Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

12 Masakan Indonesia Dari Ayam yang Nikmat dan Menggiurkan Lidah

List Artikel
10 Agustus 2021 | 2 Komentar

Dari sekian banyak jenis asupan protein, ayam merupakan salah satu bahan masakan yang paling banyak menjadi favorit. Selain mudah didapat, daging ayam juga mudah diolah menjadi berbagai menu masakan yang lezat. Masakan Indonesia dari ayam pun ada beragam dan beberapa bahkan sudah terkenal di seluruh dunia. Seperti sate ayam dan soto ayam yang sangat digemari orang luar negeri. Hampir setiap daerah memiliki resep dan olahan ayam khas tersendiri. Dimasak dengan berbagai jenis bumbu rempah khas Indonesia, inilah sederetan masakan Indonesia dari ayam yang rasanya nikmat nan menggiurkan!


1. Ayam Tangkap - Aceh



Sumber: Yummy.co.id


Ayam tangkep merupakan masakan Indonesia dari ayam khas Serambi Mekah, Aceh. Masakan ini berupa daging ayam yang diberi bumbu dan rempah yang sangat khas. Hal yang paling unik dan menjadi karakteristik masakan ini adalah beberapa helai daun yang digoreng dan disajikan bersamaan dengan ayam. Kebiasaan menyantap ayam tangkap sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Aceh.


2. Gulai Ayam - Padang



Sumber: Pinterest.com


Gulai ayam adalah masakan khas Sumatera Barat yang mudah ditemukan di setiap restoran padang. Untuk membuat gulai ayam bisa menggunakan ayam kampung ataupun ayam negeri. Masakan ini juga menggunakan beberapa rempah khas Padang yang membuat rasanya otentik. Rempah yang digunakan antara lain jahe, lengkuas, kunyit dan serai. Ditambah juga dengan daun salam, daun jeruk, dan daun kunyit, sehingga aromanya sangat harum dan menggugah selera.


3. Ayam Napinadar - Sumatera Utara



Sumber: Pinterest.com


Kuliner ayam yang satu ini biasanya dihidangkan pada pesta adat tertentu, seperti pesta pernikahan adat Batak. Kuliner ini berupa olahan ayam panggang yang disiram dengan saus khas yang terbuat dari darah ayam itu sendiri. Selain itu, kuliner ayam ini juga diberi merica khas Batak atau yang biasa disebut juga dengan andaliman, sehingga cita rasanya begitu otentik.


4. Ayam Kalasan - Jogjakarta



Sumber: Pinterest.com


Ayam kalasan atau ayam goreng kalasan merupakan menu masakan Indonesia dari ayam yang berasal dari Sleman, Jogjakarta. Ciri khas dari ayam goreng ini memakai ayam dengan bumbu ungkep yang sederhana. Rasanya gurih dan sedikit manis karena menggunakan gula jawa sebagai salah satu bahannya. Ayam kalasan biasanya dilengkapi juga dengan kremesan dan sambal untuk cocolannya.


5. Sate Ayam - Madura



Sumber: Pergikuliner.com


Sate ayam khas Madura terkenal nikmat karena bumbunya yang meresap hingga ke dalam daging. Sate madura memiliki ciri khas potongan daging ayam yang lebih kecil dibanding jenis sate lainnya. Sate madura biasanya dilengkapi dengan siraman saus kacang yang kental dengan kecap manis di atasnya. Kuliner ini paling cocok dinikmati dengan lontong biar semakin nikmat.


6. Ayam Penyet - Jawa Timur



Sumber: Pergikuliner.com


Ayam penyet adalah hidangan ayam goreng khas Jawa Timur yang berupa ayam goreng yang dipenyet atau diulek kemudian diberi sambal super pedas di atasnya. Biasanya ayam penyet disajikan bersamaan dengan lalapan segar, potongan mentimun, tahu dan tempe goreng. Perpaduan rasa antara asin, gurih dan pedas yang menyengat membuat hidangan ini begitu istimewa, khususnya di kalangan pecinta pedas.


7. Soto Ayam - Lamongan



Sumber: Cookpad.com


Soto ayam lamongan terkenal dengan kuahnya yang gurih dan segar. Soto berkuah kuning ini biasanya disajikan juga dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkapnya. Satu hal yang menjadi ciri khas dari soto ini adalah penggunaan koya udang yang tidak dimiliki oleh jenis soto lainnya. Soto ayam lamongan sangat mudah ditemukan di restoran maupun pedagang kaki lima.


8. Ayam Rica-Rica - Manado



Sumber: Selerasa.com


Ayam rica-rica merupakan salah satu hidangan ayam khas Manado, Sulawesi Utara. Kata ‘rica’ sendiri berasal dari bahasa Manado yang berarti pedas atau cabai. Ayam rica-rica memiliki cita rasa yang sangat pedas dengan sedikit manis. Bagi pecinta pedas biasanya ayam rica-rica akan dibuat dengan tingkat yang lebih pedas. Meskipun bercita rasa pedas yang membakar lidah, namun ayam rica-rica banyak diminati dan mudah ditemukan di setiap restoran khas Manado.


9. Ayam Cincane - Samarinda



Sumber: Merahputih.com


Ayam cincane adalah masakan yang berasal dari Samarinda, Kalimantan Timur. Masakan ini berupa ayam kampung yang dibaluri dengan bumbu rempah khas Samarinda kemudian dibakar. Ayam cincane biasanya dihidangkan pada acara-acara adat besar, seperti pesta pernikahan atau pesta penyambutan tamu kehormatan. Namun bisa hidangan bisa juga dijumpai di warung-warung makan di Samarinda.


10. Ayam Betutu - Bali



Sumber: Pergikuliner.com


Ayam betutu merupakan salah satu jenis masakan tradisional khas Bali, berupa daging ayam utuh yang dimasak dengan berbagai bumbu rempah untuk kemudian dipanggang. Keunikan dari makanan ini adalah cara membuatnya yang dilapisi daun pinang dan dipanggang dalam api sekam atau dikubur dalam tanah dengan bara api. Maka dari itu, dinamakan betutu yang berarti proses mengolah daging. Karena prosesnya yang memakan waktu delapan hingga sepuluh jam pengolahan.


11. Ayam Taliwang - Lombok



Sumber: Pergikuliner.com


Ayam taliwang merupakan kuliner ayam dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Untuk membuat kuliner ini biasanya digunakan daging ayam kampung agar bumbu meresap lebih merata. Daging ayam kampung dibakar dan kemudian dibumbui dengan saus yang khas. Ayam taliwang memiliki cita rasa pedas yang dominan dan gurih. Ayam taliwang biasanya disajikan juga bersama plecing kangkung.


12. Ayam Baboto - Papua



Sumber: Id.tastemade.com


Ayam baboto adalah salah masakan ayam khas dari Papua. Sekilas tampilan ayam baboto mirip seperti botok ayam atau pepes ayam, karena sama-sama dibungkus dengan daun pisang. Namun yang membedakannya adalah ayam baboto dibumbui dengan kacang kenari dan daun mint, serta terdapat campuran telur di dalamnya. Ayam baboto paling nikmat disantap dengan sambal goang khas Papua.


Itu dia berbagai olahan ayam khas Indonesia yang rasanya pasti enak karena penggunaan rempah-rempah yang kaya dan tentu rasanya tidak bisa Teman Kuliner temukan pada kuliner negara lain. Buat Teman Kuliner yang ingin mencoba aneka olahan ayam khas Indonesia lainnya, bisa kunjungi rekomendasi restoran di bawah ini!

Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur
Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur
Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Ayam Bakar Madiun

Foto Ayam Bakar Madiun
Foto Ayam Bakar Madiun
Foto Ayam Bakar Madiun

Ayam Keprabon Express

Foto Ayam Keprabon Express
Foto Ayam Keprabon Express
Foto Ayam Keprabon Express

Sate Ayam Kambing RSPP

Foto Sate Ayam Kambing RSPP
Foto Sate Ayam Kambing RSPP
Foto Sate Ayam Kambing RSPP

Taliwang Bali

Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali
Foto Taliwang Bali

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
SoOtKIxTeCPswyc
caughtleinak@gmail.com | 10 Aug 2021 pk. 06:24 PM
Foto user umum
JlGykSOT
caughtleinak@gmail.com | 10 Aug 2021 pk. 06:24 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?