Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah Ini Bisa Bikin Kamu Merasa Kenyang Lebih Lama Lho!

List Artikel
6 September 2019 | 0 Komentar

Buah-buahan sangat identik dengan kuliner yang menyehatkan. Tak heran kalau buah-buahan sering sekali dijadikan sebagai kuliner untuk berdiet atau saat ingin menurunkan berat badan. Pasalnya kandungan lemak pada buah sangat sedikit. Tapi tahukah kamu kalau ternyata bukan hanya sehat disantap, ada buah-buahan yang konon bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama lho. Jadi bisa dikatakan kalau kamu sedang ingin berdiet atau ingin mengurangi makan nasi atau roti, maka kamu bisa menggantikannya dengan menyantap buah-buahan ini. Lantas apa saja buah-buahan yang bisa membuat kita terasa kenyang lebih lama setelah menyantapnya? Coba kita cek bersama-sama dulu!

 

1. Pisang



Sumber : Spaexperience.org.uk


Buah pertama yang bisa bikin kenyang lebih lama adalah pisang. Seperti yang kamu ketahui, pisang memang paling sering disantap untuk sarapan orang yang berdiet atau para atlit yang sedang menjaga berat badan. Pasalnya, pisang ini memiliki kandungan serat yang sangat tinggi yakni sekitar 5,9 gram sehingga bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Konsumsi setidaknya 1-2 buah pisang pada pagi hari dan kamu akan mendapatkan energi untuk 2-3 jam berikutnya.

 

2. Alpukat



Sumber : Foodrevolution.org


Selain pisang, ada alpukat yang juga sangat ampuh untuk membuat perut kenyang lebih lama. Jika pisang sangat cocok disantap untuk sarapan, alpukat ini cocok disantap saat siang hari. Kandungan serat yang dimiliki alpukat ini lebih banyak 2x lipat dibanding dengan pisang sehingga bisa memberi lebih banyak energi di siang hari. Satu buah alpukat mengandung setidaknya 10,1 gram serat dan juga lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk tubuh.  

 

3. Apel



Sumber : Blog.regopantes.com


Tak disangka, buah apel juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama karena kandungan serat di dalamnya sangat banyak. Jika kamu makan satu buah apel beserta kulitnya, maka kamu akan mendapatkan kebutuhan serat sekitar 4,4 gram. Jika sedang berdiet, kamu bisa menyantap sebuah apel sebelum makan besar karena bisa membuatmu makan lebih sedikit. Apel yang disantap bisa berupa apel merah atau apel fuji (apel kuning).

 

4. Pir



Sumber : Sindonews.net


Tak jauh berbeda dengan apel, pir juga menjadi buah-buahan yang ternyata punya serat tinggi karena dalam satu buah pir terdapat 4,4 gram serat, sama dengan satu buah apel. Untuk pir hijau, kandungan seratnya lebih besar dibanding dengan pir kuning karena kulitnya lebih tebal, jadi kalau kamu menyantap dengan kulitnya, maka kandungannya lebih besar. Selain serat yang tinggi, dalam pir juga terdapat kandungan yang bisa mendetoksfikasi sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus besar serta usus halus.  

 

5. Berry



Sumber : Lagizi.com


Terakhir ada buah berry yang meskipun ukurannya kecil-kecil, tapi ternyata punya kandungan serat tinggi bagi tubuhmu. Beberapa buah berry yang kandungan seratnya tinggi adalah blueberry, rasberry, strawberry, blackberry, dan aneka jenis berry lainnya. Setidaknya ada kandungans erat sekitar 8 gram per 100 gram buah berry. Itu artinya kamu bisa memberikan setidaknya 1/3 kebutuhan serat harianmu. Tak hanya kandungan serat yang tinggi, rasberry juga mengandung antioksidan polifenol yang bisa mengurangi rasa stress pada manusia.

 

Itulah beberapa buah-buahan yang bisa membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Jika bosan menyantapnya begitu saja, kamu juga bisa menjadikannya minuman jus atau smoothie bowl. 

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

Re.Juve

Foto Re.Juve
Foto Re.Juve
Foto Re.Juve

Pish & Posh

Foto Pish & Posh
Foto Pish & Posh
Foto Pish & Posh

Rujak Jangkung

Foto Rujak Jangkung
Foto Rujak Jangkung
Foto Rujak Jangkung

Sop Buah Mama Rinah

Foto Sop Buah Mama Rinah
Foto Sop Buah Mama Rinah

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?