Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Olahan Ikan Teri yang Tak Hanya Lezat Tapi Juga Bergizi

List Artikel
19 Desember 2018 | 0 Komentar
Indonesia memang dikenal akan kekayaan lautnya yang sangat melimpah sehingga hasil laut seperti ikan sangat mudah ditemukan. Salah satu jenis ikan laut yang paling sering kita jumpai adalah ikan teri yang memiliki bentuk sangat kecil dibanding jenis ikan-ikan lainnya. Keunikan dari ukuran ikan teri inilah yang membuatnya sangat populer. Meski memiliki ukuran yang kecil dan daging yang sedikit, tapi cita rasa ikan teri ketika dimasak sangat lezat lho. Di Indonesia, berhubung ikan teri sangat mudah ditemukan, maka harganya tergolong lumayan murah sehingga sering dijadikan bahan masakan. Coba simak dulu yuk beberapa olahan ikan teri yang sangat terkenal ini!

1. Sambal Goreng Teri Kacang

Sumber : Resepkoki.id


Pertama ada sambal goreng teri kacang yang menjadi lauk favorit orang yang suka menyantap kuliner pedas. Sesuai dengan namanya, kuliner ini memiliki campuran bahan utama teri dan kacang di dalamnya yang dimasak dengan bumbu sambal goreng. Sebelum dibumbui, teri dan kacang sudah terlebih dahulu digoreng hingga matang, baru kemudian dicampur rata bersama bumbu pedas. Sambal goreng teri kacang bisa awet hingga berhari-hari jika kamu menyimpannya dalam wadah tertutup.

 

2. Teri Sambal Ijo



Sumber : Cookpad.com


Sering makan di restoran Padang? Pastinya kamu pernah menyantap olahan teri sambal ijo yang memiliki cita rasa pedas, gurih dan asam karena di dalamnya terdapat campuran tomat hijau. Teri sambal ijo sebenarnya merupakan ikan teri yang digoreng hingga matang lalu dicampurkan ke dalam sambal ijo. Teri sambal ijo ini memiliki aroma yang sangat wangi sehingga menggoda kamu untuk menambah nasi ketika menyantapnya.

3. Pepes Teri


Sumber : Selerasa.com


Siapa bilang pepes yang terkenal hanya pepes ikan mas saja, pepes ikan teri juga banyak peminatnya lho. Jika pepes ikan mas biasanya memiliki tampilan warna yang kuning oranye karena ada campuran kunyit di dalamnya, pepes ikan teri justru berwarna putih pucat. Meski warnanya tidak terlalu menggoda, akan tetapi cita rasanya sangat menggoda. Pepes teri memiliki aroma wangi dan perpaduan rasa antara gurih dan pedas karena biasanya diberi tambahan cabai di dalamnya.

4. Nasi Bakar Teri Kemangi



Sumber : Resepmamalusi.wordpress.com


Selanjutnya ada nasi bakar teri kemangi. Dari namanya saja kamu pasti sudah bisa membayangkan aromanya yang sangat wangi karena menggunakan daun kemangi sebagai bahan campurannya. Ditambah lagi aroma dari daun pisang yang dibakar juga sanggup membuat olahan teri ini jadi lebih menggoda. Nasi bakar teri kemangi terbuat dari nasi yang di dalamnya diberi isian teri yang sudah ditumis dengan bumbu dan cabai kemudian ditambahkan kemangi lalu dibungkus daun pisang dan dibakar.
 
5. Rempeyek Teri

Sumber : Sajiansedap.grid.id

Terakhir ada rempeyek teri yang merupakan olahan teri dengan cita rasa gurih dan tekstur yang garing serta renyah. Rempeyek teri dibuat dengan campuran tepung beras di dalamnya sehingga teksturnya jadi lebih padat. Selain itu, biasanya rempeyek teri ditambahkan irisan daun jeruk sehingga aromanya bisa lebih wangi. Rempeyek teri bisa kamu jumpai di pasar tradisional atau di pusat jajanan oleh-oleh yang ada di daerah-daerah Pulau Jawa.
 
Nah, itu dia lima olahan ikan teri yang tak hanya lezat namun juga bergizi. Sekarang kamu sudah tahu kan? Nah, jika kamu juga termasuk ke dalam kategori pecinta kuliner ikan, boleh langsung datang ke salah satu tempat makan di bawah ini ya!

Ikan Nila Pak Ugi

Foto Ikan Nila Pak Ugi
Foto Ikan Nila Pak Ugi

Blue Jasmine

Foto Blue Jasmine

Ikan Bakar Cianjur

Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur
Foto Ikan Bakar Cianjur

Sulawesi@Mega Kuningan

Foto Sulawesi@Mega Kuningan
Foto Sulawesi@Mega Kuningan
Foto Sulawesi@Mega Kuningan

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?