Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan Tambahan Pada Nasi Goreng yang Bisa Mengubah Total Rasanya

List Artikel
29 Juli 2023 | 0 Komentar

Nasi goreng merupakan salah satu kuliner khas Indonesia. Makanan ini sangat populer dan selalu menjadi menu yang wajib diicip oleh para wisawatan asing saat berkunjung ke Indonesia. Nasi goreng bagi masyarakat Indonesia banyak disantap sebagai menu sarapan dan juga makan malam. Nasi goreng sebenarnya dibuat dari nasi yang ditumis bersama dengan bumbu rempah. Ciri khas dari nasi goreng adalah nasi yang beraroma, tekstur, yang mawur, dan perpaduan rasa gurih, asin, dan manis. 


Biasanya nasi goreng menggunakan bumbu dasar bawang merah, bawang putih, dan cabai merah yang dihaluskan lalu ditumis bersama dengan garam dan kecap lalu ditambahkan telur, nasi, dan aneka sayuran. Uniknya, meski bumbu dasarnya hanya tiga jenis saja, tapi jika ditambahkan satu bahan lain saja, maka rasa dari nasi goreng bisa berubah. Lantas bahan apa saja yang bisa mengubah total rasa dari nasi goreng? Coba kita cek bersama yuk!

 

1. Terasi



Sumber: Kompas.com


Bahan tambahan pertama yang bisa mengubah total rasa dari nasi goreng adalah terasi. Terasi adalah salah satu bumbu masak khas Indonesia yang paling sering dijadikan tambahan pada sambal. Selain dijadikan bumbu sambal, terasi juga kerap kali dicampurkan pada bumbu masak seperti pada bumbu nasi goreng. Terasi sendiri merupakan bumbu masakan yang dibuat dari bahan dasar ikan atau udang rebon yang difermentasikan dalam waktu lama sehingga aromanya menjadi sangat khas. Nasi goreng yang ditambahkan terasi menjadi lebih wangi aromanya.


2. Pete



Sumber: Liputan6.com


Tidak hanya terasi, ada pete yang juga bisa mengubah total rasa pada nasi goreng. Pete merupakan jenis sayuran yang jika ditambahkan pada masakan akan membuat aroma dari masakan tersebut berubah menjadi lebih wangi dan khas. Jadi tak heran jika ditambahkan pada nasi goreng, maka akan membuat aroma dan rasa dari nasi goreng menjadi sangat berbeda. Pete yang dicampurkan ke nasi goreng harus diiris-iris terlebih dahulu supaya aromanya menjadi lebih wangi.


3. Kemangi



Sumber: Genpi.co


Selanjutnya ada daun kemangi yang jika ditambahkan pada masakan sudah pasti akan membuat aromanya menjadi lebih wangi. Tak heran jika kemangi sering ditambahkan pada aneka kuliner, termasuk nasi goreng. Berbeda dengan sayuran lainnya yang dimasukkan dan dimasak hingga matang, kemangi hanya perlu dimasak sebentar saja supaya teksturnya masih setengah matang.


4. Daun Jeruk



Sumber: Kompas.com


Sayuran lain yang juga bisa membuat nasi goreng memilki rasa berbeda adalah daun jeruk. Daun jeruk tidak hanya bisa ditambahkan pada sayuran berkuah saja, tapi juga cocok untuk dimasukkan ke dalam nasi goreng. Daun jeruk yang sudah diiris tipi-tipis akan dimasukkan bersama dengan bumbu nasi goreng yang kemudian ditumis hingga aromanya menjadi wangi. Nasi goreng yang ditambahkan daun jeruk akan memiliki sensasi rasa segar.


5. Teri



Sumber: Medkomtek.com


Bahan tambahan terakhir yang bisa mengubah rasa nasi goreng secara total adalah teri. Teri adalah jenis ikan laut yang memiliki rasa cukup asin. Biasanya teri akan difermentasikan dengan cara dijemur terlebih dahulu supaya tahan lama. Sebelum digunakan, ikan teri akan disiram air panas terlebih dahulu baru kemudian dicampurkan ke dalam bumbu nasi goreng untuk ditumis hingga matang. Nasi goreng yang diberi tambahan teri akan memiliki rasa yang sangat gurih dan asin.

 

Itulah beberapa bahan tambahan pada nasi goreng yang bisa mengubah total rasanya. Dari kelima bahan-bahan tersebut, manakah yang menurut Teman Kuliner punya rasa yang sangat khas? Kalau lagi kepengen makan nasi goreng, Teman Kuliner bisa mencoba mampir ke salah tempat makan yang menyediakan menu nasi goreng enak di bawah ini!

Nasi Goreng Bistik Liem

Foto Nasi Goreng Bistik Liem
Foto Nasi Goreng Bistik Liem
Foto Nasi Goreng Bistik Liem

Hoki Kitchen

Foto Hoki Kitchen
Foto Hoki Kitchen
Foto Hoki Kitchen

Tokito Kitchen

Foto Tokito Kitchen
Foto Tokito Kitchen
Foto Tokito Kitchen

Mak Gobang

Foto Mak Gobang
Foto Mak Gobang
Foto Mak Gobang

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958
Foto Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih Sejak 1958

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?