Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Rempeyek yang Cocok Dimakan Bareng Nasi

List Artikel
30 Mei 2020 | 0 Komentar

Rempeyek atau yang juga dikenal dengan nama peyek merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang populer di seluruh daerah tanah air. Rempeyek termasuk dalam kategori camilan atau keripik karena bentuknya yang tipis serta tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Rempeyek dibuat dari bahan dasar tepung beras yang dicampur dengan tepung tapioka, santan, daun jeruk, serta bumbu halus seperti bawang putih, ketumbar, kencur, dan garam. Meski bahan-bahannya terlihat mudah didapat, tapi rempeyek ini terbilang agak sulit untuk dibuat karena membutuhkan teknik dan trik khusus. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih untuk langsung membelinya ketimbang membuatnya. Meski dinamakan cemilan, tapi pada kenyataannya rempeyek banyak disantap bersama dengan nasi. Alasannya adalah karena cita rasanya yang asin gurih sehingga cocok untuk pendamping nasi. Rempeyek punya beragam jenis dan lima yang paling populer, yaitu:


1. Rempeyek Kacang Tanah



Sumber: Resepkoki.id


Pertama ada rempeyek kacang tanah yang paling populer. Rempeyek kacang tanah dibuat dari campuran kacang tanah yang sudah dicuci terlebih dahulu lalu dipotong kasar atau dipotong dua dan dicampur dengan adonan rempeyek. Ada dua jenis rempeyek kacang, yakni yang tipis dan tebal. Rempeyek tebal ini lebih banyak dijumpai di daerah Jawa dengan nama peyek kacang. Meski tebal, tapi teksturnya empuk kok.


2. Rempeyek Rebon



Sumber: Grid.id


Berikutnya ada rempeyek rebon yang banyak dijumpai selain rempeyek kacang tanah. Rempeyek rebon dibuat dengan campuran udang rebon sehingga cita rasanya jauh lebih asin dan gurih jika dibandingkan dengan rempeyek kacang tanah. Sebelum digunakan, rebon sebaiknya dicuci terlebuh dahulu agar rasanya tidak terlalu asin. Setelah itu barulah dikeringkan sedikit agar tidak terlalu basah.


3. Rempeyek Udang



Sumber: Resepkoki.id


Sering makan di rumah makan Padang? Pasti kamu pernah menjumpai rempeyek udang. Rempeyek udang memang banyak dijumpai di rumah makan Padang karena memang menjadi salah satu lauk yang bisa kamu pilih di sana. Sesuai dengan namanya, rempeyek udang ini dibuat dari bahan dasar udang. Udang yang digunakan ukurannya bisa kecil hingga sedang. Berbeda dengan rempeyek kebanyakan, rempeyek udang ini lebih tebal dan tekstur garingnya tidak bertahan lama sehingga kamu harus segera menyantapnya setelah membelinya.


4. Rempeyek Kacang Ijo



Sumber: Islampos.com


Rempeyek kacang ijo juga cukup populer di kalangan masyarakat, terutama bagi yang tidak suka citarasa terlalu gurih asin seperti rempeyek rebon. Rempeyek kacang hijau punya tekstur yang lebih empuk kacangnya dan rasanya juga tidak terlalu asin. Untuk membuatnya, kamu wajib merendam kacang hijau terlebih dahulu semalaman agar teksturnya jadi lebih empuk setelah digoreng nantinya.


5. Rempeyek Kedelai



Sumber: Shopee.co.id


Terakhir ada rempeyek kedelai yang memang agak lebih jarang dijumpai dibanding jenis keempat rempeyek di atas. Tapi bukan berarti rempeyek kedelai tidak jadi favorit loh. Rempeyek kedelai banyak dijumpai di daerah Jawa, terutama Jawa Timur karena sering dijadikan pelengkap kuliner nasi pecel. Cita rasa dan tekstur dari rempeyek kedelai ini sebenarnya tak jauh berbeda dengan rempeyek kacang hijau karena kamu juga harus merendam kedelai semalaman sebelum mencampurnya dalam adonan rempeyek.


Ada banyak kan aneka jenis rempeyek yang ada di Indonesia. Selain kelimanya masih ada rempeyek tempe dan rempeyek sayuran seperti rempeyek bayam, rempeyek katuk, rempeyek wortel, dan lain sebagainya. Tapi dari kelima jenis rempeyek di atas, manakah yang paling sesuai dengan seleramu?

Makaroni Ngehe

Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe
Foto Makaroni Ngehe

Snack Zone

Foto Snack Zone
Foto Snack Zone
Foto Snack Zone

Magi Planet

Foto Magi Planet
Foto Magi Planet
Foto Magi Planet

Pisang Original

Foto Pisang Original
Foto Pisang Original
Foto Pisang Original

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?