Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Cemilan Sehat Bergizi Sebagai Penunda Lapar Kamu

List Artikel
10 Mei 2020 | 0 Komentar

Hayo, siapa di antara kamu yang meskipun sudah makan tapi masih saja lapar. Rasa lapar ini memang tidak bisa kita hindari karena lapar tak hanya terjadi saat perut sedang kosong saja. Ada beberapa hal yang membuat kita cepat lapar seperti karena faktor stress, sedang datang bulan, atau emosi yang sedang tidak stabil. Biasanya rata-rata orang akan menyantap cemilan atau snack sebagai makanan penunda rasa lapar. Tapi tidak semua snack ini sehat untuk dikonsumsi. Salah-salah, nanti kesehatanmu justru akan terganggu karena menyantap cemilan yang kurang sehat. Lantas cemilan sehat seperti apa yang bagus untuk dikonsumsi? Untuk tahu lebih jelasnya, cek dulu beberapa cemilan yang ada di bawah ini!


1. Kismis


Sumber : Deherba.com


Cemilan sehat pertama adalah kismis yang merupakan anggur yang dikeringkan sehingga punya tekstur kulit luar yang kering, tapi pada bagian dalamnya agak kenyal. Kismis punya cita rasa yang manis dan legit sehingga cocok dijadikan sebagai cemilan penunda rasa lapar. Ditambah lagi kismis ini ternyata punya kadar kalori yang tinggi loh. Seperempat cangkir kismis atau sekitar 50 gram mengandung setidaknya 100 kalori. Selain cocok disantap begitu saja, kamu juga bisa mencampurkannya dengan buah kering lainnya.


2. Kacang-kacangan dan Biji-Bijian



Sumber : Halodoc.com


Kacang-kacangan dan biji-bijian juga menjadi cemilan sehat yang bisa mengganjal rasa lapar. Meski terlihat tidak mengenyangkan, tapi biji-bijian dan kacang-kacangan sangat kaya akan serat sehingga bisa membuatmu merasa kenyang. Selain kaya akan serat, biji-bijian dan kacang-kacangan juga kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Khusus untuk kacang-kacangan, lebih baik menyantap yang dimasak dengan cara disangrai atau dipanggang karena kacang yang digoreng lebih banyak kandungan lemaknya.


3. Popcorn



Sumber : Pergikuliner.com


Selanjutnya ada popcorn yang tak diduga ternyata bisa jadi cemilan sehat penunda rasa lapar. Popcorn ini punya kandungan lemaak baik yang dapat diubah menjadi energi sehingga bisa mengenyangkan perut. Tapi ingat, popcorn yang sehat adalah popcorn yang tidak diberi banyak garam, penyedap rasa, apalagi gula di dalamnya. Lebih bagus lagi jika popcorn kamu adalah popcorn gandum yang lebih kaya serat.

 

4. Salad



Sumber : Pergikuliner.com


Salad tak hanya bisa dijadikan sebagai makanan orang yang sedang berdiet, tapi juga bisa dijadikan sebagai cemilan sehat penunda rasa lapar. Ada dua jenis salad yang bisa kamu pilih, yakni salad buah dan sayur. Keduanya ini sama-sama sehat karena kaya akan serat, punya antioksidan tinggi, dan pastinya nutrisi yang tinggi. Untuk salad sayuran, jenis sayuran seperti wortel, kubis, selada, kentang, asparagus, serta kale bagus dikonsumsi. Sedangkan untuk buah, jenis berry, kiwi, jeruk, apel, buah naga, serta nanas juga cocok untuk sajian salad sehat.

 

5. Yoghurt


Sumber : Pergikuliner.com


Terakhir ada yoghurt yang sudah sangat terkenal sebagai kuliner menyehatkan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Kamu bisa menyantap yoghurt beku alias froyo (frozen yoghurt) yang diberi topping aneka buah-buahan seperti strawberry, kiwi, jeruk, anggur, dan lain sebagainya. Agar lebih sehat lagi, kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan sebagai toppingnya.


Nah, setelah membaca artikel ini kamu jadi tertarik untuk merubah kebiasaan mengkonsumsi cemilan tidak sehat dan merubahnya jadi cemilan sehat? Kamu nggak perlu bingung cari tempat rekomendasinya, karena Pergikuliner punya rekomendasi dimana kamu bisa nemuin cemilan sehat. Cek di bawah ini ya!

SaladStop!

Foto SaladStop!
Foto SaladStop!
Foto SaladStop!

Yomie's Rice X Yogurt

Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt
Foto Yomie's Rice X Yogurt

Chicago Popcorn

Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn
Foto Chicago Popcorn

COCOBOWL

Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL
Foto COCOBOWL

Sour Sally

Foto Sour Sally
Foto Sour Sally
Foto Sour Sally

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?