Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan Makanan Ini Paling Sering Dijadikan Olahan Sambalado

List Artikel
21 Januari 2023 | 0 Komentar

Indonesia dikenal akan kulinernya yang punya cita rasa pedas dan eksotis. Ada banyak sekali makanan yang dimasak dengan tambahan bumbu cabai sehingga cita rasanya jadi pedas. Jika makanan tersebut tidak menggunakan cabai, pasti nanti akan disajikan bersama dengan sambal. Makanan pedas rasanya tidak akan bisa lepas dari kebudayaan masyarakat kita. Pasalnya sejak kecil kita sudah diajarkan makan nasi dengan sambal. Jadi hal tersebut sudah menjadi kebiasaan. Apapun itu daerahnya, pasti selalu ada makanan yang dimasak dengan cabai atau yang juga disebut dengan nama sambalado. Dari sekian banyak bahan makanan yang dijadikan olahan sambalado, ada lima yang paling banyak digunakan, yaitu:

 

1. Kentang


Sumber: Masakapahariini.com


Pertama ada kentang yang paling sering dipadukan dengan bumbu sambalado. Coba kamu perhatikan, ada kentang ati balado, keripik kentang balado, hingga balado kentang petai. Kentang yang dijadikan balado harus terlebih dahulu digoreng agar bagian luarnya sedikit garing dengan tekstur bagian dalamnya yang tetap empuk. Sebelum digoreng, kentang harus dipotong kotak-kotak kecil terlebih dahulu atau dipotong potongan wedges.

 

2. Telur



Sumber: Cookpad.com


Telur menjadi salah satu bahan makanan yang paling sering dijadikan olahan sambalado. Telur yang digunakan kebanyakan adalah jenis telur ayam karena teksturnya yang lembut dan tidak keras jika dipadukan dengan bumbu sambalado. Ada dua jenis telur sambalado, yakni telur yang direbus dan digoreng mata sapi alias ceplok. Untuk telur mata sapi balado lebih banyak dijumpai di warteg, sedangkan untuk telur rebus balado banyak dijumpai di restoran Padang.

 

3. Ayam



Sumber: Doyanresep.com


Lanjut ke sumber protein hewani lainnya, yakni ayam. Ayam memang paling enak jika diolah dengan bumbu sambalado. Sama seperti telur, ada dua jenis ayam balado, yakni ayam goreng balado yang ayamnya digoreng terlebih dahulu dan ayam suwir yang ayamnya direbus lalu disuwir-suwir barulah dibumbui dengan bumbu balado.

 

4. Ikan



Sumber: Okezone.com


Berikutnya ada ikan yang juga enak jika dijadikan balado. Ada banyak sekali jenis ikan yang cocok dijadikan olahan sambalado. Mulai dari ikan kembung, ikan tongkol, ikan tuna, ikan nila, dan masih banyak lagi. Sebenarnya ikan apapun cocok dijadikan sebagai olahan sambalado. Hanya saja sebelum diolah jadi balado, ikan sudah terlebih dahulu digoreng hingga matang dan kering. Setelah itu barulah dibaluri dengan bumbu balado yang nikmat.

 

5. Terong



Sumber: Fimela.com


Terakhir ada terong yang menjadi salah satu jenis sayuran yang banyam dijadikan olahan sambalado. Ada dua jenis terong balado, yakni terong goreng balado dan terong rebus balado. Sesuai namanya, terong goreng balado harus digoreng terlebih dulu terongnya baru diberi sambalado. Sementara untuk terong rebus balado, terung harus direbus terlebih dulu. Keduanya sama-sama nikmat rasanya. Hanya saja untuk terong goreng balado banyak dijumpai di daerah Sumatera, sedangkan terong rebus balado lebih banyak dijumpai di pulau Jawa.

 

Selain kelimanya masih ada daging sapi, udang, cumi, teri, jengkol, teri, ati, serta tahu dan tempe. Nah, dari kelimanya di atas, mana yang paling sering kamu santap, nih?

Padang Merdeka

Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka
Foto Padang Merdeka

RM Pagi Sore

Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore
Foto RM Pagi Sore

Warung Leko

Foto Warung Leko
Foto Warung Leko
Foto Warung Leko

Waroeng SS

Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS
Foto Waroeng SS

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?