Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Alasan Ilmiah Mengapa Kita Kerap Kali Ngidam Kuliner Manis

List Artikel
1 Februari 2020 | 0 Komentar

Kamu pernah tidak tiba-tiba merasa ingin menyantap kuliner manis sampai rasanya seperti orang yang sedang ngidam dan ketika sudah menyantap makanan manis, rasanya tubuh seolah bahagia dan merasa berada di surga. Bagi beberapa orang, terutama kaum hawa, ngidam kuliner manis rasanya sudah bukan hal yang asing lagi. Tapi ternyata ngidam makanan manis ini bisa dialami oleh semua gender, perempuan dan laki-laki. Kita seringkali tidak mau ambil pusing dan menganggap kalau seperti ini biasa terjadi. Siapa tahu kita memang sedang ingin menyantap makanan manis tanpa ada alasan apapun. Tapi tahukah kamu kalau ternyata ketika kita ngidam kuliner manis itu ada alasan ilmiah di baliknya. Coba cek dulu apa saja alasan ilmiahnya!



Sumber : Pergikuliner.com 


1. Tubuh Sedang Kekurangan Asupan Gula

Alasan ilmiah yang pertama saat ngidam kuliner manis adalah karena ternyata tubuhmu ini sedang kekurangan asupan gula alias kadar gula dalam tubuh sedang menurun sehingga kamu butuh kuliner manis yang bisa memberikan asupan gula ke dalam tubuh. Bagaimana kita mengetahui kalau tubuh sedang kekurangan asupan gula? Biasanya orang yang kadar gulanya sedang menurun akan merasa lemas. Sebaiknya ketika hal ini terjadi, konsumsilah cokelat karena cokelat bisa membuat gula darah naik secara perlahan. Selain itu, cokelat juga bisa memberikanmu energi ekstra sehingga tidak tubuh merasa lemas lagi.

 

2. Lagi Stress

Alasan kedua orang ngidam kuliner manis adalah karena sedang stress alias banyak pikiran. Ketika sedang stress, maka tubuh menginginkan sesuatu yang menghibur dan hal itu bisa kamu dapat dari menyantap kuliner manis. Kadar gula serta kandungan dalam kuliner manis ternyata bisa membuat tubuh merasa lebih tenang dan nyaman. Biasanya kuliner manis yang dipilih saat sedang stress adalah cake atau minuman manis.

 

3. Mood Sedang Tidak Bagus

Selain karena sedang stress, orang-orang yang ngidam kuliner manis juga bisa dikarenakan mood yang sedang tidak bagus karena suatu hal. Coba saja kamu perhatikan, jika sudah menyantap kuliner manis, biasanya orang yang moodnya sedang tidak bagus akan merasa moodnya kembali baik. Hal ini dikarenakan kuliner manis bisa membangkitkan hormon endorfin dalam tubuh seseorang. Jadi wajar saja kalau setelah makan kuliner manis, maka suasana hatimu bisa menjadi lebih senang.

 

4. Sedang Lapar

Alasan yang terakhir adalah karena tubuh sedang merasa lapar. Loh kok malah ngidam kuliner manis? Saat tubuh sedang merasa lapar, maka kamu akan membutuhkan asupan karbohidrat yang bisa dicerna dengan cepat oleh tubuh. Salah satunya adalah gula. Jadi tak heran kalau tubuh akan mengirimkan sinyal untuk menyantap kuliner manis. Kalau penyebabmu ngidam kuliner manis karena lapar, sebaiknya kuliner manis yang dikonsumsi adalah cokelat atau biskuit.

 

Jadi, sekarang kamu sudah tahu bukan kalau ternyata ada beberapa alasan ilmiah mengapa kita kerap kali ngidam kuliner manis secara tiba-tiba. Kalau saat ini kamu jadi ngidam kuliner manis, mampir saja ke salah satu cafe atau toko kue yang ada di bawah ini ya!

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Pancious

Foto Pancious
Foto Pancious
Foto Pancious

The Pancake Co. by DORE

Foto The Pancake Co. by DORE
Foto The Pancake Co. by DORE

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Sollie Cafe & Cakery

Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery
Foto Sollie Cafe & Cakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?