Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Aneka Saus Pasta yang Paling Popular di Dunia

List Artikel
6 Agustus 2017 | 0 Komentar

Pasta merupakan kuliner khas Italia yang dibuat dari campuran tepung terigu, telur, minyak zaitun, dan garam yang kemudian diaduk menjadi satu lalu dibentuk dan dimasak dengan cara direbus dan diberi siraman saus. Selain dilihat dari tekstur kematangannya, penambahan saus akan menjadi kunci kelezatan dari pasta tersebut. Ada berbagai macam saus yang biasa disiram di atas pasta. Dari sekian banyak saus pasta yang ada di berbagai negara, ada lima yang paling popular di dunia karena cita rasanya yang mudah diterima di lidah dan pastinya terasa autentik. Ingin tahu ada saus pasta apa saja? Yuk, lihat list-nya!

 

1. Saus Bolognaise



Sumber: pergikuliner.com


Saus pasta pertama yang paling terkenal adalah saus bolognaise atau bolognese yang sangat identik dengan saus pasta tradisional khas Italia. Saus bolognaise ini memiliki warna kemerahan karena terbuat cincangan wortel, tomat, bawang bombay, daging cincang, daun basil, parsley, susu, air kaldu, merica, dan garam. Saus ini sering digunakan sebagai saus pada spaghetti, farfalle, dan ravioli.

 

2. Saus Marinara



Sumber: pergikuliner.com


Banyak yang salah mengenali saus marinara dengan saus bolognaise karena tampilannya sama-sama berwarna merah. Tapi coba kamu perhatikan dengan lebih jelas lagi, ada perbedaan warna di antara keduanya. Saus bolognaise berwarna lebih kecoklatan sementara saus marinara terlihat lebih merah. Hal ini dikarenakan penggunaan tomat segar pada saus marinara lebih banyak dibanding saus bolognaise. Selain itu, saus marinara tidak menggunakan daging cincang dalam resepnya.

 

3. Saus Alfredo



Sumber: pergikuliner.com


Saus alfredo adalah saus pasta yang memiliki rasa yang creamy karena saus ini terbuat dari campuran mentega, krim kental, bawang putih cincang, keju parmesan, dan cincangan daun parsley. Saus alfredo ini bisa dipadukan dengan daging ayam, bacon, smoked beef, udang, serta sayuran seperti jamur kancing. Saus alfredo biasanya dipasangkan dengan jenis pasta fettucini.  

 

4. Saus Carbonara



Sumber: pergikuliner.com


Sekilas saus carbonara terlihat mirip dengan saus alfredo karena sama-sama berwarna putih dan memiliki tekstur creamy. Tapi ternyata bahan-bahan keduanya sangat berbeda, creamy-nya carbonara tidak dihasilkan dari krim kental, melainkan dari telur. Bumbu-bumbu yang digunakan pada saus carbonara adalah bawang putih dan bawang bombay yang telah dicincang lalu diberi daging atau smoked beef dan dicampur dengan pasta. Saat masih panas-panas, pasta langsung dicampur dengan telur mentah dan keju parmesan sehingga teksturnya menjadi creamy.

 

5. Saus Pesto



Sumber: pergikuliner.com


Terakhir ada saus pesto yang tampil dengan warna hijau yang sangat menarik. Saus pesto ini terbuat dari daun basil yang masih fresh lalu dihaluskan atau ditumbuk lalu dimasak dengan minyak zaitun, keju parmesan, dan perasan lemon. Saus pesto bisa dipadukan dengan jenis pasta apasaja seperti spaghetti, fusilli, ravioli, dan lain sebagainya. Untuk menambah cita rasanya, terkadang ditambahkan protein seperti irisan daging ayam, daging sapi, atau udang.

 

Nah, itu dia beberapa aneka saus pasta yang popular di dunia. Setelah melihat saus-saus pasta yang ada di atas, perut kamu jadi lapar dan ingin menyantap pasta? Nah, bagaimana jika sekarang kamu langsung mampir sekalian kulineran ke salah satu tempat di bawah ini untuk mencoba pasta favoritmu!

Mamma Rosy

Foto Mamma Rosy
Foto Mamma Rosy

Pique Nique

Foto Pique Nique
Foto Pique Nique
Foto Pique Nique

Nanny's Pavillon

Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon
Foto Nanny's Pavillon

Beatrice Quarters

Foto Beatrice Quarters
Foto Beatrice Quarters

Fish Streat

Foto Fish Streat

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?