Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Buah yang Sangat Cocok Disantap saat Sahur agar Tak Dehidrasi

List Artikel
30 Maret 2024 | 0 Komentar

Buah tidak hanya cocok dikonsumsi saat berbuka puasa, tetapi juga cocok untuk disantap saat sahur. Jika mengonsumsi buah saat buka puasa bertujuan untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berpuasa, maka menyantap buah-buahan ketika sahur ditujukan agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa. Buah-buahan tidak hanya kaya akan kandungan vitamin, tetapi juga serat dan mineral yang tinggi sehingga bisa mencegah terjadinya dehidrasi selama kita berpuasa seharian. Meskipun buah-buahan sangat baik dikonsumsi saat sahur, tidak semua buah cocok sebagai santapan sahur. Hindari buah-buahan yang memiliki rasa asam tinggi karena dapat menyebabkan perut kembung. Selain itu, hindari juga buah-buahan yang kandungan vitamin C-nya terlalu tinggi, karena hal ini dapat memicu rasa mulas dan buang air besar berlebihan sehingga meningkatkan risiko dehidrasi. Di bawah ini adalah lima buah yang sangat cocok untuk disantap saat sahur agar terhindar dari dehidrasi.

 

1. Pisang



Sumber: forbesindia.com


Buah pertama yang sangat cocok untuk disantap saat sahur adalah pisang. Pisang yang dikonsumsi adalah jenis pisang candevish yang memiliki rasa manis dominan. Hindari mengonsumsi pisang yang masih setengah matang, apalagi pisang goreng karena bisa membuat kamu merasa sakit perut dan haus selama berpuasa. Jika kamu bosan, cobalah kombinasikan pisang dengan buah-buahan yang lain. Misalnya, membuat jus atau smoothie yang terbuat dari campuran pisang dengan apel atau jeruk.


2. Apel



Sumber: extension.umn.edu


Apel sangat disarankan untuk dikonsumsi saat sahur karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membuat perutmu merasa kenyang lebih lama. Kandungan air di dalam apel ini juga bisa membantu mencegah dehidrasi. Apel sebaiknya disantap bersama dengan kulitnya untuk mendapatkan manfaat maksimal dari serat dan nutrisinya. Jika tidak terlalu suka tekstur dari kulit apel, kamu bisa menjadikannya sebagai jus.

 

3. Pir



Sumber: pertanian.uma.ac.id


Selanjutnya, ada pir yang menjadi sumber nutrisi penting untuk kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat di dalamnya bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Ditambah lagi, kandungan air di dalamnya bisa mencegah terjadinya dehidrasi saat sedang berpuasa. Kebanyakan orang lebih suka menyantap buah pir secara utuh tanpa dicampur dengan bahan tambahan lainnya. Namun, kalau kamu ingin menjadikannya sebagai jus, pastikan kulit pir tidak dikupas karena bagian tersebut kaya akan serat.

 

4. Melon



Sumber: healthifyme.com


Melon juga sangat cocok disantap saat sahur karena bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Melon memiliki rasa manis yang dominan dengan tekstur empuk dan kadar air yang cukup tinggi. Mengonsumsi melon saat sahur bisa mencegah dehidrasi saat berpuasa karena adanya kandungan mineral dan vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika ingin menyantap melon dalam bentuk es buah, sebaiknya dikonsumsi saat berbuka puasa agar tidak memicu dehidrasi karena kandungan gula tambahan. Melon yang disantap saat sahur biasanya dipotong-potong dadu agar lebih mudah disantap siapa saja.

 

5. Jeruk



Sumber: insanelygoodrecipes.com


Buah terakhir yang sangat cocok untuk disantap saat sahur agar terhindar dari dehidrasi adalah jeruk. Buah ini memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga dianjurkan sebagai buah yang cocok untuk disantap saat sahur. Untuk kamu yang memiliki masalah lambung, sebaiknya cari jeruk yang benar-benar manis. Jenis buah jeruk shantang dan jeruk medan biasanya memiliki rasa yang terbilang lebih manis daripada buah jeruk lainnya.

 

Itulah lima buah yang sangat cocok untuk disantap saat sahur supaya tidak terkena dehidrasi. Kamu sendiri lebih suka menyantap buah apa saat santap sahur? Nah, bagi kamu yang sedang ingin mengonsumsi jus buah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi tempat yang bisa kamu kunjungi!

Juice For You

Foto Juice For You
Foto Juice For You
Foto Juice For You

Rainbow Juice

Foto Rainbow Juice
Foto Rainbow Juice
Foto Rainbow Juice

Segelas Jus

Foto Segelas Jus
Foto Segelas Jus
Foto Segelas Jus

Le Trois Juice & Bar

Foto Le Trois Juice & Bar
Foto Le Trois Juice & Bar
Foto Le Trois Juice & Bar

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?