Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cemilan Khas Indonesia yang Makin Enak Dicocol Pakai Saus

List Artikel
24 Agustus 2020 | 0 Komentar

Orang Indonesia memang dikenal sebagai penggila pedas. Tak heran jika makanan apa saja wajib dinikmati pakai saus sambal. Sebab katanya sih kalau tidak pakai saus kurang 'nampol' rasanya. Entah kecenderungan ini ada karena kebiasaan atau memang lidah masyarakat Indonesia memiliki tipikal rasa yang kuat. Nah, khususnya buat kamu pecinta kuliner pedas tanah air tentunya sudah tak asing dengan makanan-makanan pedas. Bahkan sampai menikmati cemilan pun harus dengan saus sambal. Berikut ini PergiKuliner akan mereferensikan camilan asli Indonesia yang makin enak dicolek pakai saus. Mengisi waktu luang dengan menyantap cemilan ini pasti bakalan bikin kamu susah berhentinya. Simak ya!


1. Cilok




Sumber: Pinterest.com


Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Jajanan khas Jawa Barat ini memiliki bentuk yang bulat-bulat seperti bakso. Hanya saja bahan dasarnya terbuat dari tepung tapioka. Biasanya cilok sering diberi isian juga seperti daging atau ayam agar lebih variatif. Karena terbuat dari tepung tapioka, maka cilok akan terasa sangat kenyal ketika dimakan. Menikmati jajanan ini paling enak jika ditambah dengan aneka bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan tentunya saus sambal yang pedas.


2. Sempol Ayam



Sumber: Pinterest.com


Sempol ayam merupakan jajanan kekinian yang sebenarnya mirip seperti nugget tapi dibalut dengan telur. Jajanan ini berasal dari Malang dan banyak dijual di pinggir-pinggir jalan. Jajanan ini memiliki tekstur yang kenyal karena terdapat campuran tepung tapioka dan ayam di dalamnya. Bentuknya lonjong dan ditusuk dengan lidi. Belakangan ini namanya jadi viral, lantaran ada salah satu selebriti tanah air yang mempromosikannya. Sempol ayam wajib sekali dicocol pakai saus sambal, karena  rasa pedasnya  dijamin bikin semangat makan jadi menggelora di lidah.


3. Martabak Telur



Sumber : Pergikuliner.com


Siapa yang sanggup menolak kenikmatan martabak telur? Luarnya yang renyah, sementara bagian dalamnya gurih dan terasa lembut karena berbahan utam dari telur dan sayuran. Dinikmati dengan kuah cuka dan acar ataupun saus sambal sama-sama nikmat! Namun tak jarang juga yang menikmati makanan ini hanya dengan cocolan saus pedas karena terasa lebih maknyus. Semakin banyak telurnya dan semakin tebal isiannya, maka akan semakin terasa lembut dalamnya. Apalagi jika dinikmati panas-panas, tekstur garing dari kulit luarnya bahkan sampai terdengar suara kriuknya ketika digigit.


4. Cireng



Sumber: Cookpad.com


Makanan ini sebenarnya berbahan dasar sama dengan cilok, hanya saja cireng memiliki bentuk dan cara pematangan berbeda. Seperti namanya, cireng yang berarti aci digoreng, makanan ini dibuat dengan cara digoreng dan banyak dijajahkan para penjual gorengan kaki lima. Rasanya gurih dan kenyal, namun memiliki kulit yang crispy ketika dimakan. Cireng merupakan salah satu jenis gorengan yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak jarang orang menikmatinya dengan dicocol ke sambal agar sensasi makan semakin mantap.


5. Ragit



Sumber: Cookpad.com


Ragit merupakan salah satu makanan khas Palembang yang bentuknya mirip seperti roti dan terbuat dari tepung terigu. Makanan ini kerapkali disajikan sebagai menu utama buka puasa yang disantap dengan kuah kari ayam atau sapi, sehingga rasanya rasanya menjadi gurih, pedas dan asam. Namun tak sedikit juga orang yang menyantap makanan ini dengan cocolan saus sambal. Nah, jika kamu penyuka makanan pedas pasti akan memilih sambal sebagai bumbu pelengkapnya. Patut dicoba nih!


Nah, itu dia ragam cemilan khas Indonesia yang makin enak kalau dicocol pakai saus. Dari kelimanya, mana nih yang kira-kira jadi favorit buat kamu?

Baso Aci Juara

Foto Baso Aci Juara
Foto Baso Aci Juara

Baso Aci Ganteng

Foto Baso Aci Ganteng

Sate Taichan Bang Yoyo

Foto Sate Taichan Bang Yoyo
Foto Sate Taichan Bang Yoyo
Foto Sate Taichan Bang Yoyo

H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)
Foto H. Abdoel Razak Martabak Kari Palembang (Martabak Har)

Martabak Rudy

Foto Martabak Rudy
Foto Martabak Rudy

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?