Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

3 Pewarna Alami Asli Indonesia yang Membuat Makanan Jadi Lebih Cantik

List Artikel
5 September 2018 | 0 Komentar

Bagi para pecinta kuliner, ada istilah dari mata turun ke perut. Meski memiliki cita rasa yang lezat, tapi visual dari sebuah makanan dan minuman sangatlah penting. Hal ini dikarenakan visual yang dihadirkan bisa membuat nafsu makan atau selerea makan kamu jadi bertambah. Tak jarang kan kamu jadi malas menyantap suatu makanan atau minuman karena tampilannya yang tidak apik. Untuk membuat tampilan kuliner jadi lebih cantik, biasanya dibutuhkan tampilan warna-warni yang menarik mata. Tak harus dengan pewarna buatan karena ada pewarna alami yang lebih sehat dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Di Indonesia ada 3 pewarna alami yang sering digunakan dalam sajian kuliner, yaitu:


1. Kunyit


Sumber : Food.detik.com


Rasanya penggunaan kunyit dalam kuliner khas Indonesia sudah tidak asing lagi. Kunyit merupakan salah satu rempah yang dikenal sebagai pewarna alami kuning dan orange yang cerah. Beberapa kuliner Indonesia yang diberi tambahan pewarna alami kunyit ini adalah nasi kuning, soto, opor, sayur kare, ayam goreng, dan masih banyak lagi. Kunyit tak hanya bisa membuat warna tampilan masakan jadi lebih cantik, tapi juga bisa bermanfaat bagi tubuh seperti mengurangi peradangan tubuh, radang usus, asam lambung, mengurangi gas pada pencernaan, mengurangi mual, meredakan diare, dan lain sebagainya.


2. Daun Suji


Sumber :Cookpad.com

 

Jika daun pandan identik sebagai pengharum aroma kuliner agar memiliki warna yang wangi, daun suji dikenal sebagai pewarna hijau alami yang sering digunakan pada jajanan tradisional Indonesia seperti kue dadar gulung, kue putu ayu, klepon, kue talam, surabi, hingga minuman cendol. Untuk mendapatkan warna hijau yang cantik dari daun suji, kamu cukup menggunakan air perasannya saja untuk dicampurkan ke dalam adonan makanan. Daun suji memiliki cita rasa dan aroma yang khas sehingga membuat sajian jajanan tradisional Indonesia jadi lebih terasa khas. Tak hanya itu saja, daun suji ternyata bisa mengatasi batuk, mengobati sipilis, leukimia, menurunkan gula darah, dan lain sebagainya.


3. Bunga Telang


Sumber : Shareloei.com


Terakhir ada bunga telang yang belakangan ini sedang popular dan banyak digunakan sebagai pewarna alami pada kuliner. Bunga telang merupakan tanaman yang bisa ditemukan di pekarangan dan tepi hutan karena tanaman ini sebenarnya termasuk tanaman liar. Bunga telang tumbuh di daerah-daerah tropis termasuk Indonesia. Hasil warna yang dihasilkan bunga telang adalah warna ungu yang sangat cantik sehingga sering digunakan pada campuran dessert seperti puding hingga kue. Tapi tak hanya itu saja, bunga telang juga biasa digunakan sebagai pewarna nasi dan juga minuman agar tampilannya jadi lebih cantik. Bunga telang dikenal bisa mengobati beragam penyakit, mulai dari bronchitis, batuk, infeksi tenggorokan, dan masih banyak lagi.


Itu dia tiga pewarna alami pada makanan yang asli berasal dari Indonesia. Beberapa diantaranya cukup mudah ditemui bukan? Nah, kalau kamu kepingin langsung makan makanan khas Indonesia yang punya warna-warna cantik dan alami, kamu bisa langsung datang ke restoran-restoran di bawah ini!

Mamadar Ayam Kaser

Foto Mamadar Ayam Kaser

Eng's Resto

Foto Eng's Resto
Foto Eng's Resto

Aromanis

Foto Aromanis
Foto Aromanis
Foto Aromanis

Marco Padang Grill

Foto Marco Padang Grill
Foto Marco Padang Grill

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?