Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Hal yang Harus Kamu Tahu tentang Menu Ikan Pembawa Hoki di Hari Imlek

List Artikel
2 Februari 2016 | 0 Komentar

Ikan merupakan salah satu kuliner yang wajib disantap saat perayaan tahun baru China alias Imlek. Bagi orang China, ikan bukan hanya sekedar enak dan bergizi, tapi juga melambangkan keberuntungan serta hal yang positif. Dalam bahasa China, bunyi 'yu' yang berarti 'ikan' mirip 'yu' yang bermakna surplus atau berlebih. Orang China senang jika ada kelebihan di akhir tahun karena mereka percaya bisa memperoleh lebih banyak di tahun berikutnya. 


Ada beberapa jenis ikan yang biasa disajikan saat Imlek karena persamaan bunyi dengan kata-kata yang bermakna baik, seperti Crucian Carp (jiyu) yang karakter pertamanya terdengar seperti 'jee' (keberuntungan). Chinese Mud Carp (liyu) juga mirip 'li' (hadiah) saat diucapkan. Ikan lele (nianyu) yang bermakna surplus (tahun surplus). Berikut empat hal yag harus kamu tahu tentang menu ikan di hari Imlek:


1. Makan ikan pada dua malam berturut-turut

Orang China biasa memakan satu ikan di malam pergantian tahun dan satu ikan keesokan harinya. Bisa juga menyantap satu ikan yang dibagi menjadi bagian atas (untuk malam tahun baru) dan sisanya (untuk tanggal 1 di tahun baru). Kedua cara ini dipercaya melambangkan harapan akan surplus dari tahun ke tahun.


2. Ikan disajikan utuh tidak dipotong

Ikan yang disajikan saat Imlek bisa dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng. Semua metode memasak boleh dilakukan asalkan ikan dimasak dalam keadaan utuh alias tidak dipotong-potong. Orang China yakin bahwa ikan yang disajikan utuh adalah simbol kemakmuran.


3. Dimakan paling terakhir dan tidak sampai habis

Ada beberapa kepercayaan mengenai ikan menurut orang China seperti, ikan sebaiknya dimakan terakhir dan tak sampai habis, karena diharapkan setiap tahun akan mendapat surplus.


4. Letak kepala ikan menyimbolkan penghormatan

Selain itu, menyajikan ikan yang benar saat Imlek adalah dengan meletakkan kepala ikan ke arah tamu terhormat atau sesepuh untuk menyimbolkan rasa hormat. Lalu dua orang yang menghadap kepala dan ekor ikan harus minum dan makan lebih dulu karena dipercaya membawa kemujuran. Baru setelah itu yang lain boleh menyantap hidangan yang tersaji di atas meja.


Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

The Hook Resto & Cafe

Foto The Hook Resto & Cafe
Foto The Hook Resto & Cafe
Foto The Hook Resto & Cafe

Seafood City By Bandar Djakarta

Foto Seafood City By Bandar Djakarta
Foto Seafood City By Bandar Djakarta

Talaga Sampireun

Foto Talaga Sampireun

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?