Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Olahan Kurma yang Cocok untuk Menu Takjil

List Artikel
15 Mei 2020 | 0 Komentar

Kurma merupakan salah satu jenis buah yang sangat identik dengan bulan Ramadhan. Pasalnya kurma seringkali dijadikan sebagai menu berbuka puasa. Kurma memiliki rasa yang sangat manis alami dengan tekstur kenyal yang terasa nikmat di lidah. Selain rasanya yang enak, kurma juga memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Beberapa di antaranya adalah melancarkan pencernaan, menstabilkan gula darah, mencegah kanker, meningkatkan kesehatan otak, dan masih banyak lagi. Tapi kalau menyantap kurma begitu saja, pasti kamu akan merasa bosan. Kalau bosan, ada beberapa olahan kurma lainnya yang bisa kamu coba, yaitu:


1. Puding Kurma



Sumber: Akurat.co


Pertama ada puding kurma yang sangat cocok menu berbuka. Puding kurma dibuat dari bahan campuran kurma yang dipotong-potong lalu diberi tambahan agar-agar atau jelly. Puding kurma memiliki kandungan serat yang sangat tinggi sehingga bisa melancarkan pencernaan selama berpuasa. Untuk menambah asupan nutrisinya agar lebih kaya lagi, kamu bisa menggunakan susu saat membuat puding.


2. Cokelat Kurma



Sumber: Tribunnews.com


Berikutnya ada cokelat kurma atau kurma cokelat. Sesuai dengan namanya, cokelat kurma merupakan perpaduan dari buah kurma dan cokelat. Jenis cokelat yang digunakan bisa dark chocolate atau milk chocolate. Tapi dari keduanya, dark chocolate yang paling sering digunakan. Untuk membuatnya, lapisi atau celupkan saja kurma pada lelehan dark chocolate lalu bekukan. Dengan menggabungkan dark chocolate dan kurma, cita rasa dan teksturnya akan jadi berbeda.


3. Onde Kurma



Sumber: Cookpad.com


Onde kurma menjadi salah satu kuliner yang cocok untuk sajian berbuka. Jika biasanya onde-onde berisi kacang hijau, kamu bisa mengganti isian kacang hijau tersebut dengan irisan kurma. Tak perlu menambahkan gula pada onde kurma karena pada dasarnya kurma punya rasa yang sudah manis. Onde kurma memiliki cita rasa manis alami dengan tekstur yang lebih kenyal.


4. Smoothie Kurma



Sumber: Idntimes.com


Sekarang kita beralih ke minuman. Ada smoothie kurma yang cocok untuk minuman berbuka kamu. Smoothie kurma terbuat dari bahan utama kurma yang dihaluskan bersama dengan madu dan susu. Cita rasa smoothie kurma yang manis dan juga menyegarkan tentunya membuat buka puasa kamu makin nikmat. Jika bosan, kamu juga bisa menjadikannya smoothie bowl dengan menambahkan aneka kacang-kacangan serta biji-bijian di atasnya.


5. Kolak Kurma



Sumber: tribunnews.com


Terakhir ada kolak kurma. Kolak memang sangat identik dengan menu takjil untuk berbuka. Untuk membuat kolak kurma sebenarnya tak jauh berbeda dengan cara membuat kolak biasa. Kamu membutuhkan santan, gula merah, daun pandan, dan pastinya kurma yang bijinya sudah dibuang. Supaya ada variasinya, tambahkan irisan pisang kepok atau ubi ke dalamnya.

 

Itulah beberapa olahan kurma yang cocok untuk menu takjil berbuka. Dari semuanya, kira-kira mana yang jadi favoritmu?

La Mouette

Foto La Mouette
Foto La Mouette
Foto La Mouette

Puyo Silky Desserts

Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts
Foto Puyo Silky Desserts

Christy Pudding

Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding
Foto Christy Pudding

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?