Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Hal yang Membuat Secangkir Cappucino Begitu Nikmat

List Artikel
17 September 2019 | 0 Komentar

Kopi menjadi salah satu minuman yang paling disukai di dunia. Ada beberapa alasan mengapa orang sangat menyukai minuman kopi. Alasan utamanya adalah karena kopi memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dibanding minuman lainnya. Alasan lainnya adalah karena manfaat yang diberikan karena kopi bisa meningkatkan konsentrasi, membuat daya ingat meningkat, menghilangkan rasa kantuk, mencegah stress dan masih banyak lagi. Selain alasan-alasan tersebut masih ada alasan utama lainnya yakni karena ada banyak varian minum kopi yang bisa kamu pilih, mulai dari espresso, latte, americano, moccacino, hingga cappucino. Berbicara tentang cappucino, kamu tahu tidak hal-hal apa yang membuat cappucino tersebut terasa lezat? Simak penjelasan di bawah ini yuk!



 Sumber : Pergikuliner.com


1. Komposisi Pembuatan Cappucino

Hal pertama yang menentukan kelezatan dari cappucino adalah dari komposisi bahan pembuatannya. Bahan dasar dari pembuatan cappucino ini adalah kopi dan susu. Meski hanya dibuat dari dua bahan utama, tapi komposisi pembuatan cappucino ini sangat menentukan cita rasanya. Untuk mendapatkan cita rasa cappucino yang lezat, perbandingan takarannya harus sama yakni 1/3 espresso, 1/3 susu hangat, 1/3 busa susu.

 

2. Aroma dan Rasanya

Hal yang kedua adalah saat mencium aromanya dan mencicip cita rasanya. Aroma cappucino yang lezat ini memiliki aroma wangi kopi yang semerbak dan juga ada wangi susunya. Sementara untuk citarasanya, berhubung perpaduan komposisinya ini sama, maka sudah pasti rasa kopi dan susu harus seimbang. Jangan sampai ada salah satu yang dominan. Rasa kopi yang pahit harus tetap terasa dan rasa susu yang creamy dan lembut juga harus terasa. Dengan begitu, minuman cappucinomu akan terasa sempurna.

 

3. Punya Campuran Susu yang Lembut

Seperti yang sudah dikatakan di atas, cappucino merupakan perpaduan dari kopi dan susu. Susu yang digunakan ini adalah susu yang dihangatkan. Baiknya susu yang baru saja keluar dari lemari pendingin harus langsung dihangatkan dengan alat steamed. Cara ini bisa membuat susu memiliki tekstur yang lembut dan creamy. Proses steamed susu ini juga bisa membuat cita rasa susu jadi lebih manis alami.

 

4. Cappucino Akan Terasa Lebih Nikmat Jika Disajikan Hangat

Cappucino memang bisa disajikan dalam keadaan hangat dan dingin. Tapi tahukah kamu kalau ternyata cappucino ini bisa lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat. Di negara aslinya yakni Italia, cappucino selalu disajikan hangat. Hal ini dilakukan supaya aromanya masih terjaga. Meski cita rasanya nanti tidak jauh berbeda antara hangat dan dingin, tapi aroma cappucino hangat dan dingin berbeda.

 

Itulah beberapa hal yang menjadikan secangkir cappucino terasa begitu lezat. Jika sudah tahu, bagaimana kalau sekarang ngopi cappucino dulu yuk di salah satu kedai kopi ini!

Tanamera Coffee Roastery

Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery
Foto Tanamera Coffee Roastery

Anomali Coffee

Foto Anomali Coffee
Foto Anomali Coffee

Six Ounces Coffee

Foto Six Ounces Coffee
Foto Six Ounces Coffee

Dua Coffee

Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee
Foto Dua Coffee

Ardent Coffee

Foto Ardent Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?