Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Tips Memilih Jamur yang Oke untuk Dikonsumsi

List Artikel
17 Juni 2019 | 0 Komentar
Tentunya kamu pasti sudah mengenal baik alias tidak asing lagi dengan jenis tumbuhan yang satu ini. Jamur merupakan jenis tumbuhan yang biasa dimanfaatkan sebagai komponen dalam pembuatan olahan berbagai makanan, contohnya untuk saus pasta, bahan campuran sup, dan bahkan sebagai sebagai camilan ringan. Jamur memiliki banyak jenis dan ragam yang dapat kamu temui di mana saja, seperti di pasar maupun di toko swalayan. Banyaknya jenis jamur inilah yang dapat mempengaruhi karakteristik tampilan yang berbeda dengan satu sama lain. Oleh karena itu, kamu harus pintar dalam memilih jamur yang oke untuk dikonsumsi. Kalau salah memilih, kamu bisa jadi keracunan loh. PergiKuliner akan memberikan beberapa tips memilih jamur yang oke dan baik untuk dikonsumsi. Yuk cek tipsnya!

 

Sumber : Bolastylo.bolasport.com


1. Warna Jamur yang Masih Bersih
Jamur yang bersih merupakan ciri jenis jamur yang masih terjaga akan kesegarannya. Pastikan kamu memilih jamur yang memiliki warna yang masih bersih tanpa ada noda, ya. Jangan pilih jamur yang memiliki noda seperti bercak cokelat, karena bisa jadi jamur tersebut sudah rusak atau sudah tidak segar lagi dan tidak layak untuk dikonsumsi. Oleh karena itu kamu harus teliti untuk mengeceknya, mulai dari payung jamur hingga batang jamur.

2. Payung Jamur yang Masih Menempel Sempurna
Untuk hal yang satu ini, kamu bisa memastikan kalau jamur tersebut dalam keadaan segar dengan cara melihatnya, yaitu apakah payung jamur tersebut masih menempel dengan baik pada batangnya atau tidak. Bila masih menempel dengan baik, maka jamur tersebut masih dalam kondisi yang baik dan segar alias berkualitas baik. Kualitas seperti itulah yang oke untuk diolah dan dikonsumsi.

3. Payung Jamur yang Masih Menempel Sempurna
Tips ketiga adalah cek aroma jamur. Jamur yang segar memiliki aroma yang khas dan sedap. Kalau aromanya tercium tidak enak atau berbau busuk, maka jamur tersebut memiliki tingkat kualitas kesegaran yang kurang baik. Hal itulah yang menyebabkan jamur menjadi tidak aman dan tidak layak untuk dikonsumsi serta dapat membuat tubuh kamu mengalami keracunan.

4. Cek Kelembapan Jamur dan Tidak Terkena Air
Kelembapan jamur merupakan salah satu aspek penting yang mempengaruhi kualitas pada jamur. Jangan memilih jamur yang berlendir dan lembab atau basah karena kualitasnya telah menurun. Hindari juga jamur yang memiliki bulir-bulir air pada permukaannya. Pilihlah jamur yang masih kering dan segar karena jamur tersebut dalam kualitas yang baik dan segar.

Sudah tahu kan tips dalam memilih jamur yang oke seperti apa? Selamat memilih! Jika kamu malas memilih dan memasak jamur sendiri, kamu bisa menikmatinya di salah satu dari beberapa tempat makan di bawah ini ya!

Warung Leko

Foto Warung Leko

Bakmie Aloi

Foto Bakmie Aloi
Foto Bakmie Aloi
Foto Bakmie Aloi

Mie Ayam Jamur Lily

Foto Mie Ayam Jamur Lily
Foto Mie Ayam Jamur Lily
Foto Mie Ayam Jamur Lily

O Jamur Resto

Foto O Jamur Resto

Istana Jamur

Foto Istana Jamur
Foto Istana Jamur

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?