Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Manfaat Membungkus Makanan dengan Daun Pisang!

List Artikel
18 Maret 2019 | 0 Komentar
Daun pisang sangat lekat sekali dengan image makanan Indonesia. Bukan sebagai bahan utama masakan, tetapi sebagai bahan pembungkus makanan. Daun pisang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai pembungkus serta wadah makanan dikarenakan pohon pisang sangat mudah ditemukan sehingga sejak dulu sudah sering digunakan untuk membungkus makanan sebelum adanya kertas, strerofoam, dan alat pembungkus makanan lainnya. Penggunaan daun pisang sebagai pembungkus makanan sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kita, beberapa di antaranya adalah:


Sumber : Pergikuliner.com

1. Ramah Lingkungan
Manfaat yang pertama adalah ramah lingkungan. Penggunaan daun pisang sebagai bungkus makanan bisa mengurangi penggunaan sampah plastik yang bisa merusak lingkungan. Daun pisang sangat mudah diurai sehingga bisa mengurangi pemanasan global. Selain itu, dengan menggunakan daun pisang, makanan bisa terhindar dari pencemaran bahan kimia yang ada pada plastik dan juga bungkus sterofoam.

2. Memiliki Kandungan Antioksidan
Pada daun pisang, ada kandungan antioksidan alami seperti polifenol sehingga pada saat makanan disajikan di atas daun pisang, maka makanan bisa menyerap kandungan antoksidan pada daun pisang sehingga tubuh jadi lebih sehat dan terhindar dari beragam macam penyakit yang menyerang.

3. Membuat Makanan Jadi Lebih Lezat
Siapa yang sering memperhatikan kalau makanan yang disajikan dengan daun pisang pasti rasanya akan jauh berbeda. Hal ini dikarenakan pada daun pisang terdapat lapisan lilin alami yang ketika dipanaskan akan menimbulkan aroma wangi yang khas sehingga bisa meningkatkan cita rasa makanan jadi lebih lezat.

4. Lebih Higienis dan Bebas Kuman
Buat kamu yang menyangka kalau penggunaan daun pisang sebagai bungkus atau alas makanan tidak higienis, hal tersebut salah lho. Dibanding piring yang sudah dicuci dengan sabun cuci piring, daun pisang yang dicuci dengan air mengalir jauh lebih higienis dan bebas kuman karena daun pisang hanya bisa digunakan satu kali saja sehingga tidak ada kuman yang menempel akibat bekas makanan sebelumnya.  

Ternyata daun pisang ada banyak manfaatnya juga kan? Jika ingin membuktikan sendiri, kamu bisa mampir ke salah satu restoran yang ada di bawah ini untuk mencicip makanan yang dibungkus atau dialasi daun pisang ya!

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Pecel Pincuk Ibu Ida

Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida
Foto Pecel Pincuk Ibu Ida

Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati

Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati
Foto Nasi Uduk Kebon Kacang Puas Hati

Warung Mbak Lastri

Foto Warung Mbak Lastri
Foto Warung Mbak Lastri

Nasi Pecel Mbak Ira

Foto Nasi Pecel Mbak Ira

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?