Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan Utama Pembuat Sambal Khas Indonesia

List Artikel
1 Oktober 2019 | 0 Komentar

Bagi masyarakat Indonesia, menyantap nasi tidak lengkap rasanya bila tidak ada sambal. Seperti yang kamu ketahui, sambal memiliki tempat tersendiri khususnya para pecinta sambal. Terlebih lagi, sambal memiliki citarasa yang khas dan sensasi yang unik seperti rasa pedas yang bercampur sedikit rasa asam, manis dan gurih. Perpaduan rasa itulah yang menyebabkan sambal dicintai oleh masyarakat Indonesia karena apapun makanannya, sambal turut menjadi pelengkapnya. Makanan tersebut diantaranya ayam goreng, ayam bakar, ikan goreng, ikan bakar, tahu dan tempe goreng, dan masih banyak lagi. Untuk menciptakan cita rasa sambal yang khas, dibutuhkan bahan-bahan pembuat sambal yang pastinya bisa kamu buat sendiri loh dirumah. Apalagi bahan-bahan yang dibutuhkan juga bisa kamu beli dimana saja, seperti pasar tradisional, atau di toko sayuran. Kira-kira apa saja ya bahan-bahan pembuat sambal? Yuk simak dibawah ini!

 

1. Cabe



Sumber : Rumahsakitislam.com


Bahan utama yang diperlukan untuk membuat sambal tentu saja pastinya cabe. Bukan sambal namanya kalau tidak menggunakan cabe. Ada beberapa jenis cabe yang perlu kamu ketahui, diantaranya cabe merah keriting, cabe merah besar, dan cabe rawit. Cabe sendiri memiliki beberapa warna, yaitu merah, hijau, merah orange dan merah kekuningan. Kamu bisa memilih di antara jenis dan warna cabe tersebut untuk membuat sambal. Jumlah cabe yang dibutuhkan juga tergantung tingkat kepedasan yang kamu inginkan, terlebih lagi kalau kamu menggunakan jenis cabe rawit yang cukup banyak, maka kamu akan mendapatkan cita rasa yang cukup pedas.


2. Bawang Merah



Sumber : Resepkoki.id


Berikutnya ada bawang merah yang merupakan salah satu bahan pelengkap dalam pembuatan sambal. Tidak hanya sekedar melezatkan cita rasa sambal, bawang merah juga dapat membuat sensasi rasa yang unik dan khas. Biasanya dalam pembuatan sambal, bawang merah diolah berbagai macam seperti diiris kasar untuk sambal matah, diiris dan digoreng untuk sambal goreng, atau cukup diiris dan disajikan bersama cabe untuk sambal dabu-dabu dan masih banyak lagi. Itu semua tergantung pilihan jenis sambal, mana yang cocok untuk lidah kamu.


3. Bawang Putih



Sumber : Honestdocs.id


Yang ketiga ada bawang putih yang tak luput dari bahan pembuat sambal, karena tak lengkap bila ada bawang merah tanpa bawang putih. Terlebih lagi bila kamu ingin membuat sambal bawang, maka bawang putih wajib digunakan dalam pembuatan sambal tersebut. Sama halnya dengan bawang merah, bawang putih juga dapat diolah menjadi berbagai macam jenis sambal, tergantung kamu lebih suka sambal jenis yang mana.


4. Tomat



Sumber : Doktersehat.com


Rasanya tidak akan mantap bila tidak menggunakan salah satu bahan pembuat sambal yang satu ini. Tomat memang sangat dikenal dalam pembuatan sambal, karena dapat menghasilkan sensasi cita rasa asam dan segar pada sambal tersebut. Terlebih lagi tomat yang terdapat pada sambal bisa membuat kamu menjadi ketagihan dan tidak ingin berhenti ketika menyantapnya bersama nasi dan lauk. Tomat pada sambal bisa kamu olah dengan cara diulek halus atau diulek kasar, tergantung selera kamu sendiri.


5. Terasi



Sumber : Sajiansedap.grid.id


Bahan pembuat sambal yang terakhir adalah terasi. Seperti yang kamu ketahui, terasi dalam sambal dapat membuat cita rasa sambal menjadi lebih gurih dan lezat serta menghasilkan aroma dan juga sensasi sambal yang khas Indonesia. Oleh karena itulah banyak restoran atau rumah makan yang menyajikan menu sambal khususnya sambal terasi. Sambal terasi sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, apalagi disantap bersama nasi, lauk pauk dan lalapan sayuran. Sangat sedap bukan? Pastinya kamu akan ketagihan dan tidak ingin berhenti menyantapnya.

 

Itulah kelima bahan pembuat sambal versi PergiKuliner. Nah, kamu bisa mencoba membuatnya dirumah dan menyantapnya bersama nasi hangat dan juga lauk pauk yang kamu inginkan.

Warung Bu Kris

Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris
Foto Warung Bu Kris

Sambal Khas Karmila

Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila
Foto Sambal Khas Karmila

Bebek Omahan

Foto Bebek Omahan
Foto Bebek Omahan
Foto Bebek Omahan

Daging Asap Sambal

Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal
Foto Daging Asap Sambal

Cia' Jo Manadonese Grill

Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill
Foto Cia' Jo Manadonese Grill

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?