Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

10 Negara Penghasil Keju Terbesar di Dunia, Indonesia Masuk Tidak Ya?

List Artikel
29 Maret 2022 | 0 Komentar

Keju menjadi salah satu kuliner khas barat yang dibuat dari bahan utama susu. Keju sangat disukai karena memiliki cita rasa yang gurih dan asin dengan tekstur yang bermacam yakni ada yang lunak dan ada yang padat. Keju bertekstur lunak kebanyakan adalah jenis keju muda sementara keju tua punya tekstur yang agak padat. Keju bisa disantap begitu saja, tapi banyak orang yang lebih suka mengolah keju menjadi isian sandwich, campuran saus pasta, topping pizza atau lasagna, hingga dijadikan campuran dalam kue, roti, hingga pastry. Berhubung keju banyak digunakan, hampir semua negara memproduksi keju sendiri di negara mereka. Dari banyaknya negara, ada sepuluh negara penghasil keju terbesar di dunia, yaitu:



Sumber: Curiositymag.com


1. Amerika Serikat

Negara penghasil keju terbesar di dunia yang pertama adalah Amerika Serikat. Negara ini bisa menghasilkan keju sebesar 5.950.000 ton. Hal ini karenakan Amerika punya dua negara bagian yang memproduksi banyak susu yakni Wisconsin dan California. Sayangnya jenis keju yang diproduksi di Amerika adalah keju industri, bukan keju klasik atau tradisional.

 

2. Jerman

Negara penghasil keju terbesar di dunia yang kedua adalah Jerman. Jerman ini dapat menghasilkan keju sebanyak 2.270.000 ton per tahunnya. Terdapat setidaknya 600 jenis keju yang dibuat di Jerman. Mulai dari keju klasik atau tradisional hingga keju hasil modifikasi. Jerman dinilai punya iklim yang sangat cocok untuk budidaya keju.

 

3. Prancis

Prancis adalah negara ketiga penghasil keju terbesar di dunia. Negara ini dapat menghasilkan keju sebanyak 1.919.000 ton per tahunnya. Melebihi Jerman, Prancis ini punya setidaknya 1000 jenis keju dari berbagai macam susu, mulai dari susu sapi hingga domba. Keju-keju di Prancis kebanyakan adalah keju klasik yang dibuat dengan cara tradisional. Masyarakat Prancis sangat suka menyantap keju sebagai teman cemilan saat minum wine.

 

4. Italia

Italia sudah dikenal sebagai negara asal pizza dan pasta yang keduanya ini dibuat dengan campuran keju di dalamnya. Jadi tak heran kalau Italia menjadi salah satu negara penghasil keju terbesar di dunia. Setiap tahunnya, Italia bisa menghasilkan keju sebanyak 1.310.000 ton. Keju di Italia memang banyak digunakan pada berbagai macam kuliner tradisional sehingga ada banyak industri pembuatan keju di negara ini.

 

5. Rusia

Selanjutnya ada Rusia yang masuk dalam salah satu negara penghasil keju terbesar di dunia. Negara ini dapat menghasilkan keju sekitar 970.000 ton per tahunnya. Rusia memiliki budaya pengolahan susu yang cukup populer di dunia. Jenis keju di Rusia sangat bervariasi dan kebanyakan adalah keju klasik yang resepnya diturunkan secara turun temurun. Salah satu keju yang populer dari Rusia adalah keju sosis.

 

6. Belanda

Negara penghasil keju terbesar di dunia selanjutnya adalah Belanda. Belanda ini bisa menghasilkan keju sebanyak 919.000 ton per tahunnya. Negara ini memiliki banyak jenis keju tua yang usianya bahkan bisa mencapai ratusan tahun lamanya. Keju yang diproduksi di Belanda kebanyakan adalah jenis keju klasik yang proses pembuatannya secara tradisional dan diwariskan secara turun temurun.

 

7. Polandia

Polandia menjadi salah satu negara di Eropa Timur yang memproduksi banyak keju. Di negara ini, bisa memproduksi keju sebanyak 874.000 ton per tahun. Polandia sudah mulai memproduksi keju sejak 5.500 tahun sebelum masehi. Terdapat berbagai macam jenis keju yang diproduksi di Polandia, tapi secara umum, jenis keju di sini terbagi menjadi dua, yakni keju bertekstur keras dan lunak. Keju bertekstur lunak banyak digunakan pada campuran makanan serta kue. Sedangkan untuk keju bertekstur keras banyak digunakan sebagai isian sandwich.

 

8. Turki

Turki menjadi negara yang tanpa diduga termasuk dalam sepuluh besar negara penghasil keju terbesar di dunia. Dalam setahun, Turki bisa memproduksi keju sebanyak 747.000 ton per tahunnya. Jumlah ini terbilang sangat besar melihat keju bukanlah salah satu makanan yang banyak dikonsumsi di Turki. Produksi keju di Turki mulai meningkat sejak tahun 2014 hingga saat ini. Hal ini dikarenakan keju banyak diekspor ke negara lain.

 

9. Kanada

Kanada juga masuk sebagai salah satu negara penghasil keju terbesar di dunia. Kanada memproduksi keju setidaknya 519.000 ton per tahunnya. Jenis keju yang banyak dikonsumsi di Kanada adalah keju cheddar, dadih, dan oka. Keju di Kanada kebanyakan bisa bertahan lebih lama alias lebih awet karena diproses dengan cara yang sangat higienis. Quebeq dan Ontario menjadi daerah di Kanada yang paling banyak memproduksi keju.

 

10. Spanyol

Negara penghasil keju terbesar di dunia yang terakhir adalah Spanyol. Spanyol memproduksi keju sebanyak 493.000 ton per tahunnya. Setidaknya ada sekitar 100 jenis keju yang diproduksi di Spanyol. Kebanyakan keju di Spanyol ini adalah jenis keju klasik yang berasal dari susu domba. Keju oleh pemerintah setempat dijadikan sebagai salah satu aspek budaya yang dilestarikan.

 

Itulah sepuluh negara penghasil keju terbesar di dunia yang perlu kamu ketahui. Buat kamu yang suka dengan keju, di bawah ini ada beberapa kedai atau kafe yang menyajikan menu dengan keju lezatnya. Nah, kalau kamu ingin makan makanan dengan olahan keju, bisa langsung mampir ke tempat-tempat di bawah ini!

Cheese Wheel

Foto Cheese Wheel
Foto Cheese Wheel
Foto Cheese Wheel

Master Cheese Pizza

Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza
Foto Master Cheese Pizza

Sliced Pizzeria

Foto Sliced Pizzeria
Foto Sliced Pizzeria
Foto Sliced Pizzeria

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?