Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Cara Membedakan Ramen Asli Jepang dan Ramen Fusion

List Artikel
27 Oktober 2022 | 2 Komentar

Meskipun jenis-jenis ramen asli Jepang disajikan juga dalam menu di tempat makan ramen halal favoritmu, belum tentu racikan dan resepnya asli Jepang. Bisa jadi ramen halal yang kamu santap adalah jenis fusion ramen. Fusion ramen adalah mie ramen Jepang yang sudah dimodifikasi baik dalam cara penyajian ramen, maupun resep dan rasa dari mie ramen tersebut. Nah untuk mengetahui apa ramen tersebut adalah mie ramen asli Jepang atau bukan. Inilah 4 cara mengenali mie ramen asli Jepang dan ramen fusion yang ada di tempat-tempat makan ramen saat ini:



1. Kenali dari Nama Menunya


Sumber: Pergikuliner.com


Ramen fusion menggunakan topping mie ramen sebagai pilihan dari menu mie ramen. Sedangkan, mie ramen asli Jepang menggunakan jenis kuah ramen sebagai nama menunya. Misalnya seperti miso ramen, tori paitan ramen, shio ramen, shoyu ramen, dan sebagainya.


2. Rasakan Perbedaan Cita Rasa dari Kuahnya



Sumber: Pergikuliner.com


Kuah ramen merupakan penentu enak atau tidaknya sebuah sajian mie ramen asli Jepang. Meski demikian, bukan berarti jenis mie ramen dan jenis topping ramen menjadi tidak penting. Tempat makan ramen yang menyajikan ramen fusion biasanya memiliki pilihan rasa kuah terbatas yang sudah dimodifikasi untuk beberapa pilihan menu ramen. Misalnya, menu curry ramen asli Jepang menggunakan kuah kaldu yang terbuat dari Japanese curry asli, sedangkan ramen fusion hanya menggunakan aroma curry pada kuah kaldunya.


3. Kenali Tekstur dan Rasa dari Toppingnya


 

Sumber : Pergikuliner.com


Topping tamago dalam mie ramen Jepang asli sangat mudah dikenali dibandingkan dengan ramen fusion. Sajian ramen fusion seringkali menggunakan topping tamago berupa telur rebus atau telur pindang biasa. Sementara, topping tamago dalam ramen asli Jepang memiliki tekstur yang lebih lembut dengan bagian kuning telurnya yang juga sangat lembut, baik disajikan setengah matang ataupun matang.


4. Kenali dari Jenis Mie yang Digunakan



Sumber: Pergikuliner.com


Mie ramen Jepang asli memiliki rasa dan teksturnya sangat khas, serta tidak mengandung telur dalam bahan pembuatnya. Mie ramen Jepang asli memiliki ciri khas yakni kualitas ramen yang terjaga dan berbeda dengan jenis mie lainnya. Biasanya ramen asli Jepang dibuat homemade dan fresh. Sementara, amen fusion biasanya kurang berkualitas karena menggunakan jenis mie di pasaran yang bukan khusus untuk ramen. Sehingga rasanya kurang dapat berpadu dengan kuah ramen. Mie untuk ramen berkualitas, teksturnya disesuaikan dengan jenis kuah yang dipilih.


Itu dia cara membedakan ramen asli Jepang dengan ramen fusion. Rasanya di Jakarta memang masih sedikit bingung untuk membedakan keduanya, daripada kamu semakin bingung PergiKuliner kasih rekomendasi tempat makan ramen di Jakarta yang rasanya otentik Negeri Sakura lho!

Bariuma Ramen

Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen
Foto Bariuma Ramen

Echigoya Ramen

Foto Echigoya Ramen
Foto Echigoya Ramen
Foto Echigoya Ramen

Marutama Ra-men

Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men
Foto Marutama Ra-men

Ramen For The Soul

Foto Ramen For The Soul
Foto Ramen For The Soul
Foto Ramen For The Soul

Topik artikel ini:
2 Komentar
[ ... ]
Foto user umum
Sayang kok gak dikasih resep
gabrielsang999@yahoo.com | 07 Aug 2018 pk. 03:04 PM
Foto user umum
Sayang gak dikasih resep ramennya
gabrielsang999@yahoo.com | 07 Aug 2018 pk. 03:05 PM

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?