Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

11 Daerah di Indonesia yang Namanya Berasal Dari Nama Sayuran

List Artikel
7 Mei 2020 | 0 Komentar

Selain untuk menyebut jenis sayuran, ternyata masyarakat kita juga menggunakan sebutan yang sama untuk menyebut suatu nama daerah. Baik itu desa, kecamatan atau pulau. Entah mana yang lebih dulu: nama daerah yang mengambil dari nama sayuran, atau nama sayuran yang mengambil dari nama daerah, tidak ada bukti pasti yang menjelaskan.


Sumber : Medium.com


Seperti contoh, siapa di antara kita yang tidak kenal Pulau Lombok? Pulau cantik dengan pantai-pantainya yang menggugah kita untuk senantiasa nabung agar bisa liburan ke sana ternyata memiliki nama yang sama dengan sebutan untuk bumbu dapur cabe. Di Jawa Tengah, penyebutan lombok lebih terkenal daripada cabe. Selain Pulau Lombok, ada beberapa tempat di Indonesia yang juga menggunakan nama sayuran dalam penyebutanya:


1. Pare

Peria atau Pare, sayuran yang terkenal dengan rasanya yang pahit ini, ternyata juga digunakan untuk nama sebuah daerah di Kabupaten Kediri, Jawa Timur, yang juga terkenal dengan kampung Inggrisnya.


2. Kangkung

Kangkung, sayuran yang sering kita jumpai di meja makan ini juga digunakan sebagai nama kecamatan dan desa di Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Sebuah desa di Kecamatan Mranggen, Demak,  Jawa Tengah juga menggunakan kata Kangkung untuk menamai daerah tersebut. Selain itu Kangkung sebuah desa di kecamatan Semendawai Barat, OKU timur, Sumatera Selatan, juga menggunakan nama Kangkung.


3. Bawang

Salah satu bumbu masak yang kerap menjadi kunci masakan ini, selain mempunyai sejarah penggunaan oleh manusia selama lebih dari 7.000 tahun, ternyata juga digunakan sebagai nama sebuah kecamatan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.


4. Terong

Terong, sayuran yang berasal dari India dan Sri Lanka ini, selain bermanfaat banyaj bagi kesehatan, juga digunakan sebagai nama desa di Kecamatan Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.


5. Bayam

Bayem atau Bayam, selain menjadi salah satu sayuran yang kaya akan zat besi yang terkenal lewat kartun Popeye, Bayemjuga digunakan sebagai nama desa di Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.


6. Jagung

Jagung sebagai tumbuhan penghasil karbohidrat ini ternyata juga digunakan sebagai nama sebuah desa di kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.


7. Jengkol

Jengkol, tumbuhan berjenis polong-polongan ini, yang bagi kebanyakan orang kurang digemari karena bau yang dihasilkannya, ternyata dijadikan nama sebuah desa di Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.


8. Labu

Labu atau Waluh adalah tumbuhan yang berasal dari benua Amerika, tetapi sekarang menyebar di banyak tempat yang memiliki iklim hangat. Salah satu desa di Kecamatan Puding Besar, Pulau Bangka, Bangka Belitung, menjadikan Labu sebagai nama desa mereka.


9. Kemangi

Kemangi adalah terna kecil yang daunnya biasa dimakan sebagai lalap. Aroma daunnya khas, kuat namun lembut dengan sentuhan aroma limau. Daun kemangi merupakan salah satu bumbu bagi pepes. Selain itu ternyata Kemangi menjadi nama sebuah desa di Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur.


10. Kacang

Kacang adalah istilah non-botani yang biasa dipakai untuk menyebut biji sejumlah tumbuhan polong-polongan. Sedang di Kecamatan X Koto Singkarak, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Kacang digunakan sebagai nama desa.


11. Semanggi

Semanggi adalah sekelompok paku air dari marga Marsilea yang di Indonesia mudah ditemukan di pematang sawah atau tepi saluran irigasi. Sedang di Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Solo, Jawa Tengah, Semanggi menjadi nama sebuah kelurahan.

 

Nah, itu dia beberapa daerah di Indonesia yang namanya berasal dari nama sayuran. Unik kan? Kira-kira adakah daerah atau desa di sekitar kamu yang juga menggunakan nama sayuran? Share di kolom komentar, ya!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?