Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Jenis Kue Dasar untuk Kue Ulang Tahun

List Artikel
29 September 2020 | 0 Komentar

Perayaan ulang tahun sangat identik dengan yang namanya kue ulang tahun. Rasanya tak akan lengkap perayaan ulang tahun tanpa adanya kue yang tersaji. Kue ulang tahun selalu disajikan dengan berbagai macam hiasan dan lilin yang menjadi pertanda pertambahan umur. Kue ulang tahun ini dibuat dari bahan dasar kue yang polos biasa, barulah diberi olesan selai atau siraman rum dan air gula lalu dilapisi dengan butter cream atau whipped cream dan diberi hiasan di atasnya, bisa berupa serutan cokelat, meises, keju, irisan buah-buahan, dan lain sebagainya. Kue dasar yang digunakan untuk kue ulang tahun ini bisa bermacam-macam jenisnya. Tapi dari sekian banyaknya jenis kue tersebut, ada lima yang paling sering digunakan sebagai kue ulang tahun, yaitu:


1. Sponge Cake



Sumber: Pinimg.com


Kue dasar pertama ada sponge cake yang paling sering digunakan. Sponge cake ini punya tekstur yang sangat lembut seperti sponge dan memiliki rongga yang cukup besar. Oleh karena itu dinamakan sebagai sponge cake. Tekstur lembut ini didapat dari adonan telur, gula, dan emulsif yang dikocok terlebih dahulu baru dimasukkan tepung dan margarin leleh. Sponge cake biasanya memiliki rasa vanilla, tapi ada juga yang membuatnya dengan rasa cokelat atau moca sehingga pilihannya jadi lebih bervariasi.


2. Chiffon Cake



Sumber: Nitrocdn.com


Chiffon cake sekilas memang tampak seperti sponge cake. Jika kamu pegang, teksturnya memang cukup lembut dan mirip dengan sponge cake. Hanya saja teksturnya agak lebih seret dan tidak berongga jika dibandingkan sponge cake. Cara pembuatannya juga berbeda karena putih dan kuning telur dikocok terpisah. Untuk putih telur dikocok sendiri bersama dengan gula. Sementara kuning telur dikocok sendiri bersama dengan margarin. Jenis chiffon cake yang paling banyak dijumpai pada cake dasar ulang tahun adalah chiffon pandan dan chiffon keju.


3. Butter Cake



Sumber: Tasteofhome.com


Selanjutnya ada butter cake yang juga banyak digunakan sebagai cake dasar ulang tahun. Butter cake punya tekstur yang lebih padat jika dibandingkan dengan kedua jenis kue di atas karena cara pembuatannya dengan mengocok margarin dan gula pasir terlebih dahulu, barulah ditambahkan telur ke dalamnya. Komposisi margarinnya juga lebih banyak. Selain untuk kue dasar ulang tahun, butter cake juga sering digunakan sebagai kue dasar cupcake.


4. Brownies



Sumber: Bettycrooker.com


Brownies ternyata tak hanya cocok disantap begitu saja, tapi juga bisa dijadikan sebagai kue dasar ulang tahun. Brownies memiliki cita rasa yang manis legit karena memang di dalamnya terdapat campuran aneka cokelat di dalamnya. Mulai dari cokelat bubuk dan cokelat batangan. Teksturnya cukup padat tapi lembut dan tidak seret meski rongganya kecil-kecil. Brownies biasanya dipadukan dengan kue ulang tahun yang dilapisi dengan pondant atau icing sugar.


5. Pound Cake



Sumber: Oneuponachef.com


Terakhir ada pound cake yang merupakan perpaduan dari sponge cake dengan butter cake. Pound cake dibuat dari bahan dasar tepung, gula, mentega, dan telur yang komposisinya sama rata alias 1:1:1:1. Tekturnya padar berisi tapi tetap lembut. Biasanya pound cake digunakan untuk jenis cake ulang tahun yang menggunakan icing sugar atau fondant karena lapisan kuenya padat sehingga tidak mudah berubah bentuk.


Itu dia beberapa jenis kue dasar yang biasa digunakan untuk kue ulang tahun. Dari kelimanya, mana nih yang jadi favorit kamu?

Tata Cakery

Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery
Foto Tata Cakery

Cakekinian

Foto Cakekinian
Foto Cakekinian
Foto Cakekinian

Sponji Traditional Spongecake

Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake
Foto Sponji Traditional Spongecake

Mionette Cakes & Dining

Foto Mionette Cakes & Dining
Foto Mionette Cakes & Dining

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?