Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bubur Khas Korea Ini Sangat Cocok Disantap Saat Musim Hujan

List Artikel
26 Maret 2022 | 0 Komentar

Bubur merupakan salah satu kuliner yang dikenal sebagai kuliner menyehatkan karena di dalamnya terdapat kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Pada dasarnya bubur adalah makanan yang bertekstur halus sehingga mudah dikonsumsi oleh semua kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tidak diketahui secara pasti asal usul dari bubur karena masing-masing negara memiliki bubur khasnya masing-masing. Indonesia sendiri punya banyak sekali jenis bubur, mulai dari bubur ayam, bubur sumsum, hingga bubur kacang hijau. Tak hanya Indonesia saja yang punya aneka bubur, Korea juga punya aneka jenis bubur. Buat yang penasaran dengan aneka jenis bubur khas Korea, di bawah ini ada lima bubur khas Korea yang cocok disantap saat musim hujan, yaitu:

 

1. Dakjuk



Sumber: koreanbapsang.com


Bubut khas Korea yang pertama adalah dajuk atau bubur ayam. Meski sama-sama menggunakan bahan dasar beras dan ayam, tapi cita rasa dakjuk sangat berbeda sekali dengan bubur ayam khas Indonesia. Hal ini dikarenakan bumbu yang digunakan berbeda. Bumbu dasar dakjuk adalah bawang putih, jahe, dan minyak wijen. Selain itu isian pendampingnya juga berbeda karena ada tambahan serutan wortel dan irisan kol. Dakjuk juga disantap dengan kimchi sawi.

 

2. Danpatjuk



Sumber: koreanbapsang.com


Danpatjuk adalah bubur khas Korea yang punya cita rasa manis. Danpatjuk ini dibuat dari bahan dasar kacang merah yang direbus dan dihaluskan lalu dimasak lagi bersama dengan tepung beras dan gula atau madu hingga menjadi bubur bertekstur kental. Nantinya danpatjuk ini akan disajikan bersama dengan bola-bola ketan, kacang kenari, dan biji kastangel yang sudah dimasak. Selain itu biasanya akan ada taburan bubuk kayu manis di atasnya sehingga menambah wangi aromanya.

 

3. Hobakjuk



Sumber: mealthy.com


Selanjutnya ada hobakjuk yang juga sama-sama merupakan bubur khas Korea bercita rasa manis. Hobakjuk adalah bubur yang dibuat dari bahan dasar labu kuning yang dicampur dengan tepung beras dan gula atau madu. Cara membuatnya tak jauh berbeda dengan dan patjuk. Hobakjuk ini juga disajikan bersama dengan bola-bola ketan, kacang kenari, dan ada tambahan biji wijen hitamnya untuk memperindah tampilan. Sedangkan untuk cita rasanya, hobakjuk punya cita rasa yang gurih manis.

 

4. Jeonbokjuk



Sumber: koreanbapsang.com


Jika tak begitu suka bubur khas Korea bercita rasa manis, masih ada yang bercita rasa asin gurih kok. Jeonbokjuk dikenal sebagai bubur mahal karena di dalamnya terdapat abalone yang sangat susah didapat. Oleh karena itu jeonbokjuk juga dikenal sebagai makanan kaisar pada jaman kerajaan. Untuk membuatnya, kamu perlu memasak beras dengan abalone. Bubur ini sangat kaya akan nutrisi sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuhmu.

 

5. Yachaejuk



Sumber: asianinspirations.com.au


Terakhir ada yachaejuk yang merupakan kebalikan dari jeonbokjuk karena bubur khas Korea ini bisa didapat dengan harga yang sangat terjangkau. Yachaejuk adalah bubur yang dibuat dari beras dan aneka jenis sayuran di dalamnya. Mulai dari wortel, jamur, daun bawang, lobak, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang sedang berdiet atau seorang vegetarian, bubur ini sangat cocok sekali untukmu. Yachaejuk biasanya disajika  dengan taburan biji wijen sangrai dan rumput laut panggang.

 

Sekarang kamu sudah tahu bukan, apa saja bubur khas Korea yang cocok disantap pada musim hujan seperti saat ini. Menurutmu, kamu lebih suka bubur khas Korea atau bubur ayam khas Indonesia?

Bubur Ayam Mangga Besar 1

Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1
Foto Bubur Ayam Mangga Besar 1

Bubur Angke THI

Foto Bubur Angke THI
Foto Bubur Angke THI
Foto Bubur Angke THI

Bubur Kwang Tung

Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung
Foto Bubur Kwang Tung

Bubur Hioko

Foto Bubur Hioko
Foto Bubur Hioko
Foto Bubur Hioko

Bubur Cap Tiger

Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger
Foto Bubur Cap Tiger

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?