Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Olahan Daging Khas Jawa Tengah yang Super Lezat

List Artikel
29 Oktober 2020 | 0 Komentar

Daging menjadi salah satu sumber protein yang wajib dikonsumsi karena tak hanya bisa memberikan energi tetapi juga beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di daerah Jawa Tengah, selain daging ayam, daging sapi dan kerbau paling banyak dikonsumsi. Pasalnya jenis daging-dagingan ini tidaklah sulit dijumpai. Berbicara tentang aneka olahan daging lezat, di Jawa Tengah ada banyak sekali ragam pilihannya. Tak hanya sebatas olahan sate dan soto saja yang bisa kamu jumpai, tapi juga ada beberapa aneka olahan daging lezat khas Jawa Tengah lainnya dengan citarasa yang tak kalah lezatnya. Dari sekian banyaknya aneka olahan daging lezat khas Jawa Tengah, lima di bawah ini yang paling populer dan banyak diburu, yaitu:


1. Nasi Gandul dari Pati



Sumber: Id.tastemade.com


Olahan daging lezat khas Jawa Tengah yang pertama adalah nasi gandul dari Pati. Kuliner ini kerap kamu jumpai di pedagang kaki lima hingga rumah makan yang ada di sepanjang jalan di Pati. Nasi gandul dibuat dari nasi yang disajikan dengan irisan daging sapi serta kuah khasnya. Daging tersebut dimasak dengan berbagai macam jenis rempah khas Indonesia. Ada belasan jenis rempah di dalamnya sehingga cita rasanya sangat unik dengan aroma wangi yang menggoda.


2. Singit dari Jepara



Sumber: Foodnesia.net


Olahan daging lezat khas Jawa Tengah berikutnya adalah singit yang berasal dari kota Jepara. Singit ini sekilas mirip dengan semur karena memang warnanya cokelat kehitaman. Tapi kuliner ini jelas berbeda dari semur karena di dalamnya terdapat campuran santan. Singit dibuat dari irisan daging sapi yang dimasak dengan rempah dan santan lalu ditambahkan kecap manis di dalamnya. Dengan begitu cita rasanya memiliki perpaduan antara rasa gurih asin dan manis sehingga cocok disantap dengan nasi putih hangat.


3. Sup Balungan dari Demak



Sumber: Idntimes.com


Sup balungan menjadi salah satu aneka olahan daging lezat khas Jawa Tengah, tepatnya dari Demak. Sesuai dengan namanya, kuIiner ini adalah sup yang di di dalamnya terdapat balungan atau tulang sapi. Tentu saja dalam balungan tersebut juga ada daging sapi di dalamnya. Di dalam sup balungan biasanya akan ada tambahan sayur-sayuran seperti wortel, kentang, dan daun bawang seledri. Cita rasa sup balungan ini sangat gurih dengan sensasi segar sehingga cocok disantap bersama nasi.

 

4. Tauto dari Pekalongan



Sumber: Resepkoki.id


Nama kuliner tauco memang tidak seterkenal beberapa olahan daging lezat khas Jawa Tengah lainnya. Tapi tauto asal Pekalongan ini punya cita rasa yang unik karena merupakan perpaduan dari kuliner China dan India. Untuk membuatnya, daging sapi yang sudah dipotong-potong dimasak dengan aneka rempah-rempah serta bumbu tauco. Untuk penyajiannya, biasanya tauto ini disajikan bersama dengan bihun dan irisan daun bawang seledri. Tekstur kuahnya sangat kental dengan cita rasa gurih dan sangat berempah.


5. Sayur Becek dari Purwodadi



Sumber: Nurulhenikhotimah.wordpress.com


Olahan daging lezat khas Jawa Tengah yang terakhir adalah sayur becek dari Purwodadi, tepatnya Grobogan. Mendengar namanya pasti kita mengira sayur becek ini adalah sayur bening yang dibuat dari sayur-sayuran. Padahal aslinya kuliner ini tidak menggunakan sayuran sama sekali, melainkan menggunakan bahan utama daging sapi atau kerbau yang masih ada tulangnya lalu dimasak bersama dengan air dan rempah-rempah selama berjam-jam hingga daging melunak dan bumbunya meresap.


Itulah lima aneka olahan daging yang lezat khas Jawa Tengah. Teman kuliner sudah pernah coba kelima jenis makanan ini? Nah, kalau kamu ingin mencobanya bisa langsung datengin tempat makan dengan makanan khas Indonesia rekomendasi Pergikuliner di bawah ini! 

Rawon Bar

Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar
Foto Rawon Bar

Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar
Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar
Foto Bakso Nyuk Nyang Aleang Makassar

Soto Kudus Senayan

Foto Soto Kudus Senayan
Foto Soto Kudus Senayan

Sate Khas Senayan

Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan
Foto Sate Khas Senayan

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?