Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cara Menghilangkan Noda Kopi di Baju Yang Paling Cepat dan Praktis

List Artikel
19 November 2020 | 0 Komentar

Menikmati secangkir kopi adalah kegiatan yang menyenangkan, namun lain halnya kalau ketumpahan kopi dan tak sengaja menodai pakaian. Kegiatan yang seharusnya menyenangkan bisa seketika berubah jadi tak menyenangkan. Eits, tapi tunggu dulu guys! Sebelum kamu kalap dan ngedumel kesal, ada baiknya kamu baca artikel PergiKuliner dulu yang berikut ini. Karena noda kopi yang ketumpahan di pakaianmu ternyata masih bisa dibersihkan kok tanpa meninggalkan bekas noda setitik pun. Ingin tahu gimana caranya menghilangkan noda kopi di pakaian? Ini dia 5 cara paling ampuh yang bisa kamu coba!



Sumber: Freeimage.com


1. Baking Soda

Baking soda memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah membersihkan bekas noda kopi di pakaianmu. Caranya cukup mudah, siapkan handuk kecil yang sudah dibasahi dengan air dingin, kemudian gosokkan secara perlahan ke area permukaan baju yang terkena noda kopi. Setelah itu, tuang sedikit baking soda ke area tersebut dan gosok kembali dengan cara memutar. Lakukan berulang kali sampai noda kopi di baju menghilang. Jika sudah hilang, basahi kembali handuk untuk membersihkan sisa baking soda yang masih menempel di baju. Noda kopi yang menempel di baju hilang dalam sekejap.


2. Cuka

Tak hanya berguna sebagai bumbu penyedap, cuka ternyata juga ampuh digunakan sebagai pembersih noda kopi di pakaian. Hanya saja, tak banyak orang yang menyukai bumbu penyedap ini karena aromanya yang menyengat di hidung. Namun jika kamu tak masalah dengan hal itu, kamu bisa menggunakan sebagai pembersih noda kopi. Caranya pun hampir sama dengan baking soda, basahi handuk kecil dengan air dingin kemudian gosokan perlahan pada permukaan baju yang terkena kopi. Teteskan cuka pada permukaan baju tersebut dan tunggu selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, gosok kembali dengan handuk yang sudah dibasahi tadi sampai noda kopi menghilang. Terakhir, keringkan pakaian tersebut.


3. Lemon

Lemon dikenal sebagai buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun tak banyak yang tahu jika lemon juga dapat membersihkan noda kopi yang menempel di pakaian. Caranya tidak sulit, ambil buah lemon secukupnya kemudian potong kecil-kecil. Selanjutnya, siapkan handuk basah lalu gosokkan pada area pakaian yang tertumpah kopi. Oleskan lemon dan peras sedikit airnya ke area baju tersebut. Langkah terakhir, gosok kembali dengan handuk basah tadi. Lakukan berulang-ulang sampai noda kopi yang menempel di pakaian lenyap kemudian keringkan.


4. Tisu Basah

Penggunaan tisu basah untuk menghilangkan noda kopi di pakaian bisa jadi opsi ketika dalam keadaan darurat. Misalnya, jika baju kamu ketumpahan kopi saat jam kerja, sementara kamu harus tetap menjaga penampilan di depan klien. Mencuci baju sangatlah tidak mungkin dalam kondisi tersebut. Maka tisu basah ini bisa menjadi penyelamatmu. Apalagi beragam merek tisu basah bisa kamu temukan dengan mudah di supermarket. Beberapa jenis tisu basah memiliki kandungan alkohol yang bisa membantu membersihkan pakaian yang terkena kopi dengan cepat. Jadi, jangan ragu menggunakannya.


5. Deterjen Anti Noda

Deterjen anti noda dikenal cukup ampuh dalam membersihkan noda kopi di pakaianmu. Apalagi saat ini sudah banyak produk deterjen anti noda yang memiliki formula khusus untuk menghilangkan noda dengan cepat. Caranya pun sangat mudah, pertama bilas dahulu noda kopi di pakaian dengan air mengalir. Kemudian masukkan baju dalam mesin cucui dan tuangkan deterjen anti noda secukupnya. Lakukan proses pencucian baju seperti biasa, lalu bilas hingga bersih. Namun, pastikan kamu tidak mencampur pakaian yang terkena noda kopi tersebut dengan pakaian lain untuk mencegah kelunturan warna baju.


Itulah kelima cara yang dapat membantu menghilangkan noda kopi pada pakaian. Sebagai catatan, penggunaan baking soda, cuka dan lemon hanya dapat diaplikasikan pada pakaian berbahan kantun ajenis pakaian yang tidak mudah luntur seperti pakaian putih dan polos saja. Penggunaan ketiga bahan ini juga lebih efektif ketika diaplikasikan pada noda kopi yang masih baru. Artinya jika noda kopi sudah dibiarkan selama lebih dari satu jam, langkah terbaik adalah mencucinya menggunakan deterjen anti noda.


Setelah tahu tips cara menghilangkan noda kopi di baju, kini teman kuline tidak perlu khawatir lagi baju kesayangan teman kuliner terkena noda kopi setelah menikmati kenikmatan kopi di coffee shop favorit. Ngomongin soal coffee shop favorit, Pergikuliner juga punya nih rekomendasi coffee shop atau kedai kopi favorit yang mau Pergikuliner bagikan buat teman kuliner. Simak ya!

Bukan Ruang

Foto Bukan Ruang
Foto Bukan Ruang
Foto Bukan Ruang

Kinari Coffee Shop

Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop
Foto Kinari Coffee Shop

Kopi Susu Bu Lurah

Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah
Foto Kopi Susu Bu Lurah

Dancing Goat Coffee Co.

Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.
Foto Dancing Goat Coffee Co.

Phos Coffee & Eatery

Foto Phos Coffee & Eatery
Foto Phos Coffee & Eatery
Foto Phos Coffee & Eatery

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?