Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

4 Tips yang Membedakan Gorengan yang Sehat dan Tidak!

List Artikel
3 Mei 2019 | 0 Komentar
Gorengan sudah menjadi favorit masyarakat Indonesia. Sama seperti sambal dan kerupuk, gorengan akan selalu tersaji di atas meja makan. Tak hanya cocok dijadikan sebagai lauk pauk, tapi gorengan juga sangat cocok dijadikan camilan. Di Indonesia, gorengan sangat mudah dijumpai, baik itu di pedagang kaki lima, kafe, hingga restoran. Gorengan terbagi menjadi dua jenis, yakni gorengan manis dan gorengan asin. Untuk gorengan manis seperti ubi goreng, pisang goreng, dan buah-buahan goreng lainnya. Sementara untuk gorengan asin, seperti bakwan, tahu goreng, tempe goreng dan lain sebagainya. Berhubung gorengan sangat banyak peminatnya, maka ada banyak orang yang memanfaatkan peluang ini untuk membuat gorengan yang tidak sehat. Supaya kamu bisa mengenali mana gorengan yang sehat dan tidak, cek dulu yuk beberapa tips yang ada di bawah ini!

 Sumber : Pergikuliner.com


1. Dari Segi Tampilan
Dari segi tampilan, gorengan yang tidak sehat memiliki tampilan yang lebih mengkilap dan warnanya tidak natural. Hal ini dikarenakan adanya campuran plastik di dalamnya sehingga gorengan bisa terlihat mengkilap. Setelah dingin tampilan gorengan akan memunculkan bintik-bintik putih yang terlihat agak samar. Sementara dari segi warna, gorengan yang tidak sehat, warnanya cenderung tidak natural alias sangat mencolok karena di dalamnya terdapat pewarna buatan yang tidak sehat. Contohnya saja seperti ubi yang memiliki warna sangat orange.

2. Dari Segi Aroma
Kalau dilihat dari segi aromanya, gorengan yang tidak sehat, aromanya berbau sangit seperti hasil pembakaran plastik. Aroma yang tidak enak ini bisa membuat cita rasa dari gorengan lebih berbeda. Supaya dapat mengetahuinya dengan lebih pasti, kamu bisa membelah gorengan tersebut, dan mencium bagian dalamnya. Biasanya aroma yang tidak enak ini dikarenakan minyak gorengan yang sudah tercampur dengan plastik.

3. Dari Segi Tekstur
Saat kamu memegangnya atau mengunyahnya, gorengan yang tidak sehat akan memiliki tekstur yang sangat renyah, garing dan kriuk. Apalagi jika sudah didiamkan selama berjam-jam alias tidak kamu santap saat masih panas. Saat dipegang, gorengan yang tidak sehat memiliki kadar minyak yang lebih banyak sehingga tanganmu akan terasa lengket saat menyentuhnya.

4. Dari Segi Cita Rasa 
Jika dirasakan, gorengan yang tidak sehat memiliki cita rasa yang cenderung agak pahit dan ada rasa lilin di dalamnya. Hal ini dikarenakan adanya bahan pengawet serta kandungan plastik yang ada di dalamnya. Sementara untuk gorengan yang sehat, aroma rempah dan bumbunya akan lebih terasa.

Nah, itu dia tips yang membedakan gorengan yang sehat dan tidak ya teman PergiKuliner. Sekarang kamu sudah tahu kan? Tidak semua gorengan itu membahayakan ya, karena semua itu tergantung dari bagaimana proses penggorengannya. Nah, bagaimana kalau sekarang kamu langsung santap saja yuk aneka gorengan yang nikmat ini!

Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur
Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur
Foto Ayam Goreng Kalasan Borobudur

Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik
Foto Pisang Goreng Madu Bu Nanik

Ayam Blenger PSP

Foto Ayam Blenger PSP
Foto Ayam Blenger PSP
Foto Ayam Blenger PSP

Bollo Bola Ubi Kopong

Foto Bollo Bola Ubi Kopong
Foto Bollo Bola Ubi Kopong

Ayam Gallo

Foto Ayam Gallo
Foto Ayam Gallo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?