Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Bumbu Dapur Ini Memiliki Antimikroba yang Bagus untuk Tubuh

List Artikel
6 Januari 2019 | 0 Komentar
Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa dulunya ada banyak penjajah yang datang ke Indonesia hanya untuk mengambil rempah-rempah yang kita miliki. Banyaknya rempah yang ada di Indonesia membuatnya sangat mudah untuk dijumpai dan dijual dengan harga yang murah. Berhubung ada banyak rempah yang bisa digunakan, maka semua kuliner tradisional memiliki citarasa rempah yang sangat kuat karena dalam satu makanan saja, kamu bisa menemukan lebih dari lima bumbu dapur rempah yang digunakan. Bumbu dapur rempah tidak hanya bisa menambah citarasa dan membuat aroma masakan jadi lebih wangi, tapi juga bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Perlu kamu ketahui kalau ternyata ada lima bumbu dapur yang memiliki antimikroba sehingga bisa menghambat dan membunuh bakteri yang bisa merugikan bagi tubuh. Apa saja bumbu dapur tersebut? Coba lihat langsung aja!

 

1. Kunyit


Sumber : Medicalnewstoday.com


Pertama ada kunyit yang sudah dikenal sebagai antimikroba alami yang banyak digunakan untuk melawan bakteri. Kunyit mengandung senyawa kurkumin yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antioksidan. Senyawa-senyawa pada kunyit ini bisa membunuh bakteri patogen yang bisa menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung, kanker, alzheimer, dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya. Kunyit juga bisa membantu meringankan rasa nyeri ketika sedang datang haid.

 

2. Jahe



Sumber : Drweil.com


Selanjutnya ada jahe yang dikenal sebagai rempah mewah di negara Eropa. Jahe di Indonesia sangat mudah ditemukan karena sering dijadikan sebagai bumbu dapur tambahan untuk olahan ikan atau seafood karena bisa menghilangkan bau amis. Jahe memiliki sifat inflamasi dan juga anti jamur yang bisa mematikan jamur penyebab penyakit-penyakit tertentu.  Selain itu, jahe memiliki senyawa terapeutik, gingerol, shogaol, paradol, zingerone dan antioksidan yang bagus untuk tubuh.

 

3. Lengkuas


Sumber : Spicograpy.com


Lengkuas dikenal sebagai salah satu bumbu dapur masakan-masakan Asia Tenggara. Lengkuas memiliki aroma yang khas sehingga bisa membuat masakan jadi lebih wangi dan sedap. Termasuk dalam keluarga zingiberaceae, lengkuas tak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu dapur yang melezatkan masakan, tapi lengkuas juga bisa dijadikan sebagai obat herbal karena memiliki antimikroba di dalamnya. Lengkuas juga bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit (analgesik) dan mengurangi demam (antipiretik).

 

4. Bawang Putih



Sumber : Ndtvimg.com

 

Selanjutnya ada bawang putih yang seperti kamu ketahui sangat banyak penggunaannya dalam beragam kuliner Indonesia. Bawang putih memiliki aroma wangi yang kurang sedap ketika masih mentah, tapi ketika sudah dimasak, maka aromanya menjadi lebih wangi. Dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang bisa berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, ada kandungan vitamin B1, B2, B3, B6, C, proteim, kalsium, magnesium, fosfor, dan masih banyak lagi.

 

5. Cabai Merah



Sumber : Shopify.com


Terakhir ada cabai merah yang menjadi bumbu dapur wajib untuk membuat sambal atau kuliner-kuliner pedas. Cabai merah mengandung vitamin A, C, E dan asam folat yang sangat tinggi. Selain itu, cabai merah juga memiliki sifat antimikroba pada bakteri bacillus subtilis, escheria coli, pseudomonas aeruginosa yang masih banyak lagi. Adanya sifat antimikroba ini bisa membuat kamu terhindar dari bakteri yang bisa merugikan tubuh.
 
Jadi, ketika kamu menyantap kuliner-kuliner Indonesia yang memiliki bumbu-bumbu dapur di atas, maka kamu sudah memberikan kekebalan pada tubuh terdapat bakteri. Luar biasa kan? Nah, sekarang coba cicipi aneka makanan yang kaya akan bumbu dapur di atas di tempat-tempat makan berikut ini ya!

Bebek Tepi Sawah

Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah
Foto Bebek Tepi Sawah

Soto Betawi H. Mamat

Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat
Foto Soto Betawi H. Mamat

Bunga Rampai

Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai
Foto Bunga Rampai

Oma Seafood

Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood
Foto Oma Seafood

Ayam Bebek Mafia

Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia
Foto Ayam Bebek Mafia

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?