Logo Ringkasan PergiKuliner Logo Ringkasan PergiKuliner

5 Dessert Khas Thailand yang Jadi Favorit

List Artikel
3 November 2017 | 0 Komentar

Thailand menjadi salah satu negara di Asia Tenggara yang sektor pariwisatanya sangat maju. Negeri gajah putih ini tak hanya memiliki banyak tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi, tapi juga kuliner dengan cita rasa yang sangat autentik untuk dicoba. Cita rasa autentik inilah yang membuat para wisatawan kembali lagi untuk dapat mencicip kuliner khas Thailand, terutama dessert-dessert manisnya. Dessert di Thailand kebanyakan menggunakan bahan baku kelapa sehingga jika dipadukan dengan gula akan memiliki rasa yang gurih manis. PergiKuliner sudah merangkum lima dessert manis khas Thailand yang jadi favorit para wisatawan, yaitu:

 

1. Mango Sticky Rice


Sumber : pergikuliner.com


Kamu pasti sudah tahu dessert khas Thailand yang paling terkenal di dunia ini. Kamu bahkan bisa menemukan dessert yang satu ini hampir di seluruh restoran Thailand. Mango sticky rice juga termasuk ke dalam jajanan kuliner kaki lima.  Dessert ini terbuat dari ketan putih dan mangga yang disiram dengan kuah santan kental dan ditabur dengan biji wijen putih. Perpaduan tekstur kenyal dan legit bercampur dengan rasa gurih, manis, dan asam.

 

2. Coconut Ice Cream


Sumber : Pergikuliner.com


Coconut ice cream atau yang lebih dikenal di Thailand dengan nama i-d tim mat phrao ini merupakan dessert ini terbuat dari campuran santan kelapa sehingga citarasanya lebih gurih dan teksturnya jadi lebih padat. Coconut ice cream ini disajikan di dalam batok kelapa dengan berbagai macam bahan tambahan lainnya seperti jagung, kacang-kacangan, buah-buahan segar, dan juga sirup pemanis.

 

3. Luk Chup


Sumber: sirinyas-thailand.de


Dessert yang satu ini memang terlihat lucu dan menggemaskan. Luk chup merupakan kue yang berbentuk aneka buah dan sayur-sayuran yang awalnya hanya boleh disantap oleh keluarga kerajaan dan bangsawan Thailand saja, tapi sekarang luk chup sudah bisa dinikmati semua kalangan. Kue ini terbuat dari tepung kacang hijau yang dicampur dengan santan kelapa, dan gula. Setelah dibentuk menjadi bentuk yang unik dan dikukus lalu kemudian dicelup dalam pewarna makanan dan gelatin sehingga warnanya jadi cerah dan mengkilap.

 

4. Khanom Bueang


Sumber: twgreatdaily.com


Rasanya setiap negara pasti punya variasi crepes masing-masing. Di Thailand ada kue yang mirip dengan crepes yaitu khanom bueang yang memiliki bentuk lebih kecil dengan warna yang lebih kecoklatan jika dibandingkan crepes. Khanom bueang terbuat dari campuran tepung beras, tepung kacang hijau, gula, air, telur, dan bubuk cokelat. Pada bagian atasnya diberikan krim yang terbuat dari maringue lalu ditabur dengan kuning telur yang diiris tipis.

 

5. Luem Gluen


Sumber: pinterest.com


Dari segi tampilannya, dessert yang satu memang tergolong dalam jajanan tradisional khas Thailand. Luem gluen terbuat tepung kacang hijau, air mawar, dan gula yang kemudian dicampur rata lalu kemudian di cetak atau diletakkan di atas daun pisang sebelum dikukus. Setelah matang, kue disajikan bersama dengan santan kelapa kental yang diletakkan di atasnya. Luem gluen memiliki arti ‘saya lupa menelan’. Saat kamu menyantap dessert ini, luem gluen akan langsung meleleh sebelum kamu kunyah karena teksturnya yang super lembut.


Itu dia lima dessert khas Thailand yang telah PergiKuliner rangkum buat kamu. Kalau kamu kepingin makan dessert khas Thailand, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Thailand lho. Tinggal datang saja ke beberapa tempat makan di bawah ini!

Jittlada Restaurant

Foto Jittlada Restaurant

Ying Thai

Foto Ying Thai
Foto Ying Thai
Foto Ying Thai

Lada Putih

Foto Lada Putih
Foto Lada Putih

Thai Xtreme

Foto Thai Xtreme
Foto Thai Xtreme

Thai Alley

Foto Thai Alley
Foto Thai Alley
Foto Thai Alley

Topik artikel ini:
0 Komentar
[ ... ]

Bagaimana ringkasan ini menurut pendapatmu?