Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bahan yang Wajib Ada Pada Sajian Steamboat

List Artikel
14 Oktober 2020 | 0 Komentar

Musim hujan sudah mulai melanda Indonesia. Menyantap kuliner yang hangat dan berkuah tak hanya bisa membuat perut kamu kenyang, tapi juga bisa menghangatkan tubuh. Salah satu kuliner berkuah yang sering diburu saat musim hujan adalah steamboat. Steamboat pada dasarnya merupakan makanan berkuah yang dimasak di atas panci khusus dengan beragam isian di dalamnya. Steamboat merupakan kuliner khas China, sementara di Jepang kuliner ini dinamakan shabu-shabu, sedangkan di Thailand dinamakan suki. Kita tak akan membahas perbedaan ketiganya ya, teman PergiKuliner karena di sini kita akan membahas tentang bahan-bahan apa yang wajib ada pada sajian steamboat seperti yang ada di bawah ini!

 

1. Daging



Sumber : Pergikuliner.com


Steamboat tampa daging rasanya tak akan lengkap. Daging bisa membuat kuah kaldu yang ada pada steamboat jadi lebih lezat. Pilihan daging yang biasa digunakan untuk sajian steamboat adalah jenis daging sapi atau daging ayam tanpa tulang alias daging ayam fillet yang sudah dipotong tipis-tipis agar daging bisa cepat matang tanpa perlu menunggu waktu yang lama.

 

2. Bakso



Sumber : Pergikuliner.com


Selain daging, ada bakso yang pasti tak boleh ketinggalan dalam sajian steamboat. Bakso yang paling sering digunakan adalah bakso seafood seperti bakso ikan, bakso cumi, hingga bakso udang. Bakso digunakan pada sajian steamboat agar kuliner ini memiliki varian protein yang berbeda. Selain itu, bakso yang di dalamnya sudah terdapat bumbu akan membuat air rebusan steamboat jadi lebih kaya rasa.  

 

3. Udang



Sumber : Pergikuliner.com


Udang menjadi salah satu seafood yang selalu ada pada sajian steamboat. Kenapa bukan ikan atau cumi? Penggunaan udang dalam steamboat tentunya bukan tanpa alasan. Dibanding dengan ikan dan cumi, udang memiliki kulit yang ternyata saat direbus akan menghasilkan kaldu yang tak hanya lezat, tapi juga aroma wangi dan cita rasa yang gurih. Oleh karena itu udang selalu dimasukkan dalam daftar bahan utama steamboat.

 

4. Jamur


Sumber : Tekno.co


Jika sebelumnya ada protein hewani yang cukup lengkap, sekarang ada sayuran yang juga tak boleh ketinggalan dalam sajian steamboat. Sayuran yang biasanya ada adalah jamur seperti jamur enoki, jamur kancing, hingga jamur shitake. Jamur memiliki tekstur yang kenyal dan tak perlu waktu yang lama untuk direbus sehingga kamu bisa dengan cepat menyantapnya. Jamur juga bisa membuat air rebusan jadi lebih sedap dan menggugah selera.

 

5. Sawi



Sumber : Theasianparent.com


Tak hanya jamur yang menjadi sayuran wajib pada sajian steamboat, tapi juga ada sawi yang kaya akan vitamin, mineral, serat, dan zat besi. Sawi yang digunakan bisa berupa jenis sawi putih dan sawi hijau. Keduanya memang masing-masing memiliki rasa serta tekstur yang berbeda. Sawi putih memiliki tekstur yang lebih renyah dibanding sawi hijau. Sementara sawi hijau memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi.  


Itu dia lima bahan yang wajib ada pada sajian steamboat yang telah PergiKuliner rangkum buat kamu. Dan sekarang waktunya kamu cobain sajian steamboat, suki atau shabu-shabu di restoran yang sudah PergiKuliner siapkan rekomendasinya di bawah ini!

The Social Pot

Foto The Social Pot
Foto The Social Pot
Foto The Social Pot

KOBESHI Kitchen by Shabu - Shabu House

Foto KOBESHI Kitchen by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI Kitchen by Shabu - Shabu House
Foto KOBESHI Kitchen by Shabu - Shabu House

Kitamura Shabu - Shabu

Foto Kitamura Shabu - Shabu
Foto Kitamura Shabu - Shabu
Foto Kitamura Shabu - Shabu

On-Yasai Shabu Shabu

Foto On-Yasai Shabu Shabu
Foto On-Yasai Shabu Shabu
Foto On-Yasai Shabu Shabu

Bijin Nabe

Foto Bijin Nabe
Foto Bijin Nabe
Foto Bijin Nabe

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?