Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Isian Arem-arem yang Bikin Rasanya Jadi Berbeda

List Artikel
25 Februari 2021 | 0 Komentar

Arem-arem menjadi salah satu jajanan tradisional khas Indonesia yang memiliki citarasa asin gurih. Jajanan ini kerap kali disamakan dengan lontong dan lemper karena sama-sama berbentuk lonjong dengan bagian luar yang dilapisi daun pisang dan sama-sama dikukus. Padahal, sebenarnya arem-arem, lontong, dan lemper ini berbeda dari segi bahan pembuatan dan juga cita rasanya. Arem-arem yang dibuat dari beras dan santan memilikicitarasa yang cenderung lebih gurih dan asin. 

Selain citarasa gurih, ada tambahan rasa lainnya karena pada dasarnya citarasa arem-arem ini bisa berbeda-beda tergantung dari isian yang ada di dalamnya. Jadi meskipun sama-sama dibuat dari bahan dasar beras dan santan, tapi jika isiannya berbeda, maka rasa arem-arem bisa ikut berbeda. Terdapat setidaknya lima aneka isian arem-arem yang bikin rasanya jadi berbeda, yaitu:

 

1. Abon


Sumber: Brilio.net


Isian arem-arem yang paling banyak dijumpai adalah isian abon. Abon dipilih karena sangat simpel dan mudah dibuat. Hal ini dikarenakan rata-rata orang menggunakan abon kemasan yang tinggal langsung pakai. Arem-arem yang diisi dengan abon akan memiliki cita rasa gurih, asin, dan ada sedikit rasa manisnya. Ada beberapa jenis abon yang bisa digunakan, yakni abon sapi, ayam, dan ikan. Untuk teksturnya, bagian dalam arem-arem yang diberi isian abon akan cenderung kesat dan padat.

 

2. Ayam Suwir Opor



Sumber: Resep-arem-arem-enak.netlify.app


Selain abon, ada ayam suwir opor yang jadi isian arem-arem populer. Ayam suwir opor ini adalah ayam yang sudah direbus lalu disuwir dan dibumbui dengan bumbu opor sehingga nanti citarasanya akan menjadi gurih, asin, dan ada rasa creamy di dalamnya karena ada campuran santan. Opor ayam suwir ini sangat cocok buat teman kuliner yang suka arem-arem gurih. Hanya saja, arem-arem dengan isian opor ayam suwir ini tidak tahan lama. Jika disimpan dalam kulkas, arem-arem ini hanya bisa bertahan selama 1-2 hari saja.

 

3. Sayur-sayuran



Sumber: Begini.id


Buat yang sedang diet atau vegetarian, teman kuliner bisa memilih isian arem-arem sayur-sayuran. Arem-arem dengan isian sayuran ini sangat mudah didapat karena banyak digemari. Arem-arem dengan isian sayuran ini punya cita rasa yang gurih dan asin dengan tekstur yang kaya karena bercampur antara empuk dan renyah. Biasanya jenis sayuran yang digunakan sebagai isian arem-arem adalah kentang, wortel, daun bawang, dan daun seledri. Selain isian sayuran, di dalamnya juga kerap kali diberi tambahan soun atau bihun.


4. Sambal Goreng Ati



Sumber: Brilio.net


Selanjutnya ada sambal goreng ati. Isian sambal goreng ati ini sangat cocok buat teman kuliner yang suka arem-arem bercitarasa pedas. Hal ini dikarenakan sambal goreng ati dibuat dengan campuran bumbu pedas di dalamnya. Sesuai dengan namanya, sambal goreng ati ini menggunakan bahan utama ati. Bisa berupa ati sapi maupun ati ayam. Selain ati, biasanya ada tambahan kentang atau ampela di dalamnya. Selain pedas, arem-arem ini juga bercitarasa gurih dan asin.


5. Tongkol Suwir



Sumber: Begini.id


Terakhir ada tongkol suwir yang menjadi isian arem-arem dengan cita rasa gurih asin. Ikan tongkol yang digunakan ini harus dikukus terlebih dahulu, barulah disuwir-suwir lalu ditumis dengan campuran bumbu rempah. Bisa berupa bumbu balado maupun bumbu opor. Tapi kebanyakan orang menggunakan campuran bumbu balado yang cita rasanya pedas sehingga sangat menggugah selera. Selain tongkol, teman kuliner juga bisa menggunakan jenis ikan lainnya seperti ikan tenggiri, bandeng, tuna, dan lain sebagainya.


Itu dia lima aneka isian arem-arem yang bikin rasanya jadi berbeda. Diantara kelimanya teman kuliner suka arem-arem dengan isian apa nih? 

Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168
Foto Pangsit Mie & Lemper Ayam 168

Strawberry Pastel Ufo

Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo
Foto Strawberry Pastel Ufo

Dandy Co Bakery & Cafe

Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe
Foto Dandy Co Bakery & Cafe

Bakery Monami

Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami
Foto Bakery Monami

Dandy Bakery

Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery
Foto Dandy Bakery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?