Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cemilan Khas Jepang Sebagai Teman Minum Teh

List Artikel
7 Desember 2019 | 0 Komentar

Minum teh sudah menjadi tradisi masyarakat Jepang yang masih dilestarikan hingga sekarang. Teh di Jepang selalu diminum dalam segala kesempatan, baik itu untuk menjamu tamu, bersantai, hingga pada saat acara perayaan khusus. Jenis teh yang banyak digunakan di Jepang adalah teh hijau. Tapi bukan berarti jenis teh lainnya tidak dikonsumsi oleh masyarakat Jepang. Selain teh hijau, ada teh hitam yang juga banyak dikonsumsi. Saat minum teh, masyarakat Jepang selalu menyajikan kue tradisional khas Jepang sebagai teman minum teh. Dari sekian banyak kue tradisional khas Jepang, ada lima yang paling banyak disajikan saat minum teh, yaitu:


1. Manju



Sumber: Zojirushi.com


Pertama ada kue manju yang sekilas memang mirip dengan kue mochi. Hanya saja kue manju ini punya lapisan luar yang lebih keras dan padat, berbeda dengan tekstur mochi yang kenyal luar dalam. Manju dibuat dari bahan utama tepung, baking powder, gula, dan air yang diadoni lalu dibentuk bulat. Biasanya manju berisi pasta gula atau kacang merah sehingga ada rasa manis di dalamnya.


2. Karinto



Sumber: Tokyoweekender.com


Karinto menjadi salah satu camilan khas Jepang yang juga sering disajikan dengan minuman teh. Karinto ini memiliki bentuk yang unik karena berbentuk lonjong tak beraturan dengan warna cokelat. Sekilas bentuknya memang tidak menarik, tapi rasanya sangat lezat. Karinto sering dijuluki dengan nama stik goreng dari Jepang. Bahan pembuatnya dari campuran tepung, air, garam, soda kue, dan gula. Bagian luar karinto dilapisi dengan gula karanel sehingga teksturnya renyah.


3. Yatsuhashi



Sumber: Hisgo.com


Berikutnya ada yatsuhashi yang merupakan salah satu kue khas Jepang yang bentuknya unik karena berbentuk segitiga dengan jendolan bulat di bagian tengahnya. Biasanya isian tengahnya ini adalah pasta kacang merah atau pasta kacang lainnya yang sudah dicampur dengan gula sehingga citarasanya manis. Yatsuhashi memiliki beragam warna tergantung dari varian rasanya.


4. Kurobo



Sumber: Savvytokyo.com


Melihat tampilannya sekilas memang mirip dengan kue atau cookies modern. Kurobo adalah kue klasik khas Jepang yang punya rasa manis dan rasanya agak mirip bolu karena dibuat dari racikan tepung, gula, dan telur. Warnanya agak gelap karena di dalamnya ini mengandung campuran karamel. Inilah yang menjadikannya dinamai kurobo yang dalam bahasa Jepang berarti tongkat hitam.


5. Dango



Sumber: Tokyopic.com


Terakhir ada kue dango yang bentuknya lucu karena terdiri dari tiga bola-bola kecil yang berwarna-warni. Dango dibuat dari tepung beras yang diuleni lalu diberi isian dan dikukus hingga matang lalu ditusuk dengan tusukan. Dango memiliki banyak jenisnya, tergantung dari daerah asal. Tapi yang paling sering dipadukan dengan minuman teh adalah hamindango, tsukimidango, dan yomogidango.

 

Nah, itu dia 5 cemilan khas Jepang yang sering banget dijadikan teman minum teh. Selain enak disantap dengan minuman teh, kelima kue camilan di atas juga enak kok disantap dengan kopi. Dan sekarang, waktunya untuk kamu cobain aneka makanan seperti dan serupa makanan-makanan di atas yuk. Simak rekomendasinya di bawah ini ya!

Amausaan Uji Matcha

Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha
Foto Amausaan Uji Matcha

Classical Mochi

Foto Classical Mochi
Foto Classical Mochi

Mochi Mochio

Foto Mochi Mochio

EIO Patisserie

Foto EIO Patisserie
Foto EIO Patisserie
Foto EIO Patisserie

Lewis & Carroll Tea

Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea
Foto Lewis & Carroll Tea

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?