Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Karakteristik Kopi, Pecinta Kopi Pemula Wajib Tahu!

List Artikel
12 November 2020 | 0 Komentar

Kopi selalu saja menjadi bahan perbincangan hangat yang kerap kali dibicarakan banyak orang karena minuman ini sangat populer, tak hanya di kalangan orang tua saja, tetapi juga di kalangan anak muda. Kopi seolah sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan setiap harinya. Kopi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Meski diolah menjadi varian kopi yang sama, misalkan sama-sama dibuat menjadi espresso, cappuccino, latte, atau varian kopi lainnya, tapi jika dibuat dari biji kopi yang berbeda, maka karakteristik nya juga akan berbeda. Karakteristik kopi bisa dipengaruhi dari beragam faktor, mulai dari asal daerah, cuaca setempat, hingga pengolahannya. Karakteristik kopi terbagi menjadi empat bagian yakni body, acid, flavor, dan aroma. Untuk lebih jelasnya lagi, langsung simak saja penjelasannya di bawah ini!



Sumber: Pergikuliner.com

Aroma

Karakteristik kopi yang utama adalah aroma nya. Aroma merupakan wangi yang bisa kamu hirup saat biji kopi digiling dan diseduh. Aroma merupakan karakter kopi yang penting karena awal pemilihan kopi favorit biasanya didasarkan dari aroma. Jika sudah suka aroma dari kopi tersebut, barulah kamu akan mencobanya kemudian. Aroma kopi ternyata bisa diterima oleh indera penciuman kita melalui dua mekanisme, yakni pada saat mencium aromanya saat digiling dan diseduh atau dinamakan secara retonasal. Sedangkan mekanisme yang satunya lagi terjadi saat kopi sudah berada dalam mulut atau sudah ditelan. Saat meminum kopi, aromanya juga akan ikut terbawa dan Senyawa Volatil yang menimbulkan aroma ini dapat menguap ke atas melalui saluran nasal atau tenggorokan. Beberapa contoh aroma kopi adalah earty, spicy, floral, nutty, dan lain sebagainya.


Body

Karakteristik kopi selanjutnya adalah body. Body ini menjadi karakteristik kopi yang akan dirasakan ketika kamu meminumnya. Jadi body adalah rasa ketebalan saat kopi bersentuhan dengan lidah dan langit-langit mulut. Ketika kita meminum kopi, akan ada rasa dan tekstur yang ditinggalkan kopi pada lidah dan langit-langit mulut. Inilah yang dinamakan body. Body bisa diukur dari tingkat ringan hingga berat, dari yang light hingga bold. Body kopi biasanya kebanyakan dipengaruhi dari proses pemanggangan. Proses pemanggangan kopi yang dipanggang secara medium dan pekat akan memiliki body yang lebih berat dibandingkan kopi yang dipanggang ringan.  


Acid

Acid atau yang dikenal dengan sebutan keasaman merupakan karakteristik kopi yang berhubungan dengan kecerahan dan sensasi rasa yang ada pada bagian tepi lidah. Jadi keasaman kopi ini tidak ada kaitannya dengan kadar asam atau pH ya teman kuliner! Biasanya biji kopi terbaik akan memiliki tingkat acid yang rendah sehingga cita rasanya bisa terasa lebih nikmat. Kopi yang tingkat asamnya terlalu tinggi bisa membuat cita rasa kopi jadi berkurang kenikmatannya. Kopi yang punya keasaman tinggi akan memiliki cita rasa yang terlalu tajam dengan after taste yang lebih bersih alias rasa kopi dalam mulut cepat hilang. Sedangkan kopi yang keasamannya rendah akan memiliki rasa halus di mulut dan cenderung bertahan lebih lama rasanya. Tingkat keasaman pada kopi ini dipengaruhi dari lahan yang digunakan untuk menanam kopi serta dipengaruhi dari tingginya suhu pemanggangan dan jenis pemanggang.

 

Flavour

Karakteristik kopi yang terakhir adalah flavour. Flavour ini adalah cita rasa dari kopi itu sendiri saat dirasakan oleh indera perasa lidah kita. Sebenarnya flavour ini bisa berbeda-beda di lidah karena tergantung dari preferensi masing-masing orang. Beberapa contoh flavour pada kopi adalah citrus, cocoa, berrys dan lain sebagainya. Tak berbeda jauh dari ketiga karakteristik kopi di atas, flavour ini juga dipengaruhi dari tanah perkebunan kopi serta cuaca. Misalkan saja pada kopi kintamani Bali akan ada aroma dan flavour buah-buahan karena memang ditanam dekat dengan perkebunan buah.


Itu dia empat karakteristik kopi yang wajib kamu tahu sebagai pecinta kopi. Untuk kamu yang ingin memperdalam ilmu tentang kopi, tentu pengetahuan dasar ini sangat dibutuhkan bukan? Nah, setelah mengetahui karakteristik kopi, sekarang waktunya teman kuliner mampir ke coffee shop rekomendasi Pergikuliner dan setelah itu tuliskan review kamu berdasarkan karakteristik kopi yang kamu minum ya!

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Clave Coffee Shop

Foto Clave Coffee Shop
Foto Clave Coffee Shop
Foto Clave Coffee Shop

Chief Coffee

Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee
Foto Chief Coffee

Roast Coffee

Foto Roast Coffee
Foto Roast Coffee
Foto Roast Coffee

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?