Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan Makanan yang Sering Dijadikan Olahan Gudeg

List Artikel
3 April 2019 | 0 Komentar

Siapa yang tidak kenal gudeg, kuliner khas dari Yogyakarta ini menjadi kuliner wajib coba saat kita sedang berlibur ke sana. Gudeg memiliki citarasa manis yang tergolong unik karena untuk membuat makanan ini dibutuhkan waktu berjam-jam hingga bahan makanan menjadi empuk dan bumbu yang digunakan meresap. Gudeg secara umum terbagi menjadi dua jenis, yakni gudeg basah dan gudeg kering. Untuk gudeg basah masih memiliki kuah areh yang kental sementara gudeg kering tidak memiliki kuah sehingga sering dijualdalam bentuk kemasan untuk oleh-oleh. Ada beberapa bahan makanan yang paling sering digunakan untuk membuat olahan gudeg, yaitu:


Sumber : Pergikuliner.com


1. Nangka

Pertama ada buah nangka yang paling umum dijadikan sebagai bahan olahan gudeg. Nangka yang digunakan haruslah nangka muda karena tekstur dagingnya masih sangat empuk sehingga cocok untuk dijadikan gudeg. Tapi sebelum dijadikan gudeg, nangka harus terlebih dahulu dihilangkan getahnya terlebih dahulu. Gudeg nangka paling mudah dijumpai karena harganya juga tergolong sangat murah.

 

2. Rebung

Rebung juga sering digunakan sebagai bahan olahan gudeg. Tapi rebung terbilang cukup sulit ditemukan di kota Yogyakarta karena memang cukup sulit untuk ditemukan. Kamu masih bisa menemukan gudeg rebung di beberapa penjual yang ada beberapa pasar tradisional. Rebung memiliki tekstur yang lebih padat dibanding nangka tapi tidak mudah hancur. Untuk cita rasanya memang lebih manis nangka dibanding rebung.

 

3. Telur

Telur juga sangat sering dijadikan olahan gudeg. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung, tapi ada juga beberapa pedagang yang menggunakan telur bebek sehingga cita rasanya jadi lebih gurih. Telur harus direbus terlebih dahulu lalu dikupas kulitnya, baru kemudian dimasak bersama dengan bumbu gudeg hingga warnanya menjadi kecoklatan.

 

4. Ayam

Gudeg ayam menjadi salah satu favorit banyak masyarakat. Ayam yang digunakan kebanyakan ayam kampung, tapi beberapa ada juga yang menggunakan ayam negeri. Hampir semua bagian ayam digunakan sebagai gudeg, tapi biasanya bagian yang paling banyak digemari adalah bagian dada, paha dan ceker ayam. Untuk gudeg ceker ayam, biasanya dijual secara terpisah karena tidak semua orang suka ceker ayam.

 

5. Manggar

Terakhir ada manggar yang mungkin terdengar asing di telingamu. Manggar merupakan bunga pohon kelapa yang masih muda. Sebelum dimasak, manggar harus dicuci dengan bersih terlebih dahulu dan direbus, baru kemudian dimasak bersama dengan bumbu gudeg. Cita rasa gudeg mangar lebih gurih dan teksturnya lebih kesat dan atas saat disantap. Gudeg manggar bisa kamu temukan dengan mudah di daerah Bantul.

 

Dari kelima bahan makanan yang sering dijadikan olahan gudeg di atas, kamu lebih suka menyantap yang mana nih teman PergiKuliner? Nah, jika sudah tak sabar ingin menikmati nikmatnya gudeg, kamu bisa coba langsung di beberapa referensi berikut ini ya!

Gudeg Sagan

Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan
Foto Gudeg Sagan

Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati
Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati
Foto Gudeg Yogya Bu Darmo / Bu Yati

Rantang Ibu

Foto Rantang Ibu

Rm Gudeg Jogja Bu Hani

Foto Rm Gudeg Jogja Bu Hani

Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo

Foto Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo
Foto Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo
Foto Nasi Gudeg & Liwet Cah Solo

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?