Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bentuk Kentang Goreng yang Paling Sering Dijumpai di Cafe dan Restoran

List Artikel
20 November 2018 | 0 Komentar

Kentang goreng merupakan salah satu hidangan yang selalu hadir di cafe atau restoran cepat saji. Kentang goreng biasanya disajikan sebagai cemilan yang enak untuk dicocol dengan saus sambal atau bisa juga disantap untuk menggantikan nasi karena kentang mengandung karbohidrat di dalamnya. Tidak heran jika kentang goreng juga cocok untuk dijadikan pendamping steak, burger, hingga fish and chips. Meski namanya kentang goreng, tapi kuliner yang satu ini memiliki banyak bentuknya jika kamu lihat dari segi ukuran dan potongannya lho. Ada apa saja ya? Simak yuk penjelasannya berikut ini!


1. Stick


Sumber : Pergikuliner.com


Bentuk yang pertama ada kentang goreng berbentuk stick yang paling banyak ditemukan dan dikonsumsi. Sesuai dengan namanya, kentang goreng stick ini berbentuk stik panjang dengan ukuran tebal sekitar ½ hingga 1 cm dan panjang antara 5 sampai 8 cm. Bentuknya yang tidak tebal membuat teksturnya lebih garing dan renyah. Kentang berbentuk stick ini tidak hanya bisa dijumpai dalam bentuk matang, namun juga sering dijual dalam bentuk beku.


2. Crinkled



Sumber : Flickr.com


Lalu ada bentuk kentang goreng crinkled alias keriting. Bentuk ini sebenarnya hampir sama dengan bentuk kentang goreng stick karena panjangnya juga sekitar 5 sampai 8 cm. Hanya saja bentuk pinggirannya keriting karena dipotong dengan menggunakan pisau bergelombang sehingga bentuknya jadi lebih tebal. Jika dipotong dengan ukuran ketebalan seperti kentang goreng stick, maka ketika digoreng akan patah dan hancur. Berhubung lebih tebal, kentang goreng ini memiliki tekstur lebih empuk di dalam.


3. Wedges


Sumber:  Pergikuliner.com

 

Untuk mendapatkan potongan kentang goreng wedges memang cukup sulit karena kamu harus memotong kentang secara membujur menjadi 6 hingga 8 bagian. Potongan yang cukup tebal ini membuat kentang wedges harus dikukus atau direbus setengah matang terlebih dahulu agar saat digoreng nanti bisa matang luar dalam. Setelah digoreng, biasanya kentang goreng wedges dibumbui dengan garam, lada, dan peterseli untuk menambah cita rasanya.


4. Waffle


Sumber : Thedailymeal.com


Sama seperti bentuk waffle pada umumnya, kentang goreng yang satu ini memiliki bentuk yang benar-benar terlihat seperti bentuk waffle. Untuk membuatnya tentu tidaklah mudah karena kamu harus menyerut kentang dengan pisau khusus lalu kentang diputar dan ditumpuk sedemikian rupa hingga menghasilkan bentuk seperti waffle. Kentang goreng waffle ini paling cocok disantap dengan mayonaise atau saus mustard.


5. Chips


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada kentang goreng yang berbentuk seperti chips yang diiris bulat dengan ketebalan yang sangat tipis sehingga teksturnya garing dan sangat renyah. Bentuk kentang goreng ini paling sering dijadikan sebagai cemilan karena tidak terlalu mengenyangkan. Kentang goreng chips lebih banyak dijumpai di cafe dibanding restoran karena sangat lezat disantap sambil mengobrol dengan teman saat nongkrong santai.

 

Itu dia lima bentuk kentang goreng yang paling banyak ditemui di cafe maupun restoran. Nah, dari kelima tersebut yang mana nih yang lebih kamu suka? Semuanya itu bisa kamu nikmati di beberapa tempat makan di bawah ini ya. Cek yuk!

OMG Poteto

Foto OMG Poteto
Foto OMG Poteto
Foto OMG Poteto

Potato Corner

Foto Potato Corner
Foto Potato Corner

Bos Kentang

Foto Bos Kentang

Kopium Artisan Coffee

Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee
Foto Kopium Artisan Coffee

Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit
Foto Holycow! STEAKHOUSE by Chef Afit

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?