Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Pasang Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Bersamaan

List Artikel
28 November 2018 | 0 Komentar
Tahukah kamu bahwa ada makanan yang akan memberikan manfaat yang berlipat ganda ketika dimakan bersamaan dibanding jika dimakan secara terpisah? Kombinasi makanan ini disebut food synergy. Prinsipnyanutrisi tertentu dalam suatu makanan dapat bekerja lebih baik di dalam tubuh ketika didukung oleh nutrisi lain yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa kolaborasi makanan yang bisa membentuk food synergy. Cek yuk list-nya!

1. Teh Hijau dan Lemon

Sumber : Pergikuliner.com

Teh hijau mengandung polifenol aktif yang disebut katekin, atau dikenal juga dengan epigallocatechin-3-gallate (ECGC), yang telah terbukti membantu memerangi sel kanker dan penyakit kardiovaskular. Hasil penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang minum setidaknya satu cangkir teh hijau setiap hari lebih kebal terhadap risiko penyakit kardiovaskular dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau. Penelitian ini diperkuat laporan dari Purdue University di Amerika yang menyebutkan bahwa menambahkan perasan sari buah lemon, jeruk nipis, atau grapefruit ke dalam secangkir teh hijau dapat membantu penyerapan teh hijau lebih baik di dalam tubuh.

2. Cokelat dan Apel

Sumber : Naturalfoodseries.com

Kolaborasi makanan lainnya yang bisa kamu coba adalah buah apel utuh lengkap dengan kulitnya dan cokelat hitam batangan. Kulit apel mengandung quercetin, yakni flavonoid bersifat anti radang yang membantu menangkal dan mempercepat pemulihan berbagai penyakit. Mulai dari serangan jantung, asma, katarak dan asam lambung. Coklat juga mengandung polfenol katekin yang merupakan antioksidan untuk membantu mencegah pengerasan arteri, yang bisa berujung pada serangan jantung. Nah, ketika keduanya dimakan bersamaan, maka senyawa-senyawa yang dikandungnya dapat memperbaiki kondisi pembuluh darah sekaligus menjaga kesehatan jantung.

3. Ikan dan Bawang Putih

Sumber : Pergikuliner.com

Jika selama ini Anda mengolah ikan dengan berbagai rempah dan bumbu masak, cobalah cara yang lebih sederhana yaitu hanya dengan menambahkan bawang putih. Bukan cuma menciptakan rasa yang lebih sedap, kombinasi makanan ini dilaporkan membantu berangsur-angsur menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dan trigliserida dalam tubuh ketika dimakan bersamaan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di University of Guelph di Canada. Pilihan lainnya, Anda bisa kunyah bawang putih mentah dan minum suplemen minyak ikan setelahnya. Jika merasa mual membayangkannya, Anda bisa memanggang bawang putih atau mengolahnya bersama makanan lain (misalnya tumis sayuran), barulah minum suplemen minyak ikan.

4. Bawang Bombay dan Kacang-kacangan

Sumber : Vemale.com

Sama halnya dengan ikan dan bawang putih, kombinasi makanan dari bawang bombay dan kacang-kacang juga sering muncul dalam sajian sehari-hari. Selain lebih enak, menggabungkan kedua makanan ini tanpa disadari memberikan manfaat yang lebih baik bagi kesehatan tubuh. Menurut sebuah studi tahun 2010 yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa sulfur dalam bawang bombay, bawang putih dan daun bawang bisa meningkatkan cara kerja tubuh menyerap lebih banyak zat besi dan seng dari makanan biji-bijian dan kacang-kacangan. Zat besi berperan besar untuk mengedarkan oksigen di sekujur tubuh. Itu sebabnya Anda bisa mudah kelelahan dan tidak fokus saat tubuh kekurangan zat besi.


Nah, itu dia empat kolaborasi makanan yang mampu memberikan nutrisi lebih untuk tubuh, sekarang kamu sudah tahu kan? Setelah membaca artikel ini jangan lupa mampir ke beberapa tempat di bawah ini ya, karena selain nikmat makanan-makanan ini juga menyehatkan lho!

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Lox Smoked Salmon

Foto Lox Smoked Salmon
Foto Lox Smoked Salmon
Foto Lox Smoked Salmon

Williams

Foto Williams
Foto Williams
Foto Williams

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Jamba Juice

Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice
Foto Jamba Juice

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?