Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah Ini Ternyata Harus Dibatasi Konsumsinya Lho, Kenapa Ya?

List Artikel
4 Januari 2020 | 0 Komentar

Buah menjadi salah satu makanan yang bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh karena di dalamnya mengandung vitamin dan nutrisi yang lengkap. Di Indonesia, buah-buahan bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Hal ini dikarenakan Indonesia yang beriklim tropias ini punya tanah yang sangat subur sehingga buah-buahan bisa dengan mudah ditanam. Beberapa orang bahkan menanam aneka buah di halaman atau taman mereka sendiri di rumah. Jadi tak heran kalau masyarakat Indonesia sangat suka makan buah, baik itu disantap begitu saja dengan cara dipotong-potong atau dijadikan salah maupun rujak. Tapi tahukah kamu kalau buah memang sangat bermanfaat bagi tubuh, tapi jika dikonsumsi secara berlebihan bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. Ada beberapa buah yang memang wajib kamu batasi konsumsinya sehari-hari. Coba langsung kita lihat ada buah apa saja!

 

1. Pisang



Sumber : Harvard.edu


Buah pertama yang harus dibatasi konsumsinya adalah pisang. Pisang seringkali disantap pada pagi hari untuk menu sarapan. Tapi kadang juga kita menyantapnya setelah makan siang atau makan malam. Sebaiknya mulai sekarang batasi konsumsi pisangmu hanya 1-2 buah saja sehati. Jangan lebih dari itu karena seperti yang kamu ketahui kalau pisang mengandung karbohidrat dan gula. Apalagi pisang yang sudah sangat matang. Pisang yang sudah matang betul atau yang warna kulitnya sudah berwarna kehitaman, akan memiliki kandungan karbohidrat dan gula yang lebih tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka bisa berakibat lonjakan gula darah dan kelebihan kalori.

 

2. Kelapa



Sumber : Hellosehat.com


Selanjutnya ada kelapa yang ternyata juga harus kamu batasi konsumsinya. Kelapa memang sangat lezat disantap, baik itu airnya hingga daging buahnya. Kelapa di Indonesia lebih sering disantap dalam keadaan dingin seperti dijadikan es kelapa serta dijadikan campuran pada aneka minuman tradisional. Kelapa sebenarnya sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai penambah energi atau pengganti cairan dalam tubuh. Tapi jika dikonsumsi berlebihan, maka akan berakibat naiknya berat badan. Kenapa demikian? Kelapa mengandung sekitar 238 kalori per gelasnya. Belum lagi jika kamu menyantapnya dengan tambahan pemanis lain. Jadi minum satu gelas kelapa saja sudah cukup ya!

 

3. Jeruk



Sumber :  Cookingwsheila.com


Jeruk menjadi salah satu buah yang sangat mudah didapat di Indonesia. Ada banyak sekali jenis jeruk yang kita miliki seperti jeruk medan, jeruk bali, jeruk keprok, jeruk peres dan masih banyak lagi. Jeruk bisa disantap begitu saja, tapi juga bisa dijadikan minuman jus atau smoothie serta dijadikan campuran salad buah. Jeruk mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa menjaga kekebalan tubuh serta mencegah sariawan. Tapi jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan, maka kandungan asam dalam jeruk bisa merusak lapisan email gigi sampai mengalami erosi atau berkarat. Sebaiknya konsumsi jeruk 1-2 buah saja per harinya.

 

4. Mangga



Sumber : Jakpost.net


Mangga di Indonesia selalu berbuah alias memasuki masa panen di akhir tahun, mulai dari bulan Oktober hingga Januari. Jika sudah masuk musim mangga, maka harganya bisa sangat murah. Kamu bisa mendapatkan 1kg mangga dengan harga sekitar Rp10 ribu hingga Rp20 ribu saja. Nah, berhubung sedang musim mangga, kita kerap kali menyantapnya secara berlebihan. Beberapa orang bahkan ada yang bisa menghabiskan 1-2 kg mangga per harinya. Padahal per buahnya, mangga mengandung sekitar 100 kalori dengan kandungan gula sebanyak 23 gram. Jadi sebaiknya kamu tidak menyantapnya berlebihan ya!

 

5. Anggur



Sumber : Snaped.fns.usda.gov


Terakhir ada buah anggur yang meskipun kecil bentuknya, tapi ternyata buah anggur ini tidak bagus dikonsumsi secara berlebihan, apalagi jika kamu sedang berdiet atau dalam program penurunan berat badan. Anggur ternyata justru bisa menaikkan berat badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan dalam anggur terdapat kandungan karbohirat yang sangat tinggi. Tak berbeda jauh dengan mangga, anggur punya kandungan karbohidrat sekitar 27 gram per 100 gramnya .

 

Itulah beberapa buah yang perlu kamu batasi santapannya. Ingat lho, dibatasi! Bukan berarti kamu tidak boleh menyantapnya sama sekali. Menyantap kelima buah dibatas boleh saja, asal jangan berlebihan ya teman PergiKuliner! Nah, buat kamu yang ingin menyantap aneka buah-buahan nikmat tersebut bisa kunjungi salah satu tempat di bawah ini ya!

SABU (Salad Buah Premium)

Foto SABU (Salad Buah Premium)
Foto SABU (Salad Buah Premium)

101+ Juice

Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice
Foto 101+ Juice

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Berrywell

Foto Berrywell
Foto Berrywell
Foto Berrywell

Sal En Co

Foto Sal En Co
Foto Sal En Co
Foto Sal En Co

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?