larva tersebut hidup di dalam keju berguna untuk memberikan rasa asam dalam kejunya. Meski makanan ini sangat populer di Italia, namun bagi sebagian besar negara menganggap makanan ini ilegal dan berbahaya. Karena larva yang terdapat pada keju ini bisa sulit dicerna dan hidup berkembang biak dalam perut. Sehingga bisa menyebabkan muntah dan diare berdarah.


7. Mata Ikan Tuna – Jepang



Sumber: Liputan6.com


Di Jepang, bola mata ikan tuna yang seukuran bola tenis lazim menjadi makanan pembuka atau camilan ringan. Makanan unik ini bahkan banyak dijual secara komersial di supermarket. Hal ini bukan tanpa alasan masyarakat Jepang gemar mengonsumsinya. Diketahui mengonsumsi makanan ini bisa bermanfaat untuk stamina tubuh. Sehingga seseorang yang rajin mengonsumsi bola mata ikan tuna bisa lebih produktif dalam beraktivitas sehari-hari. Kamu berani mencobanya?


8. Escamol – Meksiko



Sumber: Nationalgeographic.grid.id


Escamol atau lebih dikenal dengan caviar serangga menjadi makanan yang populer di Meksiko. Makanan ini terbuat dari larva dan kepompong semut yang diambil dari tanaman. Meski begitu, larva semut ini sebenarnya sulit ditemukan karena tergolong jenis semut berbisa. Tak heran jikan makanan ini dianggap sebagai hidangan yang khas di negara tersebut. Rasanya gurih dan asin mirip seperti perpaduan keju, margarin dan kacang-kacangan. Escamol paling cocok disantap dalam taco khas Meksiko.


9. Marmite – Australia



Sumber: Dailyedge.ie


Marmite, selai berwarna kecokelatan yang terbuat dari ekstrak ragi. Marmite sebenarnya merupakan sisa-sisa bir yang memiliki tekstur kental seperti bubur. Aromanya yang khas dengan rasa gurih yang unik membuat selai ini banyak dikonsumsi dengan roti panggang. Selai berwarna kecokelatan ini biasanya dijadikan sebagai menu sarapan oleh masyarakat Australia. Selain gurih dan enak, selai ini juga diklaim sebagai superfood yang memiliki kandungan bernutrisi tinggi. Selain di Australia, makanan unik juga populer di Inggris dan Selandia Baru.


10. Hati Kobra – Vietnam



Sumber: Scmp.com


Mendengar namanya tentu sudah dapat diketahui kalau makanan ini berasal dari hati kobra. Namun, yang membuat unik dan agak ekstrim adalah cara pengambilan hati kobra yang masih dalam keadaan hidup. Kobra yang masih hidup akan dibelah dan diambil hatinya untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan khasiat hati kobra yang dipercaya lebih bekerja efeknya jika dikonsumsi dalam keadaan masih berdetak. Makanan ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Vietnam, terutama untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.


Itu dia 10 makanan terunik di dunia yang nyeleneh tapi banyak disukai dan dikonsumsi. Kalau kamu kira-kira tertarik tidak mencoba makanan-makanan di atas? 


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?