Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Makanan dengan Sambal Matah yang Jadi Hits

List Artikel
3 Mei 2017 | 0 Komentar

Masyarakat Indonesia sangat akrab dengan yang namanya sambal. Sebagian dari mereka justru merasa tak lengkap jika makan tanpa ditemani sambal. Ada banyak sekali jenis sambal yang ada di Indonesia, mulai dari sambal terasi, sambal tomat, sambal dadakan, sambal mangga, hingga sambal matah. Sambal matah merupakan sambal khas Bali yang namanya sangat hits di Indonesia. Tak seperti sambal kebanyakan yang harus diulek terlebih dahulu atau dihaluskan sebelum disajikan, sambal matah justru dihidangkan dengan cara diiris-iris. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah bawang merah, cabai rawit, dan sereh yang diiris tipis-tipis lalu dikucuri air jeruk nipis dan minyak kelapa panas. Sambal ini memiliki cita rasa pedas, asam, segar, serta aroma wangi dari sereh. Sambal matah biasa disajikan dalam nasi campur khas Bali, namun sekarang kamu bisa menemukannya dalam aneka makanan di bawah ini!

 

1. Steak Sambal Matah



Sumber: amazonaws.com


Jika biasanya steak disajikan dengan siraman saus jamur atau saus BBQ, kamu bisa mencoba steak dengan sambal matah yang disajikan dengan kentang goreng dan sayuran rebus. Cita rasa daging steak yang lembut dan juicy sangat pas dipadu dengan sambal matah yang pedas. Selain menggunakan daging sapi, kamu juga bisa mengganti steak dengan daging ayam atau ikan seperti ikan tuna atau salmon yang kaya akan gizi.

 

2. Spaghetti Sambal Matah



Sumber: sashylittlekitchen.com


Buat yang sudah bosan menyantap spaghetti dengan varian saus yang itu-itu saja seperti saus carbonara, saus bolognaise, saus pesto, hingga aglio olio, kamu bisa coba spaghetti sambal matah yang pedasnya bikin kamu segar lagi. Pasta spaghetti yang sudah dimasak hingga al dente kamu campur dengan sambal matah yang sudah dibuat terlebih dahulu. Jika ingin ada tambahan proteinnya, coba tambahkan daging ayam potong atau udang agar cita rasanya jadi lebih mantap. 

 

3. Pizza Tuna Sambal Matah



Sumber: hungryhongkong.net


Tak ada yang mengira kalau kuliner Bali bisa dipadukan dengan kuliner Italia. Sambal matah dan pizza, siapa yang bisa menduga kalau perpaduannya bisa bikin lidah kamu ketagihan. Adonan pizza yang sudah diberi topping sayuran dan daging, kemudian dipanggang dalam oven hingga matang. Lalu sebelum disajikan, jangan lupa untuk memberi tambahan topping sambal matah yang masih segar di atasnya.

 

4. Donburi Sambal Matah



Sumber: pergikuliner.com


Tak hanya kuliner Italia saja yang bisa dipadukan dengan sambal matah, kuliner Jepang juga bisa loh. Ada donburi yang merupakan kuliner dengan penyajian nasi dan lauk di dalam satu wadah mangkuk. Jika biasanya donburi berisi daging teriyaki atau lidah sapi, kali ini kamu bisa mencoba untuk menambahkan sambal matah di atas nasi yang diberi lauk chicken katsu atau ikan dori karena perpaduannya lebih pas jika disantap dengan sambal matah.

 

5. Ayam Crispy Sambal Matah



Sumber: instagram.com


Belakangan, ayam crispy menjadi camilan favorit anak muda. Sebut saja ayam crispy ala Korea dengan bumbu pasta cabai, lalu ada ayam crispy dengan paduan lelehan mozarella, dan yang terakhir adalah ayam crispy dengan saus telur asin. Buat kamu yang ingin mencicip ayam cripsy dengan cita rasa yang berbeda, kamu bisa menyantapnya dengan saus matah yang citarasa pedasnya bisa meledak-ledak di mulut. 


Itulah dia beberapa aneka makanan dengan campuran sambal matah yang lagi hits. Kamu jadi kepingin mencoba aneka makanan dengan sambal matah atau sambal khas Bali lainnya? PergiKuliner sudah merekomendasikan beberapa restoran yang bisa kamu kunjungi di bawah ini! Jangan lupa ajak partner kuliner kamu ya!

Rempah Bali

Foto Rempah Bali
Foto Rempah Bali
Foto Rempah Bali

Warung Bali Bedugul

Foto Warung Bali Bedugul
Foto Warung Bali Bedugul
Foto Warung Bali Bedugul

Babi Guling Ko Made

Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made
Foto Babi Guling Ko Made

Fullstop

Foto Fullstop
Foto Fullstop
Foto Fullstop

Pigzzza

Foto Pigzzza
Foto Pigzzza
Foto Pigzzza

Mau tau dimana saja tempat makan enak di wilayah JABODETABEK, Bandung dan Surabaya? Cek pergikuliner.com dulu ya sebelum pergi kulineran!


Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?