Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

3 Cara Alami Menambah Vitamin dan Antioksidan Pada Minuman Kopimu

List Artikel
18 Juli 2019 | 0 Komentar

Kopi merupakan salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia selain teh. Rasanya hampir sebagian besar masyarakat Indonesia selalu memulai hari mereka di pagi hari dengan menyeruput secangkir kopi. Ketenaran kopi di Indonesia bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa alasan yang menyebabkan kopi sangat terkenal di Indonesia. Alasan yang pertama adalah karena kopi sangat mudah dijumpai di Indonesia dan harganya terbilang sangat murah, secara Indonesia merupakan negara keempat yang memproduksi kopi terbesar di dunia. Selain itu, minuman kopi saat ini punya banyak ragam variannya, mulai dari kopi hitam yang klasik, es kopi susu yang fenomenal, hingga kopi pandan serta kopi bunga yang aromanya sangat wangi. Tak hanya itu saja, kopi juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tapi tahukah kamu kalau manfaat kopi ini bisa dimaksimalkan lagi jika kamu menambahkan beberapa bahan alami. Ada tiga bahan alami yang bisa menambah kadar vitamin dan antioksidan yang ada pada minuman kopi, yaitu:
 

1. Jahe



Sumber : Lifeandneed.com


Bahan alami yang pertama adalah jahe. Tambahkan potongan atau irisan jahe ke dalam minuman kopimu. Jika kamu punya jahe bubuk, maka kamu bisa memasukkannya supaya bisa larut bersama dengan kopi. Jahe memiliki aroma yang wangi dan cita rasa yang agak sedikit pedas sehingga membuat rasa kopimu jadi berbeda. Jahe mengandung senyawa antioksidan yang sangat kuat dan senyawa anti-inflamasi sehingga bagus untuk tubuh. Ditambah lagi, jahe bisa mengurangi rasa sakit atau nyeri, menurunkan kolesterol, mengobati rasa mual dan membantu pencernaan menjadi lebih baik.  

 

2. Kayu Manis



Sumber : Homegrounds.com


Kayu manis dikenal sebagai rempah yang paling sering digunakan dalam aneka dessert dan minuman. Hal ini dikarenakan kayu manis memiliki aroma wangi yang sangat menyengat sehingga bisa membuat siapa saja terlena dan ingin langsung menyantap kuliner tersebut. Jika kamu menambahkan kayu manis pada kopimu, maka kamu bisa memberikan asupan vitamin dan antioksidan bagi tubuh. Perlu kamu ketahui kalau kadar antioksidan kayu manis ini tertinggi dibanding rempah-rempah lainnya. Dengan adanya kadar antioksidan yang tinggi, kayu manis bisa melindungi jantung dan otak, serta mencegah resiko penyakit kanker.

 

3. Cokelat



Sumber : Joburg.co.za


Hayo siapa yang suka menyeruput kopi dengan campuran cokelat di dalamnya? Ternyata kopi yang dicampur dengan cokelat ini bisa menambah kadar antioksidan pada kopi lho. Tak hanya itu saja, dalam cokelat juga terdapat kandungan zat besi yang bagus untuk kesehatan hati. Cokelat juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan juga mengatasi rasa depresi. Tapi ingat, cokelat yang digunakan ini adalah bubuk cokelat, bukan jenis cokelat lainnya yang sudah tercampur gula ya! Kamu bisa mencapurkan satu sendok makan bubuk kakao (bubuk cokelat) ke dalam secangkir kopi.

 

Itulah ketiga cara alami untuk menambah vitamin dan antioksidan pada minuman kopimu. Kamu bisa meraciknya sendiri ya di rumah, atau kamu juga bisa langsung menikmatinya di beberapa kedai kopi yang ada di bawah ini!

Giyanti Coffee Roastery

Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery
Foto Giyanti Coffee Roastery

Trafique Coffee

Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee
Foto Trafique Coffee

Caribou Coffee

Foto Caribou Coffee
Foto Caribou Coffee

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Meanwhile Coffee

Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee
Foto Meanwhile Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?