Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Kesalahan Umum yang Banyak Dilakukan Saat Memasak Nasi

List Artikel
10 Maret 2019 | 0 Komentar
Siapa yang tidak menyantap nasi setiap harinya? Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak boleh ketinggalan disantap setiap harinya. Ibaratnya belum makan namanya jika perut belum kemasukan nasi. Menjadi makanan pokok bagi masyarakat Indonesia, nasi yang terbuat dari beras ini harus selalu tersedia di atas meja sehingga kamu harus memasaknya setiap hari. Memasak nasi memang terdengar mudah untuk dilakukan, tapi tidak semua orang bisa melakukannya. Tak sedikit yang gagal memasak nasi sehingga nasi tidak matang, masih keras atau masih lembek. Untuk dapat memasak nasi dengan sempurna, PergiKuliner akan mengungkapkan beberapa kesalahan umum yang paling banyak dilakukan orang saat memasak nasi sehingga kamu tidak akan mengulanginya lagi, yaitu:

Sumber : Www.rd.com

1. Beras Tidak Dicuci
Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan adalah tidak mencuci terlebih dahulu beras yang akan mereka masak menjadi nasi. Beberapa orang melakukan hal tersebut karena menganggap kalau mencuci beras bisa menghilangkan kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, termasuk mineral dan vitaminnya. Anggapan ini tidaklah benar karena beras menyimpan debu dan kotoran di bagian luarnya sehingga harus kita cuci dengan bersih. Tapi jangan terlalu lama mencuci beras. Cukup membilasnya dengan air sebanyak dua kali sehingga vitamin pada beras tidak terlalu banyak terbawa dalam air cucian beras.

2. Memasak Nasi dengan Air Terlalu Banyak atau Sedikit
Kesalahan kedua yang paling banyak dilakukan adalah memasak nasi dengan takaran air yang tidak pas yaitu bisa kebanyakan atau terlalu sedikit. Jika memasak beras dengan air yang terlalu banyak pasti bisa membuat nasi menjadi lembek. Sedangkan jika beras dimasak dengan air yang sedikit bisa menjadi keras atau tidak matang. Cara untuk memastikan air yang digunakan pas adalah dengan mencelupkan jari telunjuk di atas beras. Jika airnya sudah mencapai ruas pertama jari telunjukmu, maka air yang kamu gunakan sudah pas.

3. Menambahkan Garam 
Hal yang satu ini penting sekali kamu ingat. Kita sering menginginkan hasil nasi yang masak dengan cita rasa gurih sehingga tak sedikit di antara kita yang menambahkan garam saat memasak nasi. Padahal dengan menambahkan garam pada beras saat dimasak akan membuat nasi yang dihasilkan menjadi lebih lembek dan mudah hancur karena di dalamnya terjadi reaksi kimia yang membuat nasi memiliki tekstur lembek meskipun sebenarnya nasi belum matang dengan sempurna.

4. Membuka Penanak Nasi Sebelum Waktunya
Pasti ada beberapa di antara kita yang memiliki sifat tidak sabaran sehingga ketika memasak nasi dengan menggunakan rice cooker atau alat penanak nasi, mereka tidak sabar membuka penanak nasi saat sudah berganti warna. Dengan langsung membukanya lalu mengaduk-aduk nasinya setelah tombol warna berganti menjadi mode warm, nasi belum matang dengan sempurna. Tunggulah selama 5-10 menit terlebih dahulu supaya nasi bisa matang dengan tekstur yang sempurna.

Setelah membaca artikel ini, kesalahan-kesalahan saat memasak nasi ini jangan sampai diulangi lagi ya teman PergiKuliner! Tentunya agar nasi yang kamu masak menjadi lebih nikmat dan sempura dong. Nah, untuk kamu yang terlalu malas dan tidak mau repot memasak sendiri, kamu bisa kok mampir ke beberapa tempat makan yang menjual nasi sebagai menu utama mereka berikut ini ya! Dipastikan cita rasanya lezat lho.

Kembang Tandjoeng

Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng
Foto Kembang Tandjoeng

Remboelan

Foto Remboelan
Foto Remboelan
Foto Remboelan

Nasi Goreng Batavia

Foto Nasi Goreng Batavia
Foto Nasi Goreng Batavia

Nasi Uduk Bu Sum

Foto Nasi Uduk Bu Sum
Foto Nasi Uduk Bu Sum

Nasi Bebek Sinjay

Foto Nasi Bebek Sinjay
Foto Nasi Bebek Sinjay
Foto Nasi Bebek Sinjay

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?