Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Meninggalkan Kopi Instan

List Artikel
20 November 2020 | 0 Komentar

Kopi menjadi minuman kegemaran banyak orang. Dari sekian banyak penggemar kopi, beberapa di antaranya sangat suka mengonsumsi kopi instan. Kopi instan merupakan kopi siap saji yang tinggal langsung seduh. Biasanya di dalam kopi instan sudah terdapat gula dan krim atau campuran bahan lainnya. Orang menyukai kopi instan karena praktis. Kamu tak perlu repot-repot menakar dan menambahkan bahan tambahan di dalamnya. Kopi instan memang dijual dalam bentuk sachet yang pas untuk satu porsi. Kopi instan muncul pertama kali pada perang dikarenakan para tentara butuh asupan kafein yang praktis. Meski terdengar sangat praktis, tapi sebaiknya kamu mulai meninggalkan kopi instan dan beralih pada kopi segar. Ada lima alasan mengapa kopi instan layak untuk ditinggalkan demi kopi segar, yaitu:

 


Sumber: Pergikuliner.com


1. Kopi Instan Bukanlah Kopi Murni, Tapi Hanya Minuman Bercitarasa Kopi

Alasan yang pertama mengapa kamu harus meninggalkan kopi instan dan beralih ke kopi segar adalah karena kopi instan bukanlah kopi murni. Kopi instan dibuat dari beragam jenis campuran bahan di dalamnya dan kandungan murni kopinya hanya sekitar 20% saja, sisanya adalah perasa kopi yang menjadikan aroma kopinya jauh lebih kencang. Berbeda dengan kopi segar yang dibuat dari biji kopi pilihan yang dipanggang dan digiling sehingga aroma dan cita rasa kopinya masih sangat segar.


2. Kopi Instan Tidak Mengandung Antioksidan

Kopi seharusnya sangat kaya akan manfaat di dalamnya, tapi tidak dengan kopi instan. Salah satu manfaat kopi adalah mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa menangkal radikal bebas, mencegah penuaan, dan lain sebagainya. Pada kopi instan, kandungan antioksidan ini tidak dapat kamu temukan, secara kopi instan sudah melalui berbagai macam proses tak alami dengan tambahan bahan kimia di dalamnya. Ditambah lagi kandungan kopi dalam kopi instan ini kurang dari 20%.


3. Kopi Instan Sangat Tinggi Kandungan Gulanya

Hal lainnya yang patut kamu waspadai ketika mengonsumsi kopi instan secara rutin adalah kopi instan ini sangat tinggi kandungan gulanya sehingga jika dikonsumsi terus menerus bisa berakibat pada risiko diabetes dan obesitas. Sebagian besar kopi instan dijual dalam kemasan yang di dalamnya sudah terdapat campuran gula dan krim. Gula buatan yang digunakan ini tentu saja bisa berdampak pada kesehatanmu nantinya. Sedangkan pada kopi segar, kamu bisa menakar sendiri atau memilih untuk less sugar jika tidak ingin seduhan kopi yang terlalu manis.


4. Kopi Instan Tidak Memberikan Kenikmatan Menyeduh Kopi

Alasan lainnya mengapa kamu harus meninggalkan kopi instan dan beralih ke kopi segar adalah karena kopi instan ini tidak memberikanmu kenikmatan saat menyeduh kopi. Kopi instan hanya bisa diseduh dengan satu metode saja, yakni diseduh begitu saja dengan air panas. Berbeda dengan kopi segar yang bisa diseduh dengan mesin espresso, manual brew, Vietnam drip, dan masih banyak lagi. Ditambah lagi, dalam penyeduhan kopi segar, suhu air panas juga bisa diatur untuk mendapatkan cita rasa dan aroma kopi yang berbeda.


5. Kopi Instan Tidak Memungkinkanmu Mengeksplorasinya

Alasan yang terakhir mengapa kamu harus segera beralih meninggalkan kopi instan adalah karena kopi instan tidak memungkinkanmu untuk mengeksplorasinya. Kopi instan biasanya hanya terdiri dari varian kopi hitam tanpa gula, kopi dengan gula dan krim, cappuccino, atau mochaccino. Berbeda dengan kopi segar, kamu tak hanya bisa nemilih metode penyeduhan, tapi juga jenis biji kopi yang digunakan. Seperti yang kita ketahui, beda jenis biji kopinya, meski diseduh dengan metode penyeduhan yang sama, maka aroma dan citavrasanya juga pasti berbeda.


Sekarang teman kuliner sudah tahu kan alasan mengapa kamu harus meninggalkan kopi instan dan beralih ke kopi segar. Nah, kalau teman kuliner ingin mencoba minum kopi dengan berbagai macam biji kopi dan melalui proses penyeduhan yang berbeda-beda, langsung aja yuk simak dan langsung datangi rekomendasi coffee shop dari PergiKuliner di bawah ini!

FC Coffee

Foto FC Coffee
Foto FC Coffee
Foto FC Coffee

Harlan + Holden Because Coffee

Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee
Foto Harlan + Holden Because Coffee

BROWNFOX Waffle & Coffee

Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee
Foto BROWNFOX Waffle & Coffee

Kopikalyan

Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan
Foto Kopikalyan

Crematology Coffee Roasters

Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters
Foto Crematology Coffee Roasters

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?