Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Tips Makan Siang yang Sehat Agar Kenyang Lebih Lama

List Artikel
14 Desember 2016 | 0 Komentar

Selain sarapan pagi, makan siang juga sangat penting bagi tubuh karena makan siang merupakan sumber energi yang bisa kamu gunakan untuk seharian beraktivitas. Makan siang paling bagus dilakukan saat jam 12.30-13.00 karena pada jam tersebut perut dan otak kamu sedang benar-benar memerlukan asupan makanan. Umumnya manusia akan merasa lapar 4-5 jam setelah makan, jadi jika kamu makan siang dengan waktu yang tepat yakni pada jam 12.30-13.00, maka normalnya perut kamu baru mulai merasa lapar sekitar pukul  16.30 lebih. Tapi bagaimana jika mulai jam 14.00, perut kamu sudah merasa lapar? Hal ini bisa jadi ada yang salah dengan makan siang kamu. Buat kamu yang ingin makan siangmu terasa kenyang lebih lama, PergiKuliner akan mengulas empat tips makan siang yang sehat agar kenyang lebih lama. Penasaran? Simak informasi lengkapnya berikut ini:



1. Menu Karbohidrat Kompleks


Sumber: pergikuliner.com


Karbohidrat kompleks tak hanya disarankan untuk menu sarapan, tapi juga makan siang. Asupan karbohidrat komplek selain menyehatkan juga sangat membantu perut kamu terasa kenyang lebih lama. Ada banyak jenis karbohidrat kompleks yang bisa kamu santap saat makan siang seperti beras merah, jagung, kentang, hingga kacang-kacangan yang kaya akan serat.



2. Protein



Sumber: pergikuliner.com


Tahukah kamu kalau tubuh itu mencerna protein lebih lambat dibandingkan jenis makanan lainnya sehingga menyantap lebih banyak protein bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Selain itu tubuh kamu juga akan terasa lebih berenergi. Pilih mengonsumsi ikan laut seperti salmon yang kaya akan asam lemak omega-3, ikan tuna, daging sapi, serta daging ayam. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan telur dalam makan siangmu.



3. Susu Rendah Lemak



Sumber: pergikuliner.com


Hal ini bukan berarti kamu harus minum susu saat makan siang, lho. Kamu bisa menyantap aneka produk olahan susu rendah lemak seperti keju atau yoghurt rendah lemak. Pilihan lainnya kamu bisa menjadikan puding sebagai pilihan dessert makan siangmu agar jadi lebih bervariasi.



4. Buah


Sumber: pergikuliner.com


Buah-buahan segar sangat penting disantap saat makan siang untuk membuat kamu kenyang lebih lama. Kandungan serat serta gula alami pada buah-buahan segar ini bisa menjadi cadangan energi dalam tubuh kamu karena gula dalam buah lebih lama diproses dalam tubuh, jadi tidak membuatmu cepat lapar. Jika tak suka makan buah begitu saja, kamu bisa memadukan dengan yoghurt rendah lemak.


Meaters

Foto Meaters
Foto Meaters
Foto Meaters

Paulaner Brauhaus

Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus
Foto Paulaner Brauhaus

The Larder at 55

Foto The Larder at 55
Foto The Larder at 55
Foto The Larder at 55

Ikkudo Ichi

Foto Ikkudo Ichi
Foto Ikkudo Ichi
Foto Ikkudo Ichi

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?