Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan yang Paling Sering Dijadikan Penghias Kue Kering Natal

List Artikel
13 Desember 2023 | 0 Komentar

Perayaan Natal selalu disemarakkan dengan adanya kue kering. Rasanya tak akan lengkap sajian Natal tanpa adanya kue kering yang disajikan. Selain lezat disantap bersama dengan keluarga dan para tamu yang datang, kue kering juga kerap kali digunakan sebagai isian kado kepada kerabat atau teman dalam bentuk bingkisan. Bicara tentang kue kering Natal, ada satu ciri khas yang bisa kamu lihat pada kue kering Natal, yakni hiasan yang ada di atasnya. Kue kering Natal kebanyakan dihias dengan beragam hiasan yang bertema Natal. Misalkan saja pohon cemara, salju, hingga warna-warna khas Natal seperti warna merah, hijau dan putih. Cantiknya kue kering Natal ini tak lepas dari hiasan toppingnya yang menggunakan bahan-bahan di bawah ini, yaitu:


1. Icing Sugar



Sumber: Squarespace.com


Yang pertama ada icing sugar yang merupakan salah satu bahan penghias kue Natal yang paling banyak digunakan. Icing sugar ini dibuat dari gula bubuk dan putih telur. Icing sugar bisa djumpai dalam beragam varian warna. Selain icing sugar, ada juga frosting sugar yang serupa dengan icing sugar. Bedanya hanya dari segi bahan pembuatnya saja yang diberi tambahan mentega dan susu. Dengan menggunakan icing sugar dan frosting sugar, kamu dapat menggambar hiasan Natal yang diinginkan.


2. Cokelat Leleh



Sumber: Pinimg.com


Selanjutnya ada cokelat leleh. Selain icing sugar atau frosting sugar, cokelat leleh memang kerap kali dipilih untuk menghias kue kering Natal karena selain lebih mudah didapat, harganya juga lebih murah. Cokelat yang digunakan juga bisa beragam warnanya, tapi kebanyakan lebih memilih untuk menggunakan cokelat putih atau cokelat hijau dengan rasa mint. Kamu bisa melelehkan cokelat terlebih dahulu lalu mencelupkan bagian atas cookies, bisa sebagian atau seluruhnya dan mendiamkannya hingga cokelat mulai mengeras.


3. Sprinkle



Sumber: Cookingclassy.com


Berikutnya ada sprinkle yang juga banyak digunakan pada hiasan kue kering Natal. Biasanya sprinkle ini banyak digunakan pada kue kering Natal yang dicelupkan pada cokelat putih leleh terlebih dahulu, baru kemudian pada bagian atasnya diberi aneka sprinkle dengan pilihan warna yang diinginkan. Jika bingung memilih warna, kamu bisa membeli rainbow sprinkle yang di dalamnya terdapat beragam varian warna sekaligus.


4. Gula Pasir



Sumber: Wellplated.com


Selain sprinkle, ada gula pasir yang juga digunakan pada hiasan kue kering Natal. Tapi gula pasir yang digunakan ini bukanlah gula pasir biasa yang kamu gunakan untuk menambahkan rasa manis pada teh atau kopi ya! Gula pasir yang digunakan untuk hiasan kue kering Natal adalah jenis gula pasir yang bentuknya agak lebih besar dengan banyak pilihan warna. Biasanya orang-orang menyebutnya dengan nama ‘sugar cookies’. Dengan menggunakan gula pasir ini tampilan kue kering akan jadi lebih cantik dan terkesan mewah.


5. Gel Pewarna Makanan



Sumber: Meredithcorp.io


Terakhir ada gel pewarna makanan yang masih asing di telinga masyarakat Indonesia jika digunakan untuk hiasan kue kering Natal. Gel pewarna makanan ini sedang banyak digunakan karena bentuknya yang seperti cat air sehingga kamu bisa menghias kue kering Natal dengan cara menggambar di atasnya. Tapi sebelum kue kering dihias, kamu wajib melapisi bagian atas kue kering dengan icing sugar atau cokelat leleh terlebih dahulu.

 

Itulah beberapa bahan yang sering digunakan sebagai penghias kue Natal. Selain kelima bahan tersebut, menurut kamu masih ada bahan lainnya tidak yang juga sering digunakan untuk hiasan kue Natal? Nah, jika membutuhkan referensi lainnya, kamu bisa coba cari di beberapa tempat di bawah ini ya!

NAMELAKA

Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA
Foto NAMELAKA

Eric Kayser Artisan Boulanger

Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger
Foto Eric Kayser Artisan Boulanger

Union Deli

Foto Union Deli
Foto Union Deli
Foto Union Deli

Dough Lab

Foto Dough Lab
Foto Dough Lab
Foto Dough Lab

Dough Lab

Foto Dough Lab
Foto Dough Lab
Foto Dough Lab

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?