Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan Makanan yang Bisa Bikin Daging Kurban Empuk Disantap

List Artikel
22 Agustus 2018 | 0 Komentar

Perayaan Hari Raya Idul Adha atau juga dikenal dengan nama hari berkurban sehingga tak heran kalau menjelang perayaannya, kamu akan menemukan hewan-hewan kurban yang banyak dijual, tak hanya di daerah saja, tapi juga di Ibu Kota. Jenis hewan kurban yang biasanya dijual biasanya adalah sapi, domba, dan yang paling banyak adalah kambing. Rasanya tidak lengkap jika merayakan suatu hari besar tanpa adanya santapan kuliner khas yang tersaji di atas meja. Kuliner khas Idul Adha sudah pasti lekat dengan daging kambing, tapi untuk mengolah daging kambing ini membutuhkan trik khusus agar daging terasa empuk saat disantap. Lantas bagaimana caranya? Ternyata ada lima bahan makanan yang bisa kamu gunakan untuk menjadikan daging kurban, terutama daging kambing menjadi empuk. Ini dia bahan makanannya!


 

Sumber: Akamaihd.net


1. Daun Pepaya

Daun pepaya tidak hanya bisa untuk dijadikan olahan sayuran saja, tapi juga bisa dijadikan untuk mengempukkan daging kambing. Kandungan enzim papain yang ada dalam daun pepaya bisa memecah protein pada daging sehingga daging jadi lebih empuk. Caranya sangat mudah, kamu tinggal meremas-remas daun pepaya yang masih mentah lalu bungkus atau lumuri pada daging kambing dan diamkan selama 30 menit.

 

2. Buah Nanas

Mungkin sudah banyak orang yang tahu kalau buah nanas bisa untuk mengempukkan daging, terutama daging kambing. Untuk dapat membuat daging kambing empuk, kamu cukup memarut buah nanas lalu lumuri ke daging dan diamkan selama paling tidak 30 menit. Kandungan vitamin C yang ada pada buah nanas mampu memecah protein pada daging kambing sehingga teksturnya jadi lebih empuk setelah dimasak.

 

3. Jeruk Lemon

Kalau biasanya jeruk lemon kamu pergunakan untuk infused water, sekarang kamu bisa menggunakannya untuk dijadikan bahan pengempuk daging. Perasan air jeruk lemon yang kaya akan vitamin C ini bisa membuat tekstur daging lebih empuk, meski hanya dimasak dalam waktu sebentar. Tapi proses pengempukannya cukup memakan waktu karena daging harus direndam dalam perasan jeruk lemon selama satu jam lebih. Sebelum dipergunakan, daging harus dicuci terlebih dahulu agar rasa asam dari lemon tidak ikut.


4. Buah Kiwi

Buah kiwi memang tergolong cukup langka di Indonesia, tapi siapa sangka kalau buah asal New Zealand ini juga bisa membuat daging jadi lebih empuk. Buah kiwi mengandung zat actinidin yang mampu menjadikan tekstur daging kambing jadi lebih soft. Baluri daging dengan buah kiwi yang sudah dihancurkan dan diamkan selama 20 menit sebelum kamu olah menjadi masakan.


5. Tomat

Kalau ingin cari bahan yang lebih murah, kamu bisa menggunakan tomat yang juga bisa dengan mudah kamu temukan di penjual sayur gerobak. Kamu cukup menghancurkan tomat lalu membalurkannya ke daging dan diamkan paling tidak 40 menit sebelum dimasak. Saat mendiamkannya, taruh dalam wadah tertutup agar hasilnya bisa maksimal. Kamu bisa memutuskan untuk membilas terlebih dahulu daging atau tidak sebelum dimasak.  


Nah, itu dia bahan-bahan makanan yang bisa bikin daging kurban menjadi empuk dan lebih mudah untuk dimakan. Tapi, kalau kamu ke restoran-restoran di bawah ini, kamu nggak perlu repot-repot lagi lho!

Pondok Sate Surya

Foto Pondok Sate Surya
Foto Pondok Sate Surya
Foto Pondok Sate Surya

Chop Buntut Cak Yo

Foto Chop Buntut Cak Yo

Gerobak Betawi

Foto Gerobak Betawi

Sate Pancoran

Foto Sate Pancoran

Sop Kaki Kambing Bang Anen

Foto Sop Kaki Kambing Bang Anen
Foto Sop Kaki Kambing Bang Anen

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?